'Operasi Burung Hud Hud' Hizbullah Bikin Panik Israel

Hizbullah mengirimkan drone pengintai yang menunjukkan sejumlah sasaran di Israel.

AP Photo/Hassan Ammar
Pejuang kelompok militan Lebanon Hizbullah melakukan latihan di desa Aaramta di Distrik Jezzine, Lebanon selatan, Ahad, 21 Mei 2023.
Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Setelah jeda tiga hari, kelompok Hizbullah dari Lebanon kembali mengancam Israel sebagai tekanan untuk mundur dari Jalur Gaza. Kali ini mereka melansir video dari drone yang berhasil lolos dari sistem keamanan canggih milik Israel mengintai sejumlah wilayah Israel.

Baca Juga

Hizbullah Lebanon semalam menerbitkan klip video berdurasi 9 menit 31 detik itu dengan judul “Yang Dibawa Pulang Burung Hud Hud.” Video itu mencakup survei akurat wilayah di Israel utara. Burung Hud Hud agaknya merujuk pada kisah dalam dalam Alquran soal burung pengintai milik Nabi Sulaiman yang membawa pulang kabar soal Kerajaan Saba.

Hizbullah mengatakan bahwa klip video tersebut direkam oleh drone mereka yang mampu “melewati sistem pertahanan udara musuh dan kembali tanpa alat tersebut dapat mendeteksi mereka.” 

Adegan yang terdapat dalam video tersebut mencakup situs-situs sensitif Israel, termasuk pangkalan militer, depot senjata dan rudal, pelabuhan laut, dan bandara di kota Haifa, yang terletak 27 kilometer dari perbatasan Lebanon. Video tersebut menunjukkan pemandangan kota Haifa dari udara, termasuk Kompleks Industri Militer Rafael dan kawasan Pelabuhan Haifa, yang mencakup Pangkalan Militer Haifa, Pelabuhan Sipil Haifa, Pembangkit Listrik Haifa, Bandara Haifa, tangki minyak, dan fasilitas petrokimia. Gedung komando unit kapal selam dan kapal yang ditunjuk “Sa’ar 4.5” juga diperlihatkan.

Direktur kantor Aljazirah  di Lebanon, Mazen Ibrahim, mengutip sumber dekat Hizbullah bahwa, dengan mempublikasikan klip video tersebut, partainya ingin mengirimkan beberapa pesan.

Yang pertama, hal itu adalah sebuah respon praktis terhadap ancaman yang baru-baru ini melanda Lebanon, baik secara langsung maupun tidak langsung. Publikasi klip video tersebut tidak terlepas dari jalannya kunjungan utusan Amerika ke Lebanon, Amos Hochstein, yang melobi agar perang terbuka antara Hizbullah dan Israel tak terjadi.

Sumber-sumber ini menunjukkan bahwa, terlepas dari pernyataan utusan Amerika tentang hubungan antara Gaza dan Lebanon, partai tersebut percaya bahwa segala upaya untuk menekan Lebanon harus dikonfrontasi dengan pesan terkait yang menegaskan bahwa Lebanon tidak dalam posisi lemah yang akan membuatnya tunduk pada tekanan. 

Hizbullah juga ingin mengirimkan pesan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, baik di dalam Israel atau kepada utusan Amerika, bahwa Hizbullah siap berperang jika mereka dipaksakan. Kelompok ini  juga ingin, dengan menerbitkan survei ini – khususnya di Haifa dan sekitarnya – untuk membuktikan bahwa mereka mempunyai kemampuan untuk meladeni serangan apapun yang mungkin dikenakan terhadap partai tersebut.  Pesan lainnya yang disampaikan Hizbullah melalui rekaman video ini adalah sasaran yang dituju sudah jelas dan siap diserang.

Kebakaran terjadi di Kiryat Shmona, Israel, dekat perbatasan Lebanon menyusul serangan rudal yang ditembakkan dari Lebanon selatan, 3 Juni 2024. - (EPA-EFE/ATEF SAFADI)

Walikota Haifa, mengomentari video Hizbullah, mengatakan bahwa Hizbullah mencoba menggunakan terorisme psikologis terhadap penduduk Haifa dan wilayah utara. “Saya meminta pemerintah untuk mengembangkan rencana pertahanan yang luas di Haifa dan menemukan solusi militer untuk mengatasi hal tersebut. menghilangkan ancaman tersebut,” ujarnya dilansir Aljazirah

Media Israel berkomentar, mengomentari video tersebut, “Dokumen-dokumen baru ini adalah yang paling meresahkan sejak awal perang, dan di dalamnya Haifa dapat dilihat.” Koresponden militer untuk Channel 14 Israel mengatakan bahwa Hizbullah “menerbitkan dokumen-dokumen luar biasa dari dalam wilayah Israel, mengekspos sasaran-sasaran Israel dan bahkan dari pelabuhan Haifa dan pangkalan angkatan laut.” Ia menambahkan, “Kemampuan yang ditunjukkan Hizbullah telah meninggalkan kesenjangan yang lebar antara militer dan aparat keamanan.”

 

Militer Israel juga langsung mengumumkan bahwa rencana operasional serangan di Lebanon “disetujui dan divalidasi”. “Sebagai bagian dari penilaian situasi, rencana operasional untuk serangan di Lebanon telah disetujui dan dilaksanakan dan keputusan dibuat untuk terus mempercepat kesiapan pasukan di lapangan,” kata pasukan penjajahan Israel (IDF) dalam sebuah pernyataan.

Amerika Serikat, sebagai tanggapannya, mengatakan tidak ingin melihat perang regional yang lebih luas di Timur Tengah, menurut Pentagon. “Saya tidak akan berhipotesis dan berspekulasi tentang apa yang mungkin terjadi selain mengatakan tidak ada yang ingin melihat perang regional yang lebih luas,” kata Patrick Ryder, juru bicara Pentagon, kepada wartawan ketika ditanya tentang tindakan Israel.

Peluncuran rekaman drone yang dilakukan Hizbullah hari ini yang menunjukkan pengawasan terhadap kota pelabuhan Haifa di Israel merupakan sinyal bagi beberapa pihak di lembaga keamanan Israel bahwa medan perang utama telah berpindah dari Gaza ke perbatasan utara Israel dengan Lebanon, menurut seorang analis.

seorang pejuang Hizbullah berdiri di samping drone Israel di Lebanon selatan Senin, 26 Juni 2023. Kelompok militan Hizbullah Lebanon mengatakan pejuangnya menembak jatuh sebuah drone Israel pada Senin yang terbang di dekat perbatasan dan di atas Lebanon selatan. - (AP Photo/Hezbollah Military Media )

Perang di front tersebut dianggap oleh sebagian orang di Israel sebagai perang di mana Hizbullah menyandera “50.000 sandera”, penduduk Israel di utara yang tidak dapat kembali ke rumah mereka di sana, Menachem Klein, seorang profesor ilmu politik Israel di Universitas Bar-Ilan, kata Aljazirah.

Aliansi Hizbullah dengan Iran juga merupakan ancaman strategis besar yang suatu hari nanti harus dihadapi Israel, jika tidak sekarang, tambahnya. Namun, Klein yakin taktik pemerintah Israel yang menggunakan lebih banyak kekuatan harus diubah. “Israel harus mengubah pemikiran strategisnya untuk memikirkan solusi politik daripada menggunakan kekerasan,” katanya.

Mengapa AS takut perang terbuka Hizbullah dan Israel... baca halaman selanjutnya

Diplomat Amerika Serikat (AS) mati-matian mencegah perang terbuka antara kelompok Hizbullah di Lebanon dengan Israel di perbatasan utara negara itu. Mengapa AS sedemikian khawatir atas potensi perang tersebut?

Pada konferensi pers yang diadakan kemarin, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby menyatakan AS masih ragu bahwa perang besar-besaran dengan Lebanon dapat dicegah.

Ia menyatakan, kekhawatiran itu memicu AS mengirimkan Amos Hochstein, utusan senior AS ke Israel dan Lebanon. “Jika kami begitu yakin akan hal itu (bahwa perang bisa dicegah), kami mungkin tidak akan membiarkan Amos bepergian ke sana. Kami tentu saja mengkhawatirkan hal ini,” jawab Kirby. “Kami tidak ingin melihat eskalasi, front kedua dalam perang Israel dan kami mengkhawatirkan hal itu,” tegasnya lagi.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller sepakat soal kekhawatiran itu. "Tingkat kekhawatiran kami belum benar-benar berubah; hal ini terus menjadi sesuatu yang kami khawatirkan." 

Di sela kunjungan itu, Hochstein berbicara soal perlunya perang antara Hizbullah dan Israel dicegah. Sejak kunjungan diplomat AS tersebut, selama tiga hari belakangan tak ada serangan mematikan dari Hizbullah ke wilayah Israel.

“Konflik di sepanjang Garis Biru antara Israel dan Hizbullah sudah berlangsung terlalu lama,” kata Hochstein. “Adalah kepentingan semua orang untuk menyelesaikannya dengan cepat dan diplomatis.” 

Ini adalah putaran keempat diplomasi ulang-alik yang dilakukan Hochstein sejak konfrontasi dimulai di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon delapan bulan lalu. Beberapa jam sebelum kedatangannya, sumber Hizbullah memperjelas posisi mereka.

Pesan mereka adalah bahwa pertempuran tidak akan berhenti sampai gencatan senjata permanen terjadi di Gaza. Dan Hizbullah tidak tertarik untuk membahas apapun terkait pengaturan keamanan di sepanjang perbatasan hingga gencatan senjata itu tiba.

Pemerintah AS mengetahui hal ini. Namun Aljazirah mengutip sumber yang dekat dengan Hizbullah menilai bahwa apa yang coba dilakukan Hochstein adalah memastikan bahwa konflik ini tetap menjadi perang terbatas untuk saat ini.

Ia juga mempunyai misi lain, untuk mengetahui bagaimana posisi Hizbullah jika operasi militer besar Israel berakhir di Rafah dan Gaza, dan digantikan dengan operasi presisi yang lebih terbatas. Hizbullah menyatakan hal itu tetap akan mereka timpali dengan serangan.

Sumber-sumber di pemerintahan AS sebelumnya telah menyatakan kekhawatiran bahwa eskalasi antara Hizbullah dan militer Israel dapat memicu konflik yang mungkin akan mengganggu aliansi Israel dengan Washington.

Bendera Israel berkibar di samping api yang berkobar di kawasan dekat perbatasan dengan Lebanon, Israel utara di Safed, Rabu, 12 Juni 2024. - (AP Photo/Leo Correa)

Hizbullah, sebagai respons terhadap kejadian baru-baru ini termasuk pembunuhan komandan senior Taleb Sami Abdullah, telah meningkatkan tindakannya. Kelompok ini telah mulai melancarkan serangan roket setiap hari yang menargetkan komunitas Israel utara sejak 8 Oktober, dengan alasan solidaritas dengan Hamas di tengah konflik yang sedang berlangsung di Gaza.

Para pejabat AS yang dikutip oleh CBS News telah menyoroti kekhawatiran atas potensi konsekuensi yang tidak diinginkan dari meningkatnya serangan Hizbullah. Mereka khawatir bahwa tindakan ini dapat memprovokasi Israel untuk melancarkan serangan militer yang signifikan, sehingga semakin memperburuk situasi yang tidak menentu di wilayah tersebut.

Situasinya saat ini cukup berbahaya. Pekan lalu terjadi eskalasi serangan dari Hizbullah yang berhasil menembus sistem pertahanan udara Israel dan mengakibatkan kebakaran hebat di utara negara tersebut. Itulah sebabnya Hochstein kembali ke wilayah tersebut.

 
Berita Terpopuler