Bawean di Jatim Diguncang Gempa Magnitudo 4,9

Guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Bawean III-IV MMI.

ANTARA FOTO/Rizal Hanafi
Warga melintas di dekat Masjid Jamik Al Muhajirin yang sebangian bangunannya roboh akibat gempa di Dusun Balikbakgunung, Desa Sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Ahad (24/3/2024).
Rep: Febrianto Adi Saputro Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada Senin (13/5/2024) sekitar pukul 13.42 WIB. Menurut hasil analisis BMKG, gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,9.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.78° LS; 112.51° BT tepatnya di laut pada jarak 134 km arah Timur Laut Tuban, Jatim dengan kedalaman 10 Km," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono saat dikonfirmasi Republika.co.id.

Baca: KSAL Kerahkan KRI Teluk Banten-516 Salurkan Bantuan ke Pulau Bawean

Daryono menambahkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar sesar aktif di Laut Jawa. Guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Bawean III-IV MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," ucapnya.

Baca: Bakamla RI Jemput 18 Nelayan Indonesia yang Ditangkap di Australia

Menurut Daryono, gempa bumi merupakan bagian rangkaian gempabumi Bawean M6,0 yang terjadi pada Jumat (10/5/2024) sekitar pukul 11.22.45 WIB dan telah tercatat adanya 661 kali gempa bumi susulan (aftershock).

 
Berita Terpopuler