Menolak Cinta Seseorang, Ini 4 Cara Terbaik yang Bisa Dilakukan Menurut Pakar

Jangan memberi harapan palsu kepada seseorang yang tidak Anda sukai.

www.freepik.com
Menolak cinta seseorang (ilustrasi). Ada 4 cara terbaik untuk menolak cinta seseorang menurut pakar.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus Vina Cirebon kembali menjadi perhatian publik setelah film Vina: Sebelum 7 Hari tayang di bioskop. Vina diketahui meninggal dunia secara mengenaskan di tangan pria yang disebut menaruh hati kepadanya.

Baca Juga

Penyebab kematian Vina pada 2016 dilaporkan karena salah seorang pelaku yang bernama Egi diduga menyukai korban. Namun karena perlakuan tak mengenakkan dari Egi, Vina menolak cinta pelaku. Selain itu, Vina juga sedang menjalin hubungan dengan teman Egi yaitu Eky yang juga meninggal dalam kejadian yang sama.

Terlepas dari kasus Vina, tak ada salahnya mengetahui bagaimana cara menolak cinta dari seseorang tanpa melukainya. Dilansir laman Womens Health Magazine, Kamis (6/6/2024), berikut beberapa cara terbaik menolak cinta menurut Relationship Expert:

1.  Menolak dengan cara yang halus dan sopan

Psikolog dari Monmouth University, dr Gary Lewandowski, mengatakan bahwa menolak cinta yang tidak melukai bisa dilakukan dengan cara-cara yang sopan. Misalnya, jika interaksi yang terjadi masih sebatas di aplikasi kencan, maka Anda bisa mengirimkan pesan penolakan dengan cara yang sopan dan tulus.

Begitupun jika interaksi sudah saling bertukar pesan di WhatsApp, Anda bisa mengirimkan pesan penolakan seperti “Aku senang berkenalan dengan kamu, tetapi aku merasa tidak menemukan kecocokan yang lebih. Aku mendoakan yang terbaik untukmu”.

Adapun jika Anda menolak seseorang yang sudah pernah bertemu, atau mungkin itu adalah teman, maka Lewandowski menyarankan untuk menolaknya secara halus. Jika memungkinkan, hindari pertemuan dalam waktu tertentu.

2. Akui dan hargai usaha mereka

Saat menolak cinta seseorang, penting untuk mempertimbangkan perspektif mereka. Bagaimanapun, mereka telah mengambil risiko yang cukup besar untuk mengungkapkan perasaan kepada Anda.

“Orang yang ditolak akan merasa lebih dihargai ketika Anda memvalidasi perasaannya, meskipun Anda tidak bisa menerima perasaannya,” kata psikoterapis dari Kanada, Cheryl M Bradshaw.

3. Jangan memberi harapan palsu

Dr Gary Lewandowski menyarankan untuk tidak memberikan harapan-harapan palsu kepada seseorang yang tidak Anda sukai. Menurut dia, jujur di awal akan lebih baik dan damai, sehingga tidak akan memicu masalah lanjutan.

“Kita sering mendengar ‘kita masihi berteman’ saat menolak seseorang. Saya kira tak banyak yang pada akhirnya benar-benar berteman setelah ditolak. Jadi menurut saya tidak perlu memberikan harapan palsu,” tegas dia.

4. Jangan meminta maaf

Entah telah melakukan beberapa kali kencan atau merasa tidak bersemangat setelah melakukan serangkaian percakapan di aplikasi, Anda tidak perlu meminta maaf karena tidak tertarik. “Jangan mengambil tanggung jawab lebih dari yang seharusnya,” kata Lewandowski.

"Anda tidak bertanggung jawab atas perasaan orang lain. Itu biasanya yang membuat Anda ingin meminta maaf, tapi Anda tidak menyakiti mereka. Anda melakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk diri Anda sendiri. Bagaimana mereka bereaksi terhadap hal itu adalah urusan mereka," kata dia.

 

 

 
Berita Terpopuler