Rutin Makan Pepaya saat Perut Kosong, Apa yang Terjadi pada Tubuh?

Enzim superstar dalam pepaya bertindak sebagai detoksifikasi alami.

www.pexels.com
Pepaya (ilustrasi). Ini Manfaat memakan pepaya saat perut kosong.
Rep: Santi Sopia Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pepaya merupakan buah tropis cukup digemari banyak orang. Selain menawarkan rasa yang manis ketika matang, pepaya dikemas dengan nutrisi penting dan enzim yang kuat.

Pepaya dapat menjadi tambahan yang berharga untuk pola makan harian. Tapi, apakah buah ini lebih baik dimakann saat perut masih kosong?

Manfaat Pepaya

Chaitali Rane, ahli gizi klinis di PD Hinduja Hospital, Mumbai, India, mengatakan selain enzim, pepaya juga merupakan sumber karotenoid, alkaloid, monoterpenoid, flavonoid, serta vitamin dan mineral. Mikronutrien ini bekerjasama untuk mendukung berbagai fungsi tubuh.

"Ini termasuk menjaga kesehatan aliran darah dan berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke," kata Rane, dilansir dari Indian Express, Selasa (9/4/2024).

Buah pepaya menawarkan manfaat ketika dikonsumsi saat perut masih kosong. Inilah manfaatnya bagi kesejahteraan Anda, menurut Rane.

1. Detoks pagi hari

Papain, enzim superstar dalam pepaya, bertindak sebagai detoksifikasi alami, membantu menghilangkan produk limbah dari tubuh. Selain itu, sifat pencernaan papain mendorong kelancaran buang air besar, sehingga berpotensi meredakan sembelit.

2. Pereda Keasaman

Berjuang dengan sakit maag? Pepaya mungkin bisa memberikan sedikit rasa lega. Sifat laksatif pada pepaya dapat membantu mengurangi hiperasiditas dengan meningkatkan sistem pencernaan, menciptakan lingkungan yang lebih seimbang.

Dengan kandungan kalori yang....

 

3. Pengelolaan Berat Badan

Dengan kandungan kalorinya yang rendah dan potensi menstabilkan kadar gula darah, pepaya dapat menjadi asupan yang bermanfaat untuk pengelolaan berat badan. Mengonsumsinya saat perut kosong dapat membantu mengatur lonjakan gula dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga berkontribusi pada rasa kenyang.

4. Manfaat Antioksidan

Memulai hari dengan konsumsi pepaya dapat membantu memberikan dosis antioksidan yang kuat seperti asam caffeic, myricetin, dan vitamin C, A, dan E. Antioksidan ini bertindak sebagai pejuang melawan radikal bebas, molekul yang dapat merusak sel tubuh. Dengan melawan agen berbahaya ini, pepaya dapat berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Meskipun pepaya menawarkan banyak manfaat, penting untuk diingat bahwa wanita hamil harus menghindari mengonsumsinya karena potensi efek samping yang ditimbulkan. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan perubahan signifikan pada pola makan.

 

Memasukkan pepaya ke dalam rutinitas pagi, terutama saat perut kosong, bisa menjadi cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan kesehatan. Jadi, jika hendak memilih pilihan sarapan sehat, pertimbangkan untuk menjadikan buah serbaguna ini sebagai asupan penting dalam ritual pagi Anda. 

 
Berita Terpopuler