Kisah Raih Penghargaan Sebagai Tempat Kerja Terbaik

Tempat kerja terbaik akan meningkatkan performa pegawai.

Erdy Nasrul/Republika
Penghargaan untuk perusahaan dengan tempat kerja terbaik.
Red: Erdy Nasrul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tempat kerja merupakan faktor strategis untuk mewujudkan performa optimal. Dengan begitu kinerja pegawai menjadi optimal. Nilai perusahaan menjadi lestari dan kemitraan dengan stakeholder terjalin erat.

Baca Juga

Hal itu dialami PT United Tractors Tbk (UT). Perusahaan tersebut kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik di Asia pada ajang HR Asia Best Companies To Work for in Asia 2024 yang diselenggarakan oleh Business Media International (BMI).

Penghargaan ini diberikan kepada UT karena dinilai sebagai perusahaan yang berhasil dalam menumbuhkan budaya keberlanjutan di organisasi dengan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan mengutamakan kesejahteraan karyawan.

Penyerahan penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Group Publisher/Editor-in-Chief Business Media International, Datuk William NG kepada Human Capital and Sustainability Director, Edhie Sarwono; Corporate Human Capital and Corporate University Division Head, Abun Jufar Jaya; dan Organization Productivity and Cost Control Department Head, Nurdiansyah Budiman, yang berlokasi di Hotel Ritz Carlton Pacific Place.

“UT mengucapkan terima kasih atas penghargaan prestigious yang telah diberikan. Dengan prestasi yang diraih ini menjadi motivasi Grup UT untuk terus meningkatkan implementasi 3P (Portfolio Business, People, Public Contribution) Roadmap. Harapannya, UT bisa menjadi penggerak perusahaan lain di Grup UT untuk terus menginspirasi dan tumbuh menjadi lebih baik,” ujar Edhie Sarwono.

Dalam penghargaan ini UT berhasil meraih tiga kategori yaitu the Best Companies to Work for in Asia 2024, HR Asia Sustainable Workplace Award 2024, dan Diversity, Equity, and Inclusion (DEI) Award 2024. Pada kategori tempat kerja terbaik di Asia menunjukan bahwa UT senantiasa memperhatikan kesejahteraan, kesehatan, dan keseimbangan karyawan.

Kemudian, pada kategori tempat kerja berkelanjutan menandakan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan praktik bisnis berkelanjutan, mempromosikan inovasi ramah lingkungan, serta memberikan dampak positif pada lingkungan dan masyarakat.

Terakhir, pada kategori DEI merujuk pada komitmen UT dalam menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan setara melalui budaya empati dan kepedulian di dalam organisasi. Proses penilaian pada penghargaan ini melibatkan langkah-langkah komprehensif, termasuk survei online kepada karyawan, kunjungan ke kantor, presentasi, dan audit.

BMI merupakan lembaga media publikasi internasional untuk para profesional di bidangHuman Resources (HR) yang mengukur bagaimana perusahaan menjalankan praktik Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menunjukkan tingkat keterlibatan karyawan yang tinggi dan budaya tempat kerja yang sangat baik. Selain di Indonesia, BMI juga menyelenggarakan penghargaan di 12 negara lainnya, seperti Kamboja, China, Hong Kong, India, Malaysia, UAE, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Prestasi ini menjadi bukti konkret bahwa UT memiliki komitmen yang tinggi dalam mengimplementasikan DEI di operasional bisnis perusahaan. Melalui penghargaan ini, UT akan senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan lingkungan kerja yang kondusif guna mendukung operasional bisnis dalam mencapai produktivitas, serta target yang ingin dicapai.

Tidak hanya itu, UT turut mengedepankan target keberlanjutan yang telah tertuang dalam 10 Aspirasi Keberlanjutan UT sehingga visi dan misi Perusahaan untuk menciptakan manfaat bagi para pemangku kepentingan dan kesejahteraan Indonesia bisa tercapai.

 
Berita Terpopuler