Pejuang Palestina Kembali Tembus Israel, Tentara IDF Terbunuh

Pejuang Palestina menembus Israel melalui terowongan rahasia.

AP Photo/Ariel Schalit
Tentara Israel keluar dari terowongan yang menurut militer digunakan militan Hamas untuk menyerang penyeberangan Erez di Jalur Gaza utara, Jumat, 15 Desember 2023.
Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Di tengah klaim pasukan penjajahan Israel (IDF) bahwa mereka berhasil mengalahkan pejuang Palestina, pagar pertahanan negara itu kembali berhasil ditembus. Sejumlah pejuang PAlestina dilaporkan berhasil mencapai wilayah Israel dan menyerang markas militer dan memberikan pukulan telak pada pasukan di sana.

Brigade al-Qassam, sayap militer Hamas, mengumumkan pada hari Kamis bahwa para pejuangnya melakukan operasi tingkat atas di belakang garis musuh ketika genosida Israel di Gaza mendekati bulan kesembilan berturut-turut.

Kelompok tersebut mengungkapkan bahwa para pejuangnya berhasil menembus pagar Israel yang memisahkan Rafah dari pemukiman Israel di Jalur Gaza selatan dan menyerang markas besar divisi Israel yang bertanggung jawab atas invasi kota tersebut.

Tentara pendudukan Israel mengakui bahwa seorang tentara tewas dalam operasi tersebut. The Times of Israell melaporkan bahwa tentara tersebut tewas dalam konfrontasi dengan pejuang dari kelompok Perlawanan yang menyusup ke pangkalan militer Israel yang terletak di dekat penyeberangan Karem Abu Salem. 

Tentara yang terbunuh dalam bentrokan perbatasan itu adalah seorang petugas pelacak di Brigade Selatan Divisi Gaza. Upaya penyusupan dimulai sekitar pukul 04.00 pagi, ketika tentara yang memantau kamera pengawas melihat pergerakan mencurigakan di tengah cuaca berkabut, menurut penyelidikan awal IDF.

Sebanyak empat pejuang dipersenjatai dengan senapan serbu dan RPG kemudian menembus markas militer. Juru Bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari dalam konferensi pers Kamis malam mengatakan para pejuang  awalnya muncul dari terowongan sekitar 200 meter dari perbatasan. Satu pejuang berhasil kembali ke Gaza dengan selamat.

Serangan ini memunculkan pertanyaan terhadap kemampuan IDF menghancurkan terowongan-terowongan pejuang Palestina. Warga Israel di sekitar pemukiman itu dilaporkan kehilangan kepercayaan terhadap kemampuan IDF melindungi mereka. 

IDF mengatakan, sejauh ini  295 tentara tewas dalam serangan darat terhadap Hamas dan di tengah operasi di sepanjang perbatasan Gaza. Seorang kontraktor sipil Kementerian Pertahanan juga terbunuh di Jalur Gaza. Namun sejumlah pihak meragukan bahwa angka itu jauh lebih rendah dari yang sebenarnya. Kelompok Perlawanan berulang kali mengkonfirmasi bahwa jumlah korban di kalangan tentara pendudukan jauh melebihi angka yang dirilis.

Operasi pejuang lainnya... baca halaman selanjutnya

 

Dalam operasi lainnya, faksi Perlawanan mengungkapkan bahwa mereka telah meledakkan sebuah terowongan yang telah dipasang sebelumnya, menewaskan lima anggota patroli jalan kaki Israel di dekat Tal Zo'rob, sebelah barat Rafah. Tentara pendudukan mengklaim bahwa hanya satu tentara yang terbunuh.

Di bagian timur kota Deir al-Balah, al-Qassam mengatakan mereka menargetkan dua buldoser D9 Israel dan tiga tank Merkava dengan lima peluru al-Yassin 105. Sebuah tank Merkava 4 Israel juga menjadi sasaran kelompok tersebut di kamp Yibna di selatan kota Rafah. Kelompok ini juga membombardir pasukan pendudukan dengan mortir kaliber berat di daerah yang sama.

Pejuang mujahidin juga menargetkan tank Merkava 4 Israel dengan peluru al-Yassin 105 di kamp Yibna di selatan kota Rafah, sementara Brigade al-Quds mengumumkan menargetkan kendaraan militer Israel dengan peluru RPG di daerah Tal Zo'rob, barat dari kota Rafah.

Berkolaborasi dengan Brigade al-Quds, al-Qassam menargetkan sebuah bangunan yang dibentengi oleh tentara Israel dengan peluru TBG di kamp Yibna di Rafah selatan di Jalur Gaza, yang mengakibatkan korban jiwa di antara mereka.

Pejuang al-Qassam juga menyerang buldoser D9 Israel dengan alat peledak berat Shawaz, di sebelah timur kota Deir al-Balah di Gaza tengah. Selain itu, mereka mengumumkan penargetan markas komando dan kendali IDF di pangkalan militer Karem Abu Salem dengan sistem roket Rajom jarak pendek 114mm.

Pasukan Israel dan kendaraan militer yang bergerak maju di dekat Gerbang Salah al-Din, di selatan kota Rafah, ditembaki oleh pejuang kelompok tersebut dengan mortir kaliber berat.

Dalam pertempuran paralel, Brigade al-Quds dari Jihad Islam Palestina menargetkan tentara dan kendaraan Israel yang maju ke timur kota Deir al-Balah di Gaza tengah dengan dua roket Badr-1. Kelompok ini juga menargetkan kendaraan militer Israel dengan peluru RPG di poros konfrontasi di daerah Tal Zo'rob. Selain itu, mereka menembaki pasukan Israel yang menyusup ke sekitar lingkungan Abed Jaber dan al-Brahma, di selatan dan barat kamp Yibna.

Ragam Faksi Militer di Palestina - (Republika)

Sementara Brigade Martir al-Aqsa yang terafiliasi dengan Fatah mengumumkan penembakan terhadap pasukan Israel dan kendaraan militer mereka yang ditempatkan di poros kemajuan di Tal Zo'rob dengan mortir kaliber berat.

Juru bicara Brigade Perlawanan Nasional (Pasukan Martir Omar al-Qasim), sayap militer Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina (DFLP), mengumumkan bahwa mereka telah menargetkan pengangkut personel Israel di bundaran al-Awda. di pusat kota Rafah.

Abu Khaled menjelaskan, serangan ini dilakukan dengan menggunakan peluru RPG anti-tank, membenarkan bahwa tentara Israel tewas atau terluka.

Kelompok tersebut juga mengatakan telah membombardir pasukan Israel di Kissufim, sebelah timur Khan Yunis di Jalur Gaza selatan, dengan rentetan mortir kaliber berat. Juru bicaranya menegaskan bahwa targetnya mengenai sasaran.

 

Di Jalur Gaza tengah, pejuang kelompok Perlawanan menembaki kumpulan pasukan pendudukan di kamp al-Bureij timur dengan beberapa mortir. Sementara itu, Brigade al-Mujahidin merilis rekaman yang mendokumentasikan penembakan seorang tentara Israel di poros Netzarim, selatan Kota Gaza.

 
Berita Terpopuler