Makanan yang Bisa Bantu Atasi Stres Jelang Ujian

Secara statistik, stres menjelang ujian memengaruhi 40 persen orang.

Mgrol101
Seseorang mengalami kecemasan karena akan menghadapi ujian (ilustrasi).
Rep: Shelbi Asrianti Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghadapi stres menjelang ujian di sekolah atau kampus merupakan hal wajar. Begitu pun bagi pelamar kerja yang gugup saat akan menjalani serangkaian tes wawancara atau harus menghadapi tes calon pegawai dan semacamnya.

Baca Juga

Menurut ahli gizi Alexa Mullane dari Wiley’s Finest, secara statistik, stres ujian memengaruhi hingga 40 persen orang. Kabar baiknya, pakar makanan tersebut mengatakan ada beberapa jenis makanan dan minuman yang akan membantu mengatasi stres ujian.  

"Berkat kemajuan penelitian, kita sekarang memahami bagaimana nutrisi memengaruhi otak. Mulai dari kinerja kognitif, suasana hati, tidur, energi dan konsentrasi, makanan yang kita makan dapat memiliki efek dramatis pada banyak aspek kesehatan mental," kata Mullane, dikutip dari laman Mirror, Ahad (12/5/2024). 

Untuk mengatasi kecemasan, Mullane merekomendasikan menyantap makanan yang tinggi asam lemak omega-3. "Lemak baik" ini memiliki peran besar dalam pengaturan suasana hati dan menjaga kesehatan jantung, yang ada dalam ikan berminyak dan biji rami.

Untuk mencegah munculnya stres, Mullane juga menyarankan untuk menjaga tingkat energi, yang artinya perlu menyantap makanan sumber karbohidrat dalam jumlah cukup. Karbohidrat kompleks adalah pilihan terbaik untuk pelepasan energi yang stabil dan berkelanjutan.

Biji-bijian utuh, sayuran, quinoa, dan kacang-kacangan merupakan contoh karbohidrat kompleks, karena struktur molekul gulanya yang tersusun dalam rantai panjang. Karbohidrat ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan karbohidrat sederhana.

Mullane menganjurkan untuk mengombinasikan karbohidrat dan asam lemak omega-3 dengan vitamin, yang dapat ditemukan dalam sayuran hijau. Dia menjelaskan, itu penting untuk meningkatkan fungsi otak dan kinerja kognitif. Selain itu, jangan lupa tidur cukup menjelang periode ujian.

"Kualitas tidur yang baik dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, dan juga penting saat ingin mengingat kembali materi ujian," ucap Mullane.

Apabila sulit tidur, coba konsumsi makanan dan minuman yang mengandung triptofan, asam amino yang sering dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur. Misalnya, makan ayam di siang hari, menyantap buah pisang saat makan malam, atau minum secangkir susu hangat sebelum tidur.

 

 
Berita Terpopuler