PT PAL dan Naval Group Siap Kembangkan Fregat Multi Misi Belharra

PT PAL Indonesia dan Naval Group meneken MoU strategis untuk meningkatkan kapabilitas bersama.

network /Erik PP
.
Rep: Erik PP Red: Partner

PT PAL Indonesia bersama Naval Group menandatangani MoU di Cherbourg, Prancis, Selasa (4/6/2024).

CHERBOURG -- PT PAL Indonesia dan Naval Group memperkuat kemitraan strategis mereka dengan meneken nota kesepahaman (MoU) di Cherbourg, Prancis, Selasa (4/6/2024). Chief Marketing Officer (CMO) PT PAL Willgo Zainar dan Vice President Sales Director for Asia Pacific Naval Group Nicolas Hersart de la Villemarqué mewakili kedua perusahaan meneken MoU tersebut.

Hal itu menandai momen penting bagi kedua perusahaan untuk meningkatkan kapabilitas bersama dalam meraih pasar potensial dalam dan luar negeri. Kemitraan itu juga didasarkan pada kontrak yang telah ditandatangani sebelumnya dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI terkait pembangunan dua unit kapal selam Scorpene Evolved Lithium-Ion Battery di galangan PT PAL Surabaya.

Willgo Zainar menjelaskan, lewat MoU tersebut maka membuka jalan dalam kolaborasi yang lebih mendalam di luar konstruksi kapal selam. Salah satu proyek utama yang disoroti dalam kemitraan itu adalah pengembangan Fregat Multi Misi Belharra (FDI). Fregat FDI sebagai salah satu fregat dengan teknologi persenjataan terbaik di dunia.

"Kolaborasi ini akan memungkinkan PT PAL Indonesia untuk memperoleh keahlian dalam teknologi modern dan terbaru kapal perang permukaan, sehingga menjadikan PT.PAL mitra lokal strategis bagi Naval Group di Indonesia," ucap Willgo dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Willgo menjelaskan, PT PAL ke depannya akan mendapatkan transfer teknologi (ToT) penuh untuk desain kapal lengkap dengan teknologi tinggi dan modern, serta manajemen pembangunan kapal fregat secara digital. "Hal ini akan meningkatkan kapabilitas PT PAL dalam membangun kapal fregat canggih dan bersaing di pasar global," ucapnya.

Kemitraan itu juga diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Prancis, khususnya di sektor pertahanan. Kerja sama yang terus ditingkatkandiharapkan dapat memenuhi jawaban atas penguasaan teknologi alutsista serta menjajaki peluang pasar global. Dengan mendorong kolaborasi, menurut Willgo, baik PT PAL maupun Naval Group berkomitmen untuk berkontribusi pada stabilitas dan keamanan regional.

"Kesepakatan ini tidak hanya meningkatkan kapabilitas teknis kami tetapi juga memperkuat posisi kami di pasar pertahanan global. Kami sangat bersemangat tentang peluang yang akan dibawa oleh kemitraan ini dalam hal kemajuan teknologi dan jangkauan pasar," ucap Willgo.

Saat PT PAL dan Naval Group memulai kemitraan yang ditingkatkan ini, kedua perusahaan siap mencapai tonggak pencapaian penting di sektor pertahanan angkatan laut, mendorong inovasi, dan mendorong pertumbuhan jangka panjang.

 
Berita Terpopuler