Planet yang Memanas dan Tercemar Mempermudah Penyebaran Penyakit Menular  

Iklim yang lebih panas dapat memperluas jangkauan spesies vektor seperti nyamuk.

Republika/Thoudy Badai
Iklim yang lebih panas dan lebih basah dapat memperluas jangkauan spesies vektor seperti nyamuk.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manusia telah membuat bumi menjadi lebih panas, lebih tercemar, dan semakin tidak ramah bagi banyak spesies. Semua perubahan ini mendorong penyebaran penyakit menular.

Baca Juga

Iklim yang lebih panas dan lebih basah dapat memperluas jangkauan spesies vektor seperti nyamuk, sementara hilangnya habitat dapat mendorong hewan pembawa penyakit menjadi lebih dekat dengan manusia.

Penelitian terbaru mengungkap betapa kompleksnya dampak yang ditimbulkan dari krisis iklim terhadap penyebaran beberapa penyakit, serta mengubah pola penularan penyakit lainnya. Hilangnya keanekaragaman hayati tampaknya memainkan peran yang sangat besar dalam meningkatkan penyakit menular, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature pekan ini.

Penelitian ini menganalisis hampir 3.000 kumpulan data dari studi yang ada untuk melihat bagaimana hilangnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim, polusi kimia, kehilangan atau perubahan habitat, serta introduksi spesies memengaruhi penyakit menular pada manusia, hewan, dan tumbuhan.

Penelitian ini menemukan bahwa hilangnya keanekaragaman hayati merupakan penyebab terbesar, diikuti oleh perubahan iklim dan introduksi spesies baru. Parasit menargetkan spesies yang lebih berlimpah dan menawarkan lebih banyak inang potensial, demikian kata penulis studi, Jason Rohr, seorang profesor ilmu biologi di University of Notre Dame.

“Dan spesies dengan populasi besar lebih cenderung berinvestasi pada pertumbuhan, reproduksi dan penyebaran, dengan mengorbankan pertahanan terhadap parasit. Namun, spesies yang lebih langka dengan daya tahan yang lebih besar rentan terhadap hilangnya keanekaragaman hayati, sehingga kita akan memiliki inang yang lebih berlimpah dan kompeten terhadap parasit,” kata Rohr seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (17/5/2024).

Cuaca yang lebih panas akibat perubahan iklim juga menawarkan habitat baru bagi vektor penyakit, serta musim reproduksi yang lebih panjang. "Jika ada lebih banyak generasi parasit atau vektor, maka akan ada lebih banyak penyakit," kata Rohr.

Ia lebih lanjut mengatakan bahwa tidak semua adaptasi manusia terhadap planet ini meningkatkan penyakit menular. Hilangnya atau perubahan habitat dikaitkan dengan penurunan penyakit menular, sebagian besar karena perbaikan sanitasi yang terjadi seiring dengan urbanisasi, seperti air bersih dan sistem pembuangan limbah.

Dampak perubahan iklim terhadap....

 

Dampak perubahan iklim terhadap penyakit juga tidak seragam di seluruh dunia. Di daerah beriklim tropis, cuaca yang lebih panas dan lebih basah menyebabkan ledakan demam berdarah. Namun, kondisi yang lebih kering di Afrika mungkin akan menyusutkan area penularan malaria dalam beberapa dekade mendatang.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science pekan ini memodelkan interaksi antara perubahan iklim, curah hujan dan proses hidrologi seperti penguapan dan seberapa cepat air meresap ke dalam tanah. Penelitian ini memprediksi penurunan yang lebih besar pada area yang cocok untuk penularan penyakit dibandingkan dengan perkiraan berdasarkan curah hujan saja, dengan penurunan dimulai dari tahun 2025.

Penelitian ini juga menemukan bahwa musim malaria di beberapa bagian Afrika bisa jadi lebih pendek empat bulan dari perkiraan sebelumnya.

“Temuan ini tidak selalu merupakan kabar baik. Lokasi daerah yang cocok untuk malaria akan bergeser, dengan dataran tinggi Ethiopia di antara daerah-daerah yang kemungkinan akan terkena dampak baru,” kata penulis utama studi, Mark Smith, seorang profesor riset air di University of Leeds.

Masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut mungkin lebih rentan, karena mereka belum pernah terpapar. Dan populasi diperkirakan akan tumbuh dengan cepat di daerah-daerah di mana malaria akan tetap ada atau menjadi mudah menular, sehingga insiden penyakit secara keseluruhan dapat meningkat.

Smith memperingatkan bahwa kondisi yang terlalu buruk untuk malaria, mungkin juga terlalu buruk bagi manusia. "Perubahan ketersediaan air untuk minum atau pertanian bisa menjadi sangat serius,” kata dia.

Kaitan antara iklim dan penyakit menular berarti pemodelan iklim dapat membantu memprediksi wabah. Prakiraan suhu dan curah hujan lokal telah digunakan untuk memprediksi peningkatan demam berdarah, namun waktu yang dibutuhkan untuk memprediksi ini sangat singkat dan tidak dapat diandalkan.

Salah satu alternatifnya adalah indeks luas cekungan Samudra Hindia (IOBW), yang mengukur rata-rata regional anomali suhu permukaan laut di Samudra Hindia. Penelitian yang juga dipublikasikan di Science pekan ini mengamati data demam berdarah dari 46 negara selama tiga dekade dan menemukan korelasi yang erat antara fluktuasi IOBW dan wabah di belahan bumi utara dan selatan.

Penelitian ini bersifat retrospektif, sehingga daya prediksi IOBW belum teruji. Namun, dengan memantaunya, para pembuat kebijakan dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam menghadapi wabah penyakit yang menjadi masalah kesehatan masyarakat.

“Pada akhirnya, bagaimanapun juga, mengatasi peningkatan penyakit menular berarti mengatasi perubahan iklim. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penyakit sebagai respons terhadap perubahan iklim akan konsisten dan meluas, yang semakin menekankan perlunya pengurangan emisi gas rumah kaca,” kata Rohr.

 
Berita Terpopuler