Republika Ramadhan Festival Berbagi Bersama Ratusan Anak Yatim

Ratusan anak yatim itu sempat dihibur dengan dongeng Islami dan santunan.

Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah anak yatim menghadiri acara Republika Ramadhan Festival: Berbagi Bersama Yatim di Masjid At Thohir, Depok, Jawa Barat, Selasa (2/4/2024). PT Republika Media Mandiri kembali menggelar Republika Ramadhan Festival bertemakan Berbagi Bersama Yatim. Acara tersebut diisi dengan kegiatan santunan untuk ratusan anak yatim dan dongeng Islami yang disampaikan oleh Ustaz Jaka Umbaran.
Rep: Muhyiddin Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di bulan Ramadhan tahun ini, PT Republika Media Mandiri kembali menggelar acara "Republika Ramadhan Festival: Berbagi Bersama Yatim" di Masjid at-Thohir, Cimanggis, Kota Depok, Selasa (2/4/2024). Dalam kegiatan rutin tahunan ini, Republika juga menyuguhkan dongeng islami untuk menghibur mereka.

Direktur Utama Republika Tubagus Farash Akbar Farich mengatakan, kegiatan Republika Ramadhan Festival ini digelar setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda. Tahun ini, menurut dia, program ini diisi dengan kegiatan santunan terhadap ratusan anak yatim.

"Hari ini kita mengadakan Republika Ramadhan Festival. Ini acara tahunan yang dilakukan Republika dengan tema yang berbeda-beda. Khusus hari ini kita mengadakan di at-Thohir, topiknya adalah Berbagi Bersama Yatim," ujar Farash.

Dia menjelaskan, beramal di bulan Ramadhan tentu memiliki nilai pahala yang sangat besar. Karena itu, pihaknya mengajak kepada para donatur Republika untuk terus terlibat dalam kegiatan berbagi bersama anak yatim ini.

"Jadi banyak sekali donatur, baik itu dari pembaca Republika, individual, maupun dari korporasi-korporasi yang selama ini menjadi rekan Republika untuk mensupport acara ini," ucap Farash.

Melalui acara ini, Farash berharap Republika bisa memiliki pengaruh yang lebih luas dan bisa bermanfaat untuk masyarakat. Menurut dia, kegiatan santunan ini memang merupakan langkah kecil, tapi anak-anak yatim tersebut kelak akan menjadi manusia yang bermanfaat untuk agama dan bangsa.

"Ini seperti berinvestasi juga. Jadi tidak hanya amal tapi berinvestasi di mereka supaya di kemudian hari mereka bisa tumbuh menjadi orang-orang yang bermanfaat untuk umat dan negara kita," kata Farash.

Baca Juga

Selanjutnya...

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasional Republika Nur Hasan Murtiaji turut memberikan motivasi kepada ratusan anak yatim yang hadir untuk terus belajar dengan keras.

"Nabi Muhammad SAW adalah yatim juga. Ada juga ulama besar yang memberikan inspirasi dan pekajaran ternyata juga yatim piatu. Jadi kita harus belajar walau dengan keterbatasan. Jangan sampai patah semangat untuk mencapai keinginan kita dengan belajar secara serius dan keras," ujar Hasan dalam sambutannya.

Dalam kegiatan berbagi ini, menurut Hasan, ada 200 anak yatim yang mendapatkan santunan dari Republika. Mereka berasal dari wilayah sekitar Masjid at-Thohir dan berbagai yayasan yang ada di Jabodetabek.

"Kita tahu Rasulullah itu sangat menekankan pentingnya kita bisa merawat anak yatim. Karena itu, Republika ingin mengajak masyarakat ayo peduli kepada anak yatim piatu," ucap Hasan.

Dia berharap kedepannya kegiatan berbagi bersama anak yatim ini tidak hanya dilakukan di bulan Ramadhan saja, tapi juga di luar Ramadhan. Karena, kata dia, anak yatim itu tidak hanya ada di waktu Ramadhan saja, tapi sepanjang waktu.

"Dan kita berharap ini tahun depan ini tidak hanya digelar di masjid at-Thohir tapi juga ke masjid-masjid lain," kata Hasan.

Dalam menyelenggarakan kegiatan ini, Republika juga didukung oleh BSI Maslahat, Baitulmaal Muamalat (BMM), BTN, Allianz Syariah, Indofood, Yakesma, FKS Food, dan Yayasan Masjid at-Thohir.

Terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi...

"Terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi terhadap acara Berbagi Bersama Yatim ini, mulai dari pembaca Republika, dari mitra, dan juga kepada Masjid at-Thohir yang menfasilitasi tempat acara ini," jelas Hasan.

Dalam acara ini, ratusan anak yatim itu sempat dihibur dengan dongeng Islami yang disampaikan Ustadz Jaka Umbaran. Dalam menyampaikan dongeng Islami, Ustadz Jaka Umbaran ditemani oleh bonekanya yang bernama Balbo.

Ustaz Jaka Umbaran menyampaikan dongeng di hadapan anak yatim saat acara Republika Ramadhan Festival: Berbagi Bersama Yatim di Masjid At Thohir, Depok, Jawa Barat, Selasa (2/4/2024). PT Republika Media Mandiri kembali menggelar Republika Ramadhan Festival bertemakan Berbagi Bersama Yatim. Acara tersebut diisi dengan kegiatan santunan untuk ratusan anak yatim dan dongeng Islami yang disampaikan oleh Ustaz Jaka Umbaran. - (Republika/Putra M. Akbar)



Keduanya menghibur anak-anak yatim dengan dongeng yang berisi pesan-pesan keislaman. Selama satu jam lebih, anak-anak yatim itu pun tampak antusias mendengar cerita Ustadz Jaka Umbaran.

Setelah memdengarkan dongeng, mereka juga mendengarkan kultum yang disampaikan Ustadz Syahruddin El-Fikri. Di akhir acara, baru lah masing-masing anak yatim itu menerima kado spesial yatim dhuafa dari Republika.

 
Berita Terpopuler