Menag Ingatkan Jamaah Haji Jaga Kesehatan

Gelombang pertama jamaah haji akan tiba pada Ahad waktu Arab Saudi.

ANTARA FOTO/Arnas Padda
Petugas memasangkan gelang kepada Jemaah Calon Haji (JCH) kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/5/2024). Sebanyak 442 JCH yang tergabung dalam kloter pertama embarkasi Makassar didampingi delapan orang petugas haji daerah dan petugas kloter telah masuk asrama haji setempat yang dijadwalkan akan berangkat ke Arab Saudi pada Minggu (12/5) melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.
Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Karta Raharja Ucu dari Madinah, Arab Saudi

Baca Juga

Gelombang pertama Jamaah Calon Haji (Calhaj) Indonesia akan diberangkatkan malam ini, Sabtu (11/5/2024) WIB. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, petugas siap menyambut kedatangan jemaah haji di Arab Saudi. Kepada jamaah, Menag meyampaikan dua pesan, pertama, menjaga kesehatan fisik dan kedua menjaga niat demi kelancaran ibadah haji.

"Bertepatan dengan malam hari ini, nanti kloter pertama kita akan berangkatkan," ungkap Gus Men usai kembali ke tanah air usai kunjungan ke Arab Saudi. Menag telah mengecek persiapan pelayanan jamaah haji Indonesia di Tanah Suci.

Menag yang akrab disapa Gus Men itu menyebut cuaca di Arab Saudi sudah mulai panas. "Saya harus sampaikan kepada jamaah, cuaca sudah mulai panas di sana. Kalau kemarin saya pulang, sekitar 40 derajat. Jadi, panas sekali dan itu belum puncak," kata dia. 

Karena itu, Menag berharap agar jamaah terus menjaga staminanya. "Menjaga kesehatan fisiknya, karena kita tahu haji ini pada fisik. Jadi, dihemat energinya, banyak minum vitamin," ucap dia. 

Namun yang tidak kalah penting menurut Gus Men adalah menata niat. "Jadi niatnya itu niat ibadah. Jangan membuat niat-niat yang lain di luar niat ibadah," kata dia. 

 

 
Berita Terpopuler