Fitur Flipside Instagram akan Dihapus, Begini Nasib Foto yang Terlanjur Diunggah di Sana

Flipside tidak akan tersedia setelah 24 Mei 2024

Dok. Instagram
Fitur Instagram bernama Flipside. Flipside akan dihapus mulai 24 Mei 2024.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram akan menghapus fitur Flipside pada 24 Mei 2024. Pengumuman ini dinilai cukup mengejutkan karena Flipside baru saja diluncurkan untuk pengguna di Indonesia pada Januari 2024.

Baca Juga

Flipside pada dasarnya merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah profil berbeda tanpa harus membuat akun baru. Oleh karena itu, sebagian pengguna kerap memanfaatkan Flipside sebagai second account mereka.

"Flipside tidak akan tersedia setelah 24 Mei 2024," jelas Instagram, seperti dikutip Republika.co.id pada Rabu (16/5/2024).

Instagram mengungkapkan semua unggahan dan Story yang telah dibuat di Flipside akan tersimpan secara otomatis pada archive atau arsip setelah Flipside dinonaktifkan. Nantinya, unggahan dan Story yang tersimpan di dalam arsip hanya bisa dilihat oleh pengguna.

Akan tetapi, pengguna juga memiliki opsi untuk membagikan unggahan dan Story yang tersimpan di dalam arsip. Setelah dibagikan, unggahan dan Story tersebut akan bisa terlihat oleh pengikut pengguna.

Selain itu, pengguna juga bisa menyimpan unggahan yang mereka buat di Flipside ke dalam gawai masing-masing dengan cara mengunduhnya. Pengguna bisa mengunduh beragam unggahan ini melalui Accounts Center hingga 25 Agustus 2024.

Seperti dilansir Swipe Inside, fitur Flipside kemungkinan dihapus karena memang tidak dirilis sebagai fitur tetap di Instagram. Di samping itu, Instagram juga mungkin menghapus Flipside karena minat pengguna yang rendah terhadap fitur tersebut.

Muncul pula asumsi bahwa fitur Flipside dihapus karena Instagram memiliki sejumlah fitur lain yang memiliki fungsi serupa. Salah satunya adalah  fitur close friends posts yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah sesuatu dan hanya terlihat oleh teman-teman terdekat.

Dengan adanya pengumuman ini, pengguna Instagram bisa segera mempersiapkan diri untuk mengelola unggahan mereka di Flipside. Dengan begitu, pengguna tidak akan kehilangan unggahan-unggahan atau Story di Flipside yang mereka sukai.

 

Sumber: Instagram

https://web.swipeinsight.app/posts/instagram-s-flipside-feature-to-be-discontinued-from-may-24-5005

 
Berita Terpopuler