Arab Saudi Terapkan Teknologi Jalan Inovatif untuk Musim Haji

Inisiatif ini adalah bagian dari strategi RGA yang lebih luas.

Republika/Karta Raharja Ucu
Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi. Satu jamaah haji Indonesia asal Garut bernama Upan Supan Anas (71 tahun) meninggal dunia karena serangan jantung di Kota Madinah, Senin (13/5/2024) WAS.
Rep: Mabruroh Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH — Otoritas Umum Jalan (RGA) Arab Saudi telah memperkenalkan peralatan modern untuk merombak jalan menuju Situs Suci untuk musim Haji 1445H. Ini merupakan yang pertama dalam penggunaan teknologi canggih di wilayah tersebut. 

Baca Juga

Dilansir dari Saudi Gazette pada Jumat (17/5/2024), inisiatif ini adalah bagian dari strategi RGA yang lebih luas untuk mengintegrasikan kemajuan teknologi terbaru di sektor jalan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas jalan dan mendorong inovasi.

Peralatan baru ini menggunakan pendekatan baru dengan mengikis aspal yang ada, mendaur ulangnya, dan mengaspalnya kembali di lokasi. Teknologi ini menggunakan air untuk mengolah aspal, bukan panas, sehingga menghasilkan pengurangan konsumsi energi yang signifikan sebesar 23 persen dan menurunkan emisi karbon dioksida. 

Metode ini selaras dengan tujuan RGA untuk mempromosikan pelestarian lingkungan, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan keselamatan jalan.

Adapun untuk prosesnya melibatkan empat langkah utama. Pertama, menghilangkan 5-10 cm lapisan atas aspal, mencampurnya dengan bahan daur ulang, lalu mengaplikasikan kembali dan memadatkannya untuk memastikannya siap untuk lalu lintas. 

Metode ini tidak hanya mempercepat proses perbaikan jalan, tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan sumber daya alam dan mengurangi biaya proyek secara keseluruhan.

Dengan kemajuan ini, RGA berkomitmen untuk meningkatkan indeks kualitas jalan di Arab Saudi ke peringkat keenam secara global dan mengurangi kematian terkait lalu lintas menjadi kurang dari 5 insiden per 100 ribu orang pada 2030. Perkembangan ini merupakan langkah signifikan menuju pencapaian tujuan ambisius ini.

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/642933/SAUDI-ARABIA/Saudi-Arabias-RGA-implements-innovative-road-technology-for-Hajj-season

 
Berita Terpopuler