Media: Israel Jadi Bulan-bulanan Hizbullah di Front Utara

Serangan-serangan Hizbullah terus menghujani utara Israel.

AP Photo/Ariel Schalit
Pasukan keamanan Israel memeriksa lokasi yang terkena roket yang ditembakkan dari Lebanon, di Kiryat Shmona, Israel utara, Rabu, 27 Maret 2024.
Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT – Terbilang jauh dari sorotan media, kelompok Hizbullah di Lebanon belakangan meningkatkan secara tajam serangan terhadap sasaran-sasaran di utara Israel. Serangan tanpa henti Hizbullah belakangan menimbulkan kebakaran dan membuat 120.000 warga Israel masuk dalam  jangkauan kelompok tersebut.

Baca Juga

Situs Israel Ynet melaporkan bahwa di kota Nahariya, di wilayah utara Israel, pemukim ilegal bergegas ke tempat perlindungan tiga kali pada Ahad ketika sebuah pesawat tak berawak jatuh dan memicu kebakaran. Sementara di Akka, sirene berbunyi selama tiga hari berturut-turut. Di Katzrin, kebakaran terjadi setelah rentetan roket ditembakkan dari Lebanon.

Hizbullah telah meluncurkan roket ke utara Israel tanpa henti sejak 8 Oktober tahun lalu, sehari setelah Israel melancarkan serangan brutal ke Jalur Gaza. Ratusan tentara Israel telah tewas akibat serangan itu sementara puluhan ribu warga Israel masih mengungsi. Israel juga membalas serangan ke Lebanon yang menewaskan ratusan pejuang dan warga sipil.

Laporan tersebut menjelaskan, selama berbulan-bulan Nahariya dan Akka relatif tenang dibandingkan daerah lain. Nahariya mengalami lima bulan berturut-turut – dari bulan November hingga April – tanpa sirene. Sementara Akka menikmati empat bulan – dari akhir Desember hingga akhir April – dengan tenang.

Namun dalam beberapa hari terakhir, kenyataan ini telah berubah setelah sebuah pesawat tak berawak jatuh di Nahariya, menandai pertama kalinya kota tersebut terkena serangan sejak saling serang di front utara.

Pasukan penjajahan Israel (IDF) mengkonfirmasi bahwa ada beberapa upaya yang gagal untuk mencegat pesawat tak berawak tersebut, dan kebakaran terjadi akibat jatuhnya pesawat tersebut dan bukan karena pecahan peluru pencegat.

Tiga Front Perlawanan Palestina - (Republika)

"Tidak ada perang di utara. Sekarang mereka akan mengatakan bahwa perang itu terjadi di daerah yang tidak berpenghuni," kata seorang pemukim Israel dengan sinis dilansir Almayadeen. Sementara itu, di Akka, sirene berbunyi selama tiga hari berturut-turut, dan pada Sabtu pecahan drone terlihat di kota tersebut.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa Nahariya dan Akka bukan satu-satunya pusat populasi besar yang baru-baru ini terkena serangan Hizbullah. Laporan tersebut menyoroti bahwa Katzrin, pemukiman terbesar di Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki, ditembaki dengan rentetan roket yang menyebabkan kebakaran di beberapa lokasi.

Ynet mencatat bahwa sama seperti Nahariya dan Akka, para pemukim di Katzrin tidak dievakuasi setelah pemboman tersebut, dan menekankan bahwa banyak bangunan di kota tersebut tidak memiliki tempat berlindung yang kokoh.

Menurut laporan tersebut, 15 petugas pemadam kebakaran, dibantu oleh enam pesawat pemadam kebakaran, bekerja berjam-jam untuk memadamkan kebakaran di Katzrin.

Ditambahkannya, kebakaran lain juga terjadi di Kiryat Shmona, Yiftach, dan Ani'am, serta di wilayah Sungai Yehudiya dan Nahal Zavitan, beberapa di antaranya belum padam.

Serangan melonjak... baca halaman selanjutnya

 

Ynet menunjukkan bahwa "data dengan jelas menunjukkan peningkatan serangan Hizbullah" terhadap sasaran Israel di wilayah utara Palestina yang diduduki, dan menyoroti bahwa pada Mei terjadi jumlah serangan Hizbullah tertinggi, yaitu 325, menurut Pusat Penelitian dan Pendidikan Alma. Setiap hari, rerata terjadi 10 serangan. Angka ini melonjak dibandingkan 238 serangan pada April, dengan rata-rata harian 7,8 serangan.

Situs berita tersebut menyebutkan bahwa militer pendudukan Israel mengklaim bahwa angka-angka ini tidak diakui dan pada bulan Desember terjadi jumlah peluncuran tertinggi. Namun, Alma Center menunjukkan bahwa data tersebut mencakup semua jenis serangan, tidak termasuk jumlah roket yang ditembakkan dalam setiap serangan.

Secara rinci, situs web tersebut menyoroti lonjakan, lebih dari dua kali lipat, dalam jumlah ATGM dan drone yang diluncurkan pada bulan Mei, dari 50 peluncuran ATGM pada bulan April menjadi 95 pada bulan Mei, dan dari 42 infiltrasi drone pada bulan April menjadi 85 pada bulan Mei.

Ia menambahkan bahwa dalam empat bulan terakhir telah terjadi peningkatan lebih dari 12 kali lipat dalam insiden terkait drone, hal ini menyoroti peningkatan simultan dalam jangkauan tembakan, terutama dengan meluncurkan drone, di tengah dilema Israel mengenai apakah akan meluncurkan serangan besar-besaran. pertempuran di Utara atau tidak.

Selain itu, peningkatan peluncuran dari Lebanon, menurut Ynet, meningkatkan tingkat ketegangan, yang pada gilirannya menyebabkan meningkatnya perselisihan internal, seperti perselisihan antara komandan wilayah utara, Mayor Jenderal Ori Gordin, dan Walikota Kiryat Shmona, Avichai Stern.

Sebelumnya, Almayadeen mengutip media Israel melaporkan bahwa empat drone Israel ditembak jatuh di Lebanon. Media itu menyatakan bahwa "jika insiden seperti itu terjadi satu tahun yang lalu, maka perang akan tersulut, dan Lebanon tidak akan ada lagi. Namun, Lebanon berkembang saat ini, sementara kita [ Israel] sedang berperang dan melarikan diri seperti kelinci."

Lebih lanjut ditekankan bahwa “Israel” telah menerima serangan tanpa henti di front utara selama delapan bulan dan telah “berubah dari kekuatan pencegah regional menjadi sebuah samsak tinju, dengan tanggapan Israel yang lemah dan penakut.” 

 
Berita Terpopuler