Anies Dipasangkan dengan Ahok, Pengamat: Sulit, Seperti Minyak dan Air

Keduanya baik Ahok dan Anies juga pernah menjadi gubernur.

Republika/Nawir Arsyad Akbar
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok
Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Spekulasi soal siapa yang akan bersaing di Pilgub DKI terus beredar. Salah satu wacana yang mencuat adalah Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersanding bersama sebagai cagub-cawagub. Wacana ini berkembang selepas Pilpres.

Baca Juga

Keduanya diketahui punya satu kesamaan yakni sama-sama beda kubu dengan Prabowo Subianto. sebagai pemenang Pilpres. 

"Ada yang mengatakan ingin menyandingkan Anies dengan Ahok. Ini agak sulit dan berat karena seperti minyak dan air kan," kata Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin saat dihubungi Republika, Selasa (7/5/2024). 

Ujang menuturkan, keduanya akan sulit disandingkan sekalipun misal ada partai-partai yang bersedia mengusung mereka. Sebab, keduanya sama-sama pernah menjadi DKI 1 dan mustahil ada yang turun jadi wakil gubernur.
 
Ahok diketahui merupakan Gubernur DKI Jakarta periode 2014-2017, lalu Anies adalah Gubernur DKI Jakarta 2017-2022.  "Ahok pernah jadi gubernur, Anies pernah jadi gubernur, masak nanti satunya derajatnya turun jadi wakil gubernur, kan susah juga, enggak mungkin juga. Bisa menolak juga basis massa di bawah," ujar Ujang. 
 
 

Dia melanjutkan mengenai sosok Ahok yang memiliki track record yang tidak baik karena pernah menjadi tersangka kasus penistaan agama pada akhir 2016 lalu dan sudah dipenjara. Hal itu dianggap tidak tepat kembali menjadi pemimpin. 
 
"Itu juga menjadi sesuatu yg negatif di masyarakat Jakarta jadi banyak faktor ya soal sulit untuk bisa dipasangkan Anies-Ahok," kata dia. 

 
Berita Terpopuler