Selama di Madinah, Jamaah Haji Diminta Jaga Ritme dan Kondisi Fisik

Jamaah diimbau tak memaksakan diri dalam beraktivitas.

Republika
Suasana Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.
Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki hari keempat operasional haji, jemaah secara bertahap diberangkatkan ke Madinah. Berdasarkan data PPIH Arab Saudi, pada 14 Mei 2024 pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau Rabu 15 mei 2024 pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), jemaah haji yang sudah tiba melalui bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah berjumlah 19.354 orang yang terbagi dalam 49 kelompok terbang. 

Baca Juga

Jemaah haji akan tinggal di Madinah selama lebih kurang sembilan hari. Ada sejumlah aktivitas yang dilakukan jemaah selama di Madinah. Selain salat berjamaah di Masjid Nabawi, jemaah juga mendapat kesempatan berziarah ke Raudhah dan Makam Rasulullah.

Widi Dwinanda dari Media Center Haji Kementerian Agama  mengatakah, jemaah haji tidak perlu khawatir untuk masuk ke Raudhah. Sebab, hal itu akan difasilitasi oleh petugas dengan menerbitkan Surat Tasreh masuk Raudhah. 

Meski demikian, Widi juga mengimbau jemaah agar tidak memaksakan diri. Menurutnya, dalam pelaksanaan ibadah, jemaah diharapkan dapat mengatur ritme dan memperhatikan stamina fisik.

Footage: Dok Kemenag/Karta Raharja Ucu/Wisnu Aji Prasetiyo

 
Berita Terpopuler