13.200 Jamaah Haji Diberangkatkan dari BIJB

Pemberangkatan jamaah calon haji di Bandara Kertajati yang dimulai sejak 11 Mei.

Dok Humas Polres Indramayu
Polres Indramayu pastikan keberangkatan calhaj asal Kabupaten Bandung dari Asrama Haji Indramayu menuju Bandara Kertajati Majalengka berjalan aman, Kamis (16/5/2024) pukul 05.25 WIB.
Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mencatat sebanyak 13.200 calon haji yang terbagi dalam 30 kloter sudah diberangkatkan ke Makkah, Arab Saudi dengan penerbangan terakhir dilaksanakan pada 10 Juni 2024.

Baca Juga

“Pemberangkatan jamaah calon haji di Bandara Kertajati yang dimulai sejak 11 Mei hingga 10 Juni 2024 telah terlaksana dan berjalan dengan lancar,” kata Executive General Manager (EGM) Bandara Kertajati Indra Crisna S di Majalengka, Jabar, Selasa.

Indra mengatakan seluruh calon haji tersebut berasal dari sembilan kota dan kabupaten di Jabar yakni Subang, Bandung, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Indramayu serta Sumedang.

Menurut dia, pemberangkatan haji tahun ini berjalan lancar dan tidak ada kendala yang menghambat penerbangan di bandara tersebut.

Apalagi, kata Indra, BIJB menjadi salah satu bandara yang melakukan penerbangan tanpa adanya transit. Artinya jamaah calon haji diberangkatkan langsung dari Kertajati ke Jeddah menggunakan pesawat Saudia Airlines dengan tipe Boeing 777-300ER. 

“Bandara Kertajati telah melayani 13.200 calon haji dan seluruhnya berjalan dengan lancar. Kelancaran ini juga atas kolaborasi yang baik dengan PT BIJB, Saudia Airlines dan instansi-instansi lainnya,” tuturnya.

Ia menyampaikan, pihaknya terus memberikan layanan terbaik kepada para penumpang, termasuk menyediakan fasilitas yang dibutuhkan demi kelancaran penerbangan di bandara tersebut.

Sementara VP of Corporate Secretary PT BIJB Dian Nurrahman mengemukakan dengan lancarnya pemberangkatan haji tahun ini, maka Bandara Kertajati pun siap untuk melaksanakan kegiatan tersebut pada tahun berikutnya.

Selain itu, tambah dia, dalam waktu dekat Bandara Kertajati juga akan segera melayani penerbangan umrah.

"Sebanyak 13.200 calon haji bukanlah jumlah yang sedikit, namun terbukti Bandara Kertajati dapat melayani jamaah dengan baik dan lancar. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait karena pemberangkatan haji berjalan lancar,” ujar Dian.

 
Berita Terpopuler