Botol Air Mineral Jangan Dipakai Berulang Kali, Dianggap Bahayakan Kesehatan

Penggunaan berulang botol kemasan plastik berisiko memaparkan zat berbahaya.

Max Pixels
Air mineral dalam botol plastik (ilustrasi). Anda disarankan tidak menggunakan berulang kali botol air mineral karena dinilai berbahaya bagi kesehatan.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah minum air mineral dari botol, apakah Anda memakai kembali botol tersebut? Jika ya, sebaiknya ubah kebiasaan itu.
Penggunaan berulang botol plastik kemasan dikhawatirkan membahayakan kesehatan. 

Baca Juga

Sebuah studi dari Columbia University dan dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Science, menemukan bahwa penggunaan berulang botol kemasan plastik berisiko memaparkan zat berbahaya yang mengakibatkan masalah kesehatan yang parah. Peneliti menjelaskan, botol kemasan plastik biasanya terbuat dari Polyethylene Terephthalate (PET/PETE). Simbol PET kerap ditemukan pada plastik kemasan dan minuman seperti botol air minuman kemasan. Sayangnya, Polyethylene Terephthalate diproduksi hanya untuk plastik sekali pakai sehingga menggunakan kembali botol plastik tidak baik untuk kesehatan.

“Ketika botol sekali pakai digunakan berulang kali, jumlah bahan kimia dan racun yang merembes keluar dari plastik ke dalam air akan semakin banyak. Proses ini dapat menyebabkan akumulasi zat berbahaya seperti di-ethylhexyl phthalate (DEHP) di dalam aliran darah Anda, yang berpotensi mengakibatkan masalah kesehatan yang parah,” kata peneliti seperti dilansir One Green Bottle, Ahad (16/6/2024).

Selain itu, botol plastik kemasan yang beredar di pasaran banyak yang mengandung BPA. Para ahli mengatakan paparan BPA dari botol plastik dapat meningkatkan risiko ketidakseimbangan hormon, masalah kesuburan, dan berbagai penyakit lainnya.

Studi ini juga menyoroti bahwa air minum dalam kemasan mengandung lebih banyak partikel mikroplastik dan nanoplastik, jenis polusi plastik yang paling mengkhawatirkan bagi kesehatan manusia. Hal ini karena partikel-partikel yang sangat kecil tersebut dapat menyerang sel dan jaringan di organ-organ utama, dan menyimpan bahan kimia yang mengganggu endokrin seperti bisphenol, ftalat, flame retardants, per- and polyfluorinated substances (PFAS), dan logam berat.

"Semua bahan kimia tersebut digunakan dalam pembuatan plastik, jadi jika plastik masuk ke dalam tubuh kita, plastik tersebut membawa bahan kimia tersebut. Dan karena suhu tubuh lebih tinggi daripada suhu di luar, bahan kimia tersebut akan berpindah keluar dari plastik dan berakhir di tubuh kita," kata Sherry Mason, direktur keberlanjutan di Penn State Behrend, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

"Bahan kimia tersebut dapat terbawa ke hati, ginjal, dan otak kita, dan bahkan melintasi batas plasenta dan berakhir di janin yang belum lahir," ujar Mason.

Oleh sebab itu, jika Anda membeli air minum kemasan, terutama yang mencantumkan logo PET, Anda tidak boleh mengisi ulang kemasan botol tersebut dengan air. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan selalu membawa botol minum yang terbuat dari stainless steel, kaca, dan sejenisnya yang lebih aman.

 

 

 
Berita Terpopuler