Relawan Dukung Anies Jadi Cagub DKI

Para relawan diklaim setia mendukung Anies untuk maju di Pilgub DKI.

Republika/Eva Rianti
Anies Baswedan saat menanggapi isu soal nyagub di Pilgub Jakarta di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024).
Rep: Febryan A Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Barisan Relawan Anies Presiden (Bara Api) Indonesia, Iwan Tarigan mendukung capres Pilpres 2024, Anies Baswedan maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pilgub DKI Jakarta 2024. Mantan juru bicara Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timas AMIN) itu mengklaim bakal setia mendukung setiap langkah politik Anies.

Baca Juga

"Saya sebagai koordinator relawan anies dan eks Jubir AMIN tegak lurus mendukung langkah-langkah politik Pak Anies," kata Iwan dalam keterangannya, Selasa (14/5/2024).

Iwan menyebut, ada banyak ketua kelompok relawan pendukung Anies yang ingin mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali maju sebagai cagub. Dia mengetahui itu karena bertugas mengkoordinir 959 kelompok relawan pendukung Anies.

"Saya menunggu jawaban Pak Anies. Langkah apa pun yang diambil Pak Anies, kami relawan mendukung penuh Pak Anies. Saya dan 1.000 ketua relawan Anies tegak lurus dukung Pak Anies," ujar Iwan.

Sebelumnya, Partai Nasdem membuka kemungkinan untuk mengusung duet Anies Baswedan-Ahmad Sahroni dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Nasdem menilai Anies punya kapasitas untuk kembali memimpin Jakarta.

"Itu (duet Anies-Sahroni) memang masih dalam kajian mendalam dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) partai," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jakarta Wibi Andrino, dikutip Jumat (3/5/2024). 

Anies mengakui bahwa dirinya mendapat tawaran menjadi cagub DKI dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Namun, Anies belum membuat keputusan terkair karier politik selanjutnya usai kalah di Pilpres 2024.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017–2022 itu mengisyaratkan bahwa dia akan maju apabila mendapatkan dukungan yang cukup dari partai politik. Pasalnya, Partai Nasdem harus berkoalisi dengan partai lain agar bisa mengusung cagub.

"Makanya kita lihat untuk itu diperlukan beberapa, tidak hanya satu (parpol), jadi kita tunggu," kata Anies kepada wartawan di sela perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-55 di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024).

 

 
Berita Terpopuler