Acara Nobar Timnas U-23 Marak di Seantero Indonesia, MNC Terbitkan Surat Edaran Pelarangan

Pelanggaran terhadap larangan-larangan oleh MNC diancam dengan sanksi pidana.

Republika/Alfian Choir
Warga tetap antusias menyaksikan nonton bareng laga timnas Indonesia vs Australia di ajang Piala Asia U23 di depan balai kota Solo meskipun cuaca sedang hujan, Ahad (28/1/2024).
Rep: Fitriyanto Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penampilan ciamik yang ditunjukan Timnas Indonesia, baik di level senior maupun U-23, membuat masyarakat Indonesia dari segala lapisan begitu antusias menyambut laga Timnas Indonesia. Tak terkecuali di ajang Piala Asia U-23 AFC tahun 2024.

Baca Juga

Antusiasme masyarakat menonton laga Marselino Ferdinan dkk sudah sejak laga pertama melawan tuan rumah Qatar, kemudian berlanjut kalan melawan Australia dan Jordania di penyisihan grup A. Puncaknya, pada laga perempat final melawan Korea Selatan yang dimenangkan Indonesia melalui adu penalti 11-10 (2-2), acara nobar marak digelar di alun-alun atau kantor-kantor pemerintahan daerah.

Kini, antusiasme masyarakat semakin membuncah untuk menyaksikan tim asuhan Shin Tae-yong menyusul lolosnya Indonesia ke babak semifinal dan akan menghadapi Uzbekistan pada Senin (29/4/2024) malam WIB. Melihat banyaknya acara nobar, MNC Group selaku pemegang hak siar Timnas Indonesia kini mengeluarkan surat edaran larangan acara nobar Timnas Indonesia di ajang Piala Asia U-23 AFC 2024.

Melalui surat edaran tertanggal 26 April 2024 ada satu kalimat yakni (v) Dilarang: Menyelenggarakan kegiatan on-air, kegiatan off-air termasuk nonton bareng.

"Bahwa pelanggaran terhadap larangan-larangan tersebut di atas diancam dengan sanksi pidana dan denda sesuai Undang-Undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia," tulis surat edaran tersebut. 

 

 

 

 

Salah satu instansi di daerah yang akan menggelar nobar adalah Polda Kalimantan Tengah (Kalteng). Halaman Barigas Polda setempat disiapkan untuk warga yang ingin menyaksikan skuad Garuda Muda berlaga melawan Uzbekistan.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Ahad (28/4/2024), mengatakan kegiatan nonton bareng Timnas Indonesia tersebut bentuk dukungan warga Kalteng agar tim kebanggaan masyarakat Indonesia itu bisa menang menghadapi Timnas Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia tersebut.

"Ya jadi bagi masyarakat yang ingin memberikan dukungan kepada timnas kita bisa berhadir di halaman Barigas Mapolda Kalteng Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya. Dukungan kita sangat penting agar timnas kita bisa melaju ke babak final nantinya," kata Erlan Munaji.

Dia menuturkan, dalam kegiatan tersebut nantinya akan dihadiri Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto bersama seluruh pejabat utama (PJU) Polda Kalteng serta personel Polda setempat. Dengan adanya dukungan tentunya punggawa Timnas U-23 Indonesia akan bermain baik, tentunya untuk mengharumkan nama baik Indonesia di kancah Asia.

"Insya Allah dengan adanya dukungan masyarakat Indonesia khususnya di Kalteng timnas kita bisa melaju ke babak final Piala Asia U-23 ini," bebernya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat ketika hendak menuju Halaman Barigas Polda Kalteng menggunakan kendaraan yang mereka gunakan, tentunya wajib mengutamakan keselamatan di jalan raya. Jangan sampai hanya ingin nonton bareng timnas, mereka mengalami kecelakaan serta lain sebagainya.

"Yang terpenting saat berada di jalan menuju Mapolda Kalteng, masyarakat saya sarankan agar mengutamakan keselamatannya. Jangan sampai gara-gara mau nobar malah mereka mengalami hal-hal yang bisa merugikan mereka sendiri," demikian Erlan Munaji.

 
Berita Terpopuler