5 Makanan Favorit Selama Ramadhan 2024, Nomor Satu Ternyata Bukan Kurma

Setiap keluarga atau wilayah mungkin memiliki makanan favoritnya masing-masing.

ww.freepik.com
Opor ayam (ilustrasi).
Rep: Muhyiddin Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan adalah waktu yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Pada bulan suci ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga terbenamnya matahari dan memperbanyak ibadah serta amal kebajikan.

Saat berbuka puasa pada bulan Ramadhan, beragam hidangan lezat pun kerap disajikan. Ada banyak pilihan makanan yang memanjakan lidah setelah seharian menahan lapar dan haus.

Ada sejumlah makanan yang juga menjadi favorit selama bulan Ramadhan, seperti kurma hingga hidangan berat seperti ketupat. Selain itu, ada juga hidangan manis seperti kolak dan es campur yang menyegarkan.

Setiap keluarga atau wilayah mungkin memiliki makanan favoritnya masing-masing. Namun, berdasarkan hasil riset TGM Indonesia Ramadhan Insight 2024, setidaknya ada lima makanan yang menjadi favorit selama Ramadhan.

Lima daftar makanan ini diperoleh setelah mengajukan pertanyaan, "Apa hidangan Ramadhan favoritmu?".

Baca Juga

Selanjutnya...

Berikut Lima Makanan Favorit Selama Ramadhan 2024

1. Opor Ayam

Berdasarkan Data TGM Indonesia Ramadhan Insight 2024, opor ayam bercokol di posisi teratas sebagai hidangan Ramadhan yang paling disukai di Indonesia. Survei ini dilakukan pada 1-22 Februari 2024 dengan melibatkan 2.900 responden berusia 18-40 tahun lebih. Survei ini menggunakan metode wawancara internet (CAWI).

Opor ayam memang sering menjadi hidangan favorit saat Ramadhan dan Idul Fitri di Indonesia. Dengan kuah santan kental yang gurih, daging ayam yang lembut, serta paduan bumbu rempah-rempah yang kaya, opor ayam menjadi makanan yang sangat cocok disajikan bersama ketupat atau nasi hangat.

Kesegaran dan kelezatannya memberikan kehangatan di momen berkumpul bersama keluarga dan teman-teman saat berbuka puasa atau merayakan hari raya.

2. Rendang

Rendang juga sangat populer dan menjadi salah satu hidangan favorit selama Ramadhan. Dalam survei ini, rendang menempati posisi kedua.

Berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat, rendang dikenal dengan cita rasanya yang kaya akan rempah-rempah, teksturnya yang unik, dan proses memasaknya yang lama hingga daging menjadi sangat empuk dan bumbu meresap sempurna.

Daging sapi yang dimasak dengan santan dan aneka rempah seperti serai, daun kunyit, lengkuas, dan cabai, menjadikan rendang memiliki rasa yang kuat dan aroma yang menggugah selera. Rendang tidak hanya disajikan saat Ramadhan atau Idul Fitri, tetapi juga pada berbagai acara adat dan penting lainnya.

Selanjutnya...

 

3. Kolak

Di urutan ketiga untuk makanan paling disukai sekama Ramadhan ada kolak. Ini termasuk hidangan manis yang juga menjadi favorit di bulan Ramadhan. Makanan ini terbuat dari pisang, ubi, kacang hijau, dan kadang-kadang biji salak, direbus dalam santan dan gula. Ini adalah hidangan takjil yang cocok banget untuk membatalkan puasa.

4. Ketupat

Ketupat juga masuk dalam makanan favorit selama Ramadhan. Ketupat merupakan makanan yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun kelapa muda dan dikukus hingga masak. Makanan ini memang sangat identik dengan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri di banyak wilayah di Indonesia.

Ketupat biasanya disajikan sebagai pengganti nasi, dan sangat populer sebagai pelengkap hidangan khas Lebaran seperti opor ayam, rendang, sambal goreng ati, dan lain-lain. Teksturnya yang unik dan cara penyajiannya yang khas menjadikan ketupat simbol dari tradisi dan kebersamaan.

5. Kurma

Buah yang disunahkan untuk dijadikan sebagai pembuka puasa ini justru menempati posisi kelima sebagai makanan yang paling disukai selama Ramadhan.

Kurma menjadi salah satu makanan yang sangat identik dengan bulan Ramadhan. Ini merupakan buah yang sangat disukai untuk berbuka puasa sebelum makanan lain dikonsumsi. Dalam tradisi Islam, berbuka puasa dengan kurma dianggap sunnah, mengikuti contoh Nabi Muhammad SAW.

Kurma kaya akan nutrisi, seperti gula alami, serat, vitamin, dan mineral, yang dapat memberikan energi cepat dan membantu mengembalikan kadar gula darah setelah sehari penuh berpuasa. Selain itu, kurma juga mudah dicerna, sehingga cocok untuk makanan pertama yang masuk ke dalam perut setelah berpuasa.

Itulah lima makanan favorit selama Ramadhan berdasarkan hasil survei TGM Indonesia Ramadhan Insight 2024. Ini hanya beberapa contoh dari makanan favorit yang sering dinikmati selama bulan Ramadhan di Indonesia. Daerah-daerah tertentu mungkin memiliki variasi makanan yang berbeda-beda.

 
Berita Terpopuler