Berapa Sebenarnya Jumlah Rakaat Sholat Tahajud?

Sholat tahajud ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

Sholat tahajud/ilustrasi
Rep: Mabruroh Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah saw menganjurkan umatnya untuk membiasakan sholat tahajud. Sholat sunnah yang satu ini merupakan wujud ketaqwaan dan cinta seorang hamba kepada Allah swt.

Sholat tahajud sering dianggap sholat sunnah yang sangat berat untuk dilakukan, karena sholat sunnah ini dilakukan pada malam hari, ketika kebanyakan manusia tengah tertidur lelap setelah lelah bekerja pada siang hari.

Karenanya sholat tahajud ini memiliki keutamaan yang luar biasa, dan karenanya juga hanya orang yang bertakwa dan cinta kepada Allah swt yang mampu melaksanakan sholat tahajud setiap malam.

Baca Juga

Jumlah rakaat sholat tahajud

Mengenai jumlah rakaat shalat tahajud ini amat beragam bilangannya. Berikut ini dikutip dari buku Terapi Shalat Tahajud oleh Moh. Sholeh, diuraikan hanya beberapa model jumlah rakaat sholat tahajud yang dipandang bersumber pada hadis yang sahih dan terkenal di kalangan kaum muslimin.

Telah berkata Aisyah, "Bahwasanya Rasulullah Saw pernah sholat antara waktu Isya dan Shubuh sebelas rakaat, yaitu beliau beri salam pada tiap-tiap dua rakaat, dan beliau sembahyang witir satu rakaat" (HR Bukhari).

Telah berkata Aisyah, "Bahwasanya ...

Telah berkata Aisyah, "Bahwasanya Rasulullah Saw. pernah sholat malam tiga belas rakaat. Dari tiga belas rakaat itu, beliau shalat witir lima rakaat, dan tidak duduk di antara rakaat-rakaat itu, kecuali pada rakaat terakhir” (HR Bukhari dan Muslim).

Telah berkata Aisyah, "Bahwasanya Rasulullah Saw. pernah sholat tahajud empat rakaat, tetapi jangan engkau tanya bagusnya dan panjangnya, kemudian beliau sholat lagi empat rakaat, dan jangan kau tanya bagus dan panjangnya, kemudian beliau sholat witir tiga rakaat" (HR Bukhari dan Muslim).

Ketiga hadits tersebut menunjukkan bervariasinya bilangan rakaat dan model yang ditempuh Rasulullah Saw dalam menjalankan sholat tahajud. 

Ustadz Hamdi El-Natary dalam bukunya Shalat Tahajud Cara Rasulullah SAW: Sesuai Alqur'an dan Hadits menyebutkan jumlah rakaat sholat tahajud (Qiyamul laili) sebenarnya tidak ada batasannya. Karenanya, bila kondisi tidak memungkinkan cukup dengan mengerjakan sholat witir tiga rakaat atau satu rakaat sesudah sholat isya.

Rasulullah SAW bersabda: "Dari Ibnu Abbas, ia berkata, 'Kita diperintah oleh Rasulullah mengerjakan sholat malam dan benar-benar menganjurkannya sehingga beliau berkata, 'Kerjakan sholat malam sekalipun hanya satu rakaat." (HR. Thabrani dalam kitab Al-Kabir dan Al-Ausath)

Jumlah rakaat paling utama...

Namun demikian, jumlah rakaat yang paling utama dan paling kuat adalah 11 rakaat. Jumlah tersebut juga sudah termasuk tiga rakaat sholat witir.

Pelaksanaannya, dapat 4+4+3 (4 sholat tahajud + 4 sholat tahajud + 3 rakaat sholat witir). Dapat juga 2+2+2+2 (sholat tahajud) + tiga rakaat sholat witir yang dilaksanakan 2+1 rakaat atau tiga rakaat sekaligus. Pendapat tersebut didasarkan pada hadits dari Aisyah RA bahwa ia berkata:

"Rasulullah tidak pernah menambah sholat malam itu, baik ketika bulan Ramadhan atau bulan lainnya dari sebelas rakaat. Beliau sholat empat rakaat. Jangan tanya tentang baik dan panjangnya. Kemudian, sholat lagi empat rakaat, jangan tanya baik dan panjangnya. Kemudian, sholat witir tiga rakaat. Saya bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum witir? Beliau menjawab, “ya Aisyah. Walau kedua mataku tidur, namun hatiku tidak tidur,” (HR bukhari Muslim)

"Dari lbnu Umar, ia berkata, 'Nabi Muhammad SAW mengerjakan sholat malam dua rakaat-dua rakaat dan sholat witir satu rakaat." (HR. Bukhari Muslim)

Niat dan doa setelah sholat tahajud...

Niat sholat tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla.

"Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala,"

Doa setelah sholat tahajud

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْححَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِوَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِييُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَحَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُوَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawaati wal ardhi wa man frihin, wa lakal hamdu laka mulkus samaawaati wal ardhi wa man frihin, wa lakal hamdu anta nuurus samaawati wal ardh. Wa lakal hamdu antal haqqu wa wa'dukal haqqu wa liqaa'uka haqqun wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wanaaru haqqun, wan nabiyyuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu 'alaihi wasallama haqqun, was sad'atu haqqun. Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ilaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khasamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu, wa maa asrartu wa maa a'lantu, antal muggaddimu wa antal mu'akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa ilaaha ghairuka wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

“Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkau-lah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagi-Mu lah segala puji. Engkau raja penguasa langit dan bumi serta segala isinya. Bagi-Mu lah segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagi-Mu lah segala puji, Engkau-lah yang hak, dan janji-Mu adalah benar, dan perjumpaan-Mu itu adalah hak, dan firman-Mu adalah benar, dan surga adalah hak, dan neraka adalah hak, dan nabi-nabi itu hak benar, dan Nabi Muhammad SAW. adalah benar dan saat hari kiamat itu benar. Ya Allah, kepada-Mu lah aku berserah diri, kepada Engkau aku beriman dan kepada Engkau, aku bertawakal, kepada EngiJu jualah aku kembali, dan kepada-Mu lah aku rindu, dan kepada Engkau-lah aku berhukum. Ampunilah aku atas kesalahan yang sudah aku lakukan dan yang sebelumnya, baik yang aku sembunyikan maupun yang aku nyatakan. Engkau-lah Tuhan yang terdahul dan Tuhan yang terakhir, Tiada Tuhan melainkan Engkau dan tiada Tuhan selain-Mu. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah."

 

 
Berita Terpopuler