Spek Mirip Samsung Galaxy S24, Lima Alternatif Smartphone Bisa Jadi Pilihan

Berikut lima alternatif ponsel selain Galaxy S24.

Google
Google akan mengumumkan perangkat keras terbarunya, termasuk dua ponsel Pixel 8 terbaru (Pixel 8 dan Pixel 8 Pro) dengan banyak fitur AI yang dimasukkan ke dalamnya.
Rep: Santi Sopia Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencari ponsel baru mungkin mempertimbangkan penawaran terbaru dari Samsung, termasuk Galaxy S24. Itu adalah model entry level untuk jajaran S24, namun tetap memiliki performa dan kekuatan luar biasa dengan chip Snapdragon 8 Gen 3 dan RAM 8GB, layar LTPO AMOLED yang cantik. Smartphone memiliki kecepatan refresh hingga 120Hz dan kecerahan puncak 2.600 nits. 

Baca Juga

Meskipun hanya model dasar, pengguna bisa mendapatkan sistem kamera tiga lensa. Namun Galaxy S24 bukanlah satu-satunya pilihan yang bisa dipertimbangkan. 

Berikut lima alternatif bagus dengan model dasar selain S24, seperti dilansir dari Digital Trends, Selasa (9/4/2024).

1. Samsung Galaxy S24 Plus

Alternatif pertama ada Samsung Galaxy S24 Plus dengan lebih banyak ruang layar. S24 biasa hanya memiliki layar 6,1 inci, yang sangat bagus jika Anda lebih menyukai ponsel ringkas. Namun S24 Plus memiliki layar 6,7 inci, dan menawarkan pengalaman lebih baik untuk melihat video layar penuh.

Ukuran Galaxy S24 Plus yang lebih besar tidak hanya berarti lebih banyak ruang layar, tetapi  juga artinya menawarkan baterai lebih besar. Berdasarkan pengujian, S24 Plus dapat bertahan selama dua hari dengan penggunaan sedang, berkat baterai 4.900mAh dan efisiensi daya chip Snapdragon 8 Gen 3. Anda juga mendapatkan RAM 12 GB, yang berarti kinerjanya sedikit lebih baik dibandingkan S24 biasa.

Terakhir, yang paling menarik adalah pengisian daya kabel yang lebih cepat untuk Galaxy S24 Plus. Dengan Galaxy S24, Anda hanya mendapatkan kecepatan pengisian daya maksimal 25W saat dicolokkan.

Namun S24 Plus (dan S24 Ultra) mendukung kecepatan pengisian daya hingga 45W. Di Indonesia, jika harga Galaxy S24 Rp 13,9 juta sampai Rp 15,9 juta, maka Galaxy S24 plus seharga Rp 16,9 juta.

2. Google Pixel 8 

Masih lebih menyukai ponsel yang lebih kecil? Desain kecil memang lebih mudah digunakan dengan satu tangan, dan ini selalu menjadi nilai tambah. Maka Google Pixel 8 juga layak untuk dipertimbangkan.

Google Pixel 8 tidak hanya memiliki ukuran yang mirip dengan Galaxy S24 yaitu 6,2 inci, tetapi juga kecerahan puncaknya mencapai 2.000 nits dan memiliki kecepatan refresh antara 60Hz dan 120Hz. Pixel 8 juga memiliki RAM 8GB seperti S24, tetapi menggunakan chip Tensor G3 internal Google untuk kinerja yang optimal.

Keuntungan yang dimiliki....

 

 

Keuntungan besar yang dimiliki perangkat Google Pixel dibandingkan Samsung adalah antarmuka Android murni. Jika Anda bukan penggemar hal-hal ekstra yang ditambahkan Samsung dan hanya ingin pengalaman Android yang bersih dan lengkap, maka Pixel 8 adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Selain itu, kamera Google Pixel 8 menghasilkan foto yang fantastis. Meski tidak memiliki sistem kamera tiga lensa seperti S24, kelebihan Pixel 8 ada pada gambar yang dihasilkan. Samsung cenderung memiliki foto yang sangat cerah dan jenuh, tetapi tidak semua orang menyukainya. Untuk tampilan yang lebih natural dan realistis, Google Pixel lebih baik.

Pixel 8 adalah ponsel yang luar biasa, dan sebenarnya lebih murah daripada S24. Di Indonesia Google Piksel 8 dibanderil mulai dari Rp 14 jutaan.

3. OnePlus 12

Siapa pun yang mencari nilai terbaik pasti perlu mempertimbangkan OnePlus 12. Tidak hanya harganya sama dengan Samsung Galaxy S24, tetapi ini memiliki lebih banyak fitur, sehingga pengguna pasti mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Pertama, ponsel memiliki layar LTPO AMOLED 6,8 inci yang menawan dengan resolusi piksel sangat tinggi pada 1440 x 3168 dan kepadatan 510 piksel per inci. Namun juga memiliki kecepatan refresh dinamis 120Hz, dan kecerahan puncaknya mencapai 4.500 nits yang seolah membakar retina. Jika membutuhkan salah satu tampilan paling terang di ponsel cerdas, maka OnePlus 12 adalah jawabannya. 

OnePlus 12 juga memiliki performa terbaik dengan Snapdragon 8 Gen 3, RAM hingga 16GB, dan penyimpanan hingga 512GB. OnePlus 12 memiliki rangkaian kamera tiga lensa yang sangat mengesankan dengan kamera utama 50MP, kamera telefoto periskop 64MP untuk zoom optik 3x, dan kamera ultrawide 48MP. 

Dalam perbandingan kamera kami antara Galaxy S24 dan OnePlus 12, OnePlus 12 adalah pemenangnya. Ponsel bahkan memiliki penyetelan warna ahli Hasselblad untuk warna dan keseimbangan yang lebih baik. 

4. Samsung Galaxy S23

Masih ingin mendapatkan Galaxy S24? Jika demikian, Anda sebenarnya bisa menghemat banyak uang jika menggunakan Galaxy S23 tahun lalu. Selain fitur baru Galaxy AI yang sebenarnya kini tersedia untuk S23, tidak banyak perbedaan di antara keduanya.

S24 dan S23 memiliki ukuran serupa, karena merupakan yang paling compact di jajaran produknya. Selain itu, tidak ada perbedaan nyata pada tampilan keseluruhannya.

Galaxy S23 menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 yang lebih lama, dan merupakan iterasi chip sebelumnya yang ditemukan di Galaxy S24. Namun, ini masih merupakan silikon yang hebat, menawarkan kinerja cepat yang dipadukan dengan RAM 8 GB.

 

Samsung tidak....

Samsung tidak memperbarui kamera di S24, jadi sama dengan yang ada di S23. Artinya, Anda masih memiliki kamera utama 50MP, kamera telefoto 10MP dengan zoom optik 3x, dan kamera ultrawide 12MP. Kamera selfie-nya juga masih 12MP. Samsung memang melakukan beberapa perbaikan pada Galaxy S24 dalam hal pemrosesan warna. Jadi mungkin gambar Galaxy S23 sedikit lebih cerah dan tajam.

Sekali lagi, nilai jual terbesar dari seri Galaxy S24 adalah Galaxy AI. Jika tidak, sebagian besar sama dengan generasi sebelumnya. Namun karena Galaxy AI kini tersedia untuk S23 (dan ponsel lainnya), Anda pasti dapat menghemat banyak uang dengan membeli S23 mulai dari harga Rp 10,4 juta. 

5. Samsung Galaxy Z Flip 5

Jika salah satu alasan mengiinginkan Galaxy S24 adalah karena ukurannya yang ringkas, mungkin Anda juga bisa mempertimbangkan Galaxy Z Flip 5. Galaxy Z Flip 5 adalah salah satu ponsel flip terbaik yang dapat dipilih. 

Layar sampul 3,4 inci merupakan peningkatan besar dibandingkan panel 1,9 inci dari pendahulunya. Dengan sedikit pengaturan awal, pengguna dapat menjalankan aplikasi apa pun yang diinginkan di tampilan sampul, dan ini sangat nyaman.

Setelah membuka Z Flip 5, pengguna mendapatkan layar 6,7 inci yang cantik dan besar dengan kecepatan refresh 120Hz dan kecerahan puncak 1,750 nits. Dilengkapi Snapdragon 8 Gen 2 dan RAM 8GB, sehingga kinerjanya cukup solid. 

Namun mengingat ukurannya, daya tahan baterai dari sel 3.700mAh tidak terlalu bagus, dan hanya memiliki kecepatan pengisian kabel 25W dan nirkabel 15W seperti S24. Anda mendapatkan kamera utama 12MP dan kamera ultrawide 12MP, dengan kamera selfie 10MP. Selain itu, faktor bentuk flip memberi Anda cara tambahan untuk mengambil foto, yang tidak bisa didapatkan dari S24.

 

Anda akan membayar sedikit lebih mahal untuk Galaxy Z Flip 5 dibandingkan Galaxy S24, tetapi ini adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan ponsel andalan compact yang tahan lama. Harganya sekitar Rp 17,9 juta.

 
Berita Terpopuler