Cak Imin Senang Jika Anies Maju di Pilgub Jakarta, Tapi PKB Belum Putuskan Usung Siapa

Cak Imin menyebut persoalan Pilkada masih dalam proses pendalaman PKB.

Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar.
Rep: Eva Rianti Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengomentari tentang Anies Baswedan yang dipilih oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jakarta untuk diusung di Pilkada Jakarta 2024. Cak Imin menyebut ia senang secara pribadi, namun belum ada putusan secara kepartaian untuk turut mengusungnya. 

Baca Juga

"Kalau saya pribadi senang sekali kalau Anies diusung, itu memang jadi bagian dari kebersamaan selama ini," kata Cak Imin kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2024). 

Adapun di PKB, Cak Imin menyebut belum ada pembahasan lebih lanjut mengenai nama Anies yang digadang-gadang akan maju. Dia menyebut persoalan Pilkada masih dalam proses pendalaman. 

"Kita menunggu proses desk Pilkada yang akan berdiskusi dengan semua kalangan, DPW, DPC," tutur dia. 

Saat disinggung mengenai komunikasi dengan Anies, Cak Imin menyebut belum ada komunikasi antara dia dengan Anies yang secara khusus membicarakan soal Pilkada Jakarta. Menurut penuturannya, secara khusus Anies juga tidak menyampaikan keinginannya untuk maju menjadi calon gubernur kepada dirinya. 

Dia menyebut akan dilakukan pembicaraan mengenai rekomendasi untuk mengusung Anies. Pembahasan dilakukan pekan depan. 

"Nanti minggu depan. Akhir bulan ini baru akan dibahas semua Pilkada termasuk DKI," ujar Cak Imin. 

Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda mengatakan bahwa partainya telah berkomunikasi dengan Anies Baswedan terkait kans partai-nya mengusung mantan Gubernur Jakarta itu kembali maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Diketahui, PKB sudah lebih dulu mewacanakan mengusung kader Ida Fauziyah untuk maju di Pilgub Jakarta 2024.

"Komunikasi awalan tepatnya," kata Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Huda menjelaskan, PKB belum menyampaikan surat rekomendasi secara resmi. Namun, PKB mempertimbangkan untuk mengusung Anies sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

"Dari hasil diskusi, obrolan, dari teman-teman kanan-kiri Mas Anies, kira-kira kami akan pertimbangkan Mas Anies kalau maju lagi," ujarnya.

 
Berita Terpopuler