Marak Kampus di Amerika Serikat Ikut Lawan Kebiadaban Israel, Begini Cara yang Dilakukan 

Kampus di Amerika Serikat rupanya geram dengan perilaku Israel

EPA-EFE/YAHYA ARHAB
Ilustrasi bendera Israel. Kampus di Amerika Serikat rupanya geram dengan perilaku Israel
Rep: Mabruroh Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Sebuah perguruan tinggi di California telah secara resmi menutup program studinya di luar negeri dengan Universitas Haifa, dalam apa yang dikatakan para aktivis adalah contoh pertama dari lembaga pendidikan tinggi di Amerika yang memberlakukan boikot akademik terhadap Israel.

Baca Juga

Dalam siaran pers yang dikirim ke Middle East Eye, tertanggal 1 April, sebuah kelompok yang terdiri dari mahasiswa dan fakultas, yang disebut Suspend Pitzer Haifa, mengatakan administrator di Pitzer College, di Claremont, California, telah memutuskan untuk memutuskan hubungan dengan Universitas Haifa karena kemitraan tersebut tidak selaras dengan nilai-nilai inti perguruan tinggi tentang tanggungjawab sosial dan pemahaman antarbudaya.

Penutupan itu, kata kelompok itu, mengikuti kampanye enam tahun di perguruan tinggi untuk mendukung seruan yang dipimpin Palestina untuk perguruan tinggi dan universitas Amerika Serikat untuk mendukung kebebasan Palestina, termasuk kebebasan akademik, dengan menangguhkan hubungan kelembagaan dengan universitas-universitas Israel, karena keterlibatan mereka dalam pendudukan militer Israel, rezim apartheid dan, sekarang, seperti yang diputuskan oleh Mahkamah Internasional (ICJ), genosida yang masuk akal terhadap Palestina.

Menanggapi deklarasi kemenangan langka dan belum pernah terjadi sebelumnya untuk kampanye Boikot Divestasi dan Sanksi (BDS) di akademisi Amerika Serikat, perguruan tinggi merilis pernyataanya sendiri di mana mereka membantah bahwa penutupan program salah satu dari 11 program yang ditutup tahun ini memiliki hubungan dengan boikot akademik.

Dalam pernyataannya yang dirilis pada 2 April, perguruan tinggi hanya akan mengakui bahwa program tersebut adalah salah satu dari hampir selusin program yang dihapus atas kegagalan mereka untuk memenuhi "kriteria tertentu yang diuraikan dalam prinsip panduan perguruan tinggi".

Tetapi pernyataan itu juga menambahkan bahwa meskipun program-program itu dihapus, mereka masih tidak ditutup.

"Program-program ini tidak tertutup untuk siswa Pitzer, juga tidak ada tindakan yang mencerminkan boikot akademik terhadap negara atau institusi pendidikan mana pun," bunyi pernyataan itu.

"Mahasiswa Pitzer mungkin masih menghadiri program-program ini melalui proses petisi yang diawasi oleh Study Abroad dan Komite Program Internasional; program-program tersebut tidak lagi disetujui sebelumnya untuk pendaftaran oleh siswa Pitzer," kata pernyataan itu.

Aktivis mahasiswa di Pitzer mengatakan pesan campuran perguruan tinggi menunjukkan bahwa mereka menolak untuk mengakui bahwa mereka telah menyerah pada tekanan untuk memutuskan hubungan dengan universitas Israel.

Komunikasi internal...

 

Komunikasi internal yang ditunjukkan kepada MEE menunjukkan bahwa dari 11 program yang ditandai untuk dihapus oleh Komite Studi Luar Negeri dan Program Internasional, hanya program Universitas Haifa yang digambarkan tidak selaras dengan nilai-nilai perguruan tinggi. 

Rekomendasi tersebut juga mencatat bahwa penghapusan program studi di luar negeri Haifa datang dengan dukungan masyarakat yang signifikan, bersama dengan jumlah pendaftaran yang rendah.

Anna Babboni, dengan Students for Justice in Palestine (SJP), mengatakan bahwa kampanye untuk menarik program telah melibatkan serangkaian tindakan oleh mahasiswa dan fakultas.

"Ada tekanan yang meningkat dari mahasiswa yang melibatkan kampanye enam tahun serta boikot informal terhadap program; ada 400 dan alumni yang berjanji bahwa mereka tidak akan menyumbang ke perguruan tinggi sampai mendukung kampanye BDS dan universitas menjadi gugup dan diam-diam menutup program dengan kedok kurangnya pendaftaran," kata Babboni.

Babboni juga menyinggung pernyataan yang dikeluarkan oleh fakultas pada 28 Maret di mana fakultas memutuskan untuk melawan segala bentuk diskriminasi yang menargetkan mahasiswa dan fakultas Palestina, dan pengecualian perspektif Palestina yang disengaja dari kurikulum di dalam universitas Israel.

"Sebagai hasilnya, kami akan secara aktif mencegah kemitraan apa pun dengan institusi yang melanggengkan praktik semacam itu," kata pernyataan yang dilihat oleh MEE.

"Kami menyerukan untuk memperkuat koneksi institusional dengan universitas Palestina sebagai komitmen kami untuk mendukung hak atas pendidikan bagi siswa Palestina dan kebebasan akademik untuk rekan-rekan Palestina kami," kata pernyataan itu, yang didukung oleh 30 suara, enam suara menentang, dan enam abstain.

Menanggapi beberapa pertanyaan yang mencari kejelasan tentang keputusan perguruan tinggi untuk menutup program, asisten wakil presiden komunikasi mengatakan, “Dalam proses evaluasi program Studi di Luar Negeri terhadap kriteria yang ditetapkan, yang mencakup nomor pendaftaran lima tahun, dikonfirmasi bahwa program Universitas Pitzer Haifa tidak memiliki pendaftaran dalam delapan tahun," kata Shattuck kepada MEE.

Boikot akademik

Masyarakat sipil Palestina telah lama menyerukan boikot terhadap lembaga-lembaga akademik yang terlibat dalam pendudukan Israel atas Palestina. Pada tahun 2005, Mahasiswa Nasional untuk Keadilan di Palestina mengadopsi kampanye BDS sebagai masalah kebijakan.

Menurut situs

 

Menurut situs web BDS, Universitas Haifa sangat terjerat dalam pendudukan dan penaklukan Palestina.

Di antara beberapa hubungan yang dimilikinya dengan negara Israel, Universitas Haifa memberikan beasiswa kepada veteran militer Israel, adalah rumah bagi pangkalan militer Israel dan telah menjadi tuan rumah program militer Israel.

Universitas Haifa juga mencabut gelar Master lulusan Israel, Teddy Katz, yang telah menulis tesis yang menunjukkan bagaimana tentara Israel telah melakukan pembantaian ratusan orang Palestina di Desa Tantura pada Mei 1948.

"Universitas Haifa memiliki pengawasan ekstrim dan kebijakan kepolisian terhadap mahasiswa Palestina meskipun mereka menggembar-gemborkan fakta bahwa mereka memiliki 40 persen populasi Arab dan Palestina," kata Babboni.

Penghapusan program dengan Universitas Haifa terjadi setelah beberapa tindakan langsung yang diambil oleh mahasiswa Pitzer selama enam tahun terakhir.

Pada 2018, fakultas perguruan tinggi memilih 20-3 untuk mengakhiri ikatan. Pada  2019, Dewan Perguruan Tinggi Pitzer, yang terdiri dari fakultas, mahasiswa, dan perwakilan staf, memilih 67-28 mendukung hal yang sama. Bulan lalu, senat mahasiswa Pitzer memilih sekali lagi untuk menangguhkan semua hubungan dengan universitas Israel. Pemungutan suara disahkan hampir dengan suara bulat pada 34-1.

Setelah pemungutan suara pada pertengahan Februari, administrator perguruan tinggi merilis pernyataan yang mengklaim “Senat Mahasiswa tidak berbicara untuk Perguruan Tinggi, juga tidak mewakili pandangan semua siswa Pitzer".

"Presiden (Strom) Thacker berkomitmen pada misi pendidikan Perguruan Tinggi, untuk kebebasan akademik, dan untuk menjaga lingkungan belajar kampus yang aman dan produktif untuk semua. Presiden tidak akan menerima - jika dan ketika waktu itu tiba - resolusi Perguruan Tinggi apa pun yang bertentangan dengan prinsip-prinsip ini," kata perguruan tinggi.

Beberapa badan mahasiswa di seluruh Amerika Serikat telah menyerukan universitas mereka untuk melakukan divestasi dari perusahaan senjata yang mendukung militer Israel atau untuk mengakhiri hubungan dengan lembaga pendidikan tinggi di Israel.

Dalam kebanyakan kasus, badan mahasiswa di universitas-universitas ini, terutama sekolah Ivy League, telah dilecehkan, didoxx dan dikutuk oleh kelompok pro-Israel baik di dalam maupun di luar universitas.

"Kemenangan BDS yang bersejarah ini menetapkan (a) preseden bagi perguruan tinggi dan universitas di seluruh AS untuk meminta pertanggungjawaban universitas-universitas Israel yang terlibat," kata kelompok tersebut, Suspend Pitzer Haifa.

"Kami mengundang setiap institusi pendidikan tinggi untuk mempraktikkan nilai-nilai keadilan sosial yang diajarkannya dan menangguhkan hubungan dengan universitas yang mendukung apartheid, scholasticide, dan genosida," tambah kelompok itu.

Babboni mengatakan kepada MEE bahwa pekerjaan itu, bagaimanapun, belum selesai. "Kami masih mendorong resolusi asli kami melalui dewan perguruan tinggi, yang akan datang minggu depan pada 11 April untuk mendapatkan suara pemerintahan bersama yang lebih luas. Resolusi kami juga berbicara tentang tidak membuka kembali program dan tidak membuka program lain dengan universitas Israel karena keterlibatan mereka dalam apartheid, genosida, dan pembersihan etnis.

"Untuk saat ini, program ditutup. Kami hanya berharap untuk meratifikasi boikot akademik yang lebih kohesif melalui resolusi kedua kami," tambahnya.

 

Rupa-Rupa Dampak Boikot Israel - (Republika)

 

 

n. Mabruroh

 

 

 

https://www.middleeasteye.net/news/us-college-shut-down-study-abroad-programme-israel

 

 

 

 
Berita Terpopuler