Jodie Foster Sempat Khawatirkan Masa Depan Robert Downey Jr Saat Masih Kecanduan Narkoba

Robert Downey Jr sempat berjuang melawan kecanduan narkoba.

EPA
Jodie Foster pernah mengarahkan Robert Downey Jr saat menjadi sutradara film Home for the Holidays pada 1995.
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktris Jodie Foster mengungkap momen emosionalnya dengan Robert Downey Jr saat membintangi film drama komedi Home for the Holidays pada 1995. Dalam sebuah wawancara dengan Esquire, Foster mengingat bahwa dia pernah mengkhawatirkan masa depan Downey Jr yang kecanduan narkoba pada era 1990-an.

Foster, yang menjadi sutradara film tersebut, merenungkan saat-saat di lokasi syuting ketika dia memperingatkan Downey Jr tentang bahaya kecanduannya. Ketika itu, Downey Jr sedang berjuang melawan masalah penyalahgunaan zat, yang kemudian menyebabkannya beberapa kali ditangkap dan terjerat masalah hukum.

"Saya pernah mengajaknya ke samping selama pembuatan film dan berkata, 'Dengar, saya sangat bersyukur atas apa yang telah Anda berikan dalam film ini. Tapi saya takut dengan apa yang terjadi pada Anda selanjutnya," kata Foster, dilansir Fox News, Kamis (11/4/2024).

Baca Juga

Robert Downey Jr., pemenang penghargaan untuk penampilan terbaik oleh aktor dalam peran pendukung untuk Oppenheimer, menghadiri pesta setelah Oscar pada Minggu, 10 Maret 2024, di Teater Dolby di Los Angeles. - (AP Photo/John Locher)

Foster menyatakan bahwa dia memilih Downey Jr untuk peran tersebut karena dia percaya pada bakatnya dan kemampuannya untuk mengatasi kecanduannya.

"Yang menarik dari dirinya saat itu adalah betapa jeniusnya dia. Ada lebih banyak kreativitas di jari kelingkingnya daripada yang pernah saya miliki sepanjang hidup saya, tapi dia tidak memiliki disiplin," ujar Foster.

Downey Jr mampu bangkit kembali. Setelah masa-masa sulitnya, dia menemukan kembali kesadaran dan fokusnya.

Film Home for the Holidays adalah salah satu dari banyak proyek yang membantu memperbaiki kariernya. Setelah berkali-kali ditangkap dan menjalani rehabilitasi, Downey Jr kembali ke jalur yang lebih baik dan telah menjadi salah satu aktor paling dicari di Hollywood.

Kesuksesan Downey Jr terutama diawali dengan perannya sebagai Tony Stark dalam film Iron Man pada 2008. Film itu membuka jalan bagi Marvel Cinematic Universe yang fenomenal.

Belum lama ini, Downey Jr ini meraih kesuksesan besar dengan penampilannya dalam film biopik Oppenheimer karya Christopher Nolan. Atas perannya itu, dia meraih sejumlah penghargaan bergengsi, termasuk Golden Globe dan Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik.

 
Berita Terpopuler