Kapal Nelayan di Mukomuko Karam, Satu Orang Hilang

Nelayan yang hilang pergi melaut sendirian.

Foto : MgRol112
Kapal tenggelam (Ilustrasi). Seorang nelayan di Mukomuko, Bengkulu hilang setelah perahunya karam, Ahad (31/3/2024).
Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Sebuah kapal nelayan di Pantai Indah Mukomuko, Kelurahan Koto Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu dilaporkan karam pada Ahad (31/3/2024). Satu orang nelayan dinyatakan hilang.
 
Ketua Nelayan Pantai Indah Mukomuko Alwaki saat dihubungi dari Mukomuko, Ahad sore mengatakan saat ini berbagai pihak dari nelayan dan aparatur pemerintah kelurahan dan kecamatan di wilayah ini telah berkumpul di pinggir pantai untuk mencari nelayan yang hilang. Sejauh ini, perahunya sudah diketemukan.

Baca Juga

"Perahunya sudah dapat, tetapi orangnya belum ditemukan sampai sekarang," katanya.

Para pihak terkait yang telah berkumpul di pinggir pantai dekat Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Kota Mukomuko untuk mencari keberadaan satu nelayan yang hilang itu, yakni pihak kelurahan, penggurus kelompok nelayan, dan nelayan. Para nelayan di wilayah ini menemukan perahu yang karam tersebut di dekat Desa Pasar Sebelah arah muara di wilayah desa tersebut.
 
Pencarian nelayan Pantai Indah Mukomuko yang hilang setelah perahunya karam di perairan lautselain dilakukan oleh kalangan nelayan setempat serta dibantu oleh sejumlah personel dari Pos SAR Nasional.

Personel Pos SAR Nasional masih terus menyusuri muara sepanjang pantai di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko menggunakan perahu karet untuk mencari keberadaan nelayan yang hilang di laut. Nelayan PIM Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko, Japri, mengatakan bahwa nelayan yang hilang tersebut berangkat melaut sendiri.

"Nelayan di wilayah ini melaut ada yang rombongan dan ada yang berangkat sendiri. Nelayan yang hilang ini melaut sendiri," ujar Japri.
 
Sebelumnya, nelayan di wilayah ini telah menyampaikan pemberitahuan kepada pihak Pos SAR Nasional bahwa telah terjadi kapal atau jongkong karam di Muara Pantai Indah Mukomuko. Identitas nakhoda bernama Jaya.

 
Berita Terpopuler