Anggota Paskibraka 2023 Dikukuhkan Menjadi PDP

Pengukuhan dilakukan usai peringatan Harlah Pancasila.

Dok Republika
Pengukuhan Paskibraka 2023 menjadi Duta Pancasila.
Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID, ROKAN -- Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat pusat tahun 2023 menjadi Purnapaskibraka Duta Pancasila (PDP) di Kota Dumai, Riau, Sabtu malam, (1/6/2024).

Pengukuhan dilakukan setelah melaksanakan tugas pengibaran dan menurunkan Bendera Merah Putih Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Lapangan Garuda PHR, Kota Dumai, Riau.

"Penetapan ini bermakna bahwa adik-adik wajib memegang teguh konsensus terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika" ujarnya saat menyampaikan pengantar.

Ia berharap PDP tahun 2023 dari perwakilan setiap provinsi ini dapat menjadi suri tauladan dalam mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Dalam laku hidup sehari-hari, adik-adik harus menanamkan nilai-nilai Pancasila, kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa", harapnya.

Yudian juga menekankan dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila harus berbagai bidang atau aspek dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Sebelum mengucapkan ikrar dan pembacaan keputusan penetapan sebagai Duta Pancasila, saya akan bertanya kepada adik-adik,

Baca Juga

Apakah adik-adik bersedia untuk melaksanakan tugas sebagai Duta Pancasila?" tanya Prof. Yudian.

Dengan lantang dan serentak, 78 Paskibraka yang sebelumnya bertugas pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78-pun menjawab siap sebagai Duta Pancasila.

Dalam kesempatan tersebut Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP Ir. Prakoso, M.M membacakan ikrar dan diikuti oleh seluruh Paskibraka.

Wakil Kepala BPIP Rima Agristina mengatakan Purnapaskibraka telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala BPIP Nomor 29 Tahun 2024.

Dirinya berharap setelah ditetapkannya sebagai PDP tahun 2024 diharapkan menjadi purnapaskibraka yang mencerminkan manusia-manusia istimewa di dalam masyarakat yang berkarakter Pancasila.

"Ya kita harapkan mereka memiliki tugas sebagaimana mestinya, memiliki norma dan perilaku yang baik dalam masyarakat", ujarnya.

Setelah itu, dirinya mendampingi Kepala BPIP untuk menyematkan pin dan sertifikat PDP diteruskan dengan memberikan selamat dan diikuti seluruh unsur pimpinan dan pejabat di lingkungan BPIP.

Hadir juga seluruh pengurus Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI).

 
Berita Terpopuler