Sederet Merek Global Pro-Israel yang Limbung Dihantam Boikot 

Konsumen Malaysia mengaitkan Domino's dengan Amerika, sekutu dekat Israel.

AP Photo/Andy Wong
Pengunjung melintasi gerai kopi Starbucks di kompleks pusat perbelanjaan di Beijing, Cina, 23 Desember 2023.
Red: Ferry kisihandi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Aksi boikot  masyarakat dunia terhadap sejumlah produk pro-Israel nyata-nyata berdampak buruk bagi usaha mereka. Boikot dilakukan sebagai dukungan terhadap warga Palestina yang digempur serangan Israel di Gaza. 

Baca Juga

Sejak serangan dilakukan hingga saat ini, 27 ribu lebih warga sipil Palestina kehilangan nyawa. McDonald’s, misalnya, gagal mencapai target penjualannya sebagai dampak boikot terhadap produk di beberapa pasar dunia, seperti Timur Tengah dan negara Muslim lain. 

McDonald’s menyatakan boikot akibat perusahaan ini dianggap memberikan dukungan terhadap Israel. Perang Gaza, benar-benar berimbas pada kinerja kuartal terakhir 2023. Penjualan di Timur Tengah, Cina, dan India anjlok. 

Perusahaan makanan cepat saji asal AS ini hanyalah salah satu yang diboikot. Gerakan Boycott, Divestment and Sanctions (BDS) juga terus mendorong boikot terhadap merek-merek yang ramah dengan Israel sejak 2005. 

Berikut sederet merek yang limbung dihantam boikot, yang dilansir laman berita Aljazirah, Selasa (6/2/2024):

 

Domino’s

Domino’s, produsen pizza yang berbasis di AS dengan franchise di seluruh dunia juga mengalami imbas boikot. Postingan di media sosial mengungkapkan, seperti McDonald’s, gerai Domino’s juga menyajikan makanan gratis kepada tentara Israel. 

Meski demikian, belum ditemukan bukti yang mendukung informasi di media sosial itu. Di Asia, menurut seorang petinggi Domino’s, penjualan menurun 8,9 persen pada pertengahan kedua 2023. Terutama karena konsumen Malaysia mengaitkannya dengan AS, sekutu dekat Israel. 

Warga Malaysia melakukan serangkaian unjuk rasa menyerukan penghentian perang Israel di Gaza. Kantor Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim pada Desember mengumumkan semua kapal milik, berbendera, dan tujuan Israel dilarang pakai pelabuhan Malaysia. 

‘’Ini terpublikasi dengan baik bahwa mereka Amerika di Asia dan sebagian besar berbicara kasus di Malaysia, terimbas oleh apa yang terjadi di Timur Tengah saat ini,’’ujar Managing Director Domino’s Pizza Enterprises, Don Meij.

McDonald's memicu kegusaran...

McDonald’s

McDonald’s  memicu kegusaran dan kritik khususnya di Timur Tengah saat cabang gerai mereka di Israel memberikan ribuan makanan gratis ke pasukan Israel pada Oktober 2023. Bulan saat Israel melakukan pengeboman lewat udara dan serangan darat ke Gaza. 

Sejak Oktober, masyarakat dunia mengampayekan agar memboikot McDonald’s. Dampak serius terlihat jelas di Timur Tengah di mana lima persen franchise McDonald’s terdaftar di sana. Target pertumbuhan penjualan di Timur Tengah, India, dan Cina meleset. 

Semula ditargetkan 5,5 persen dari Oktober hingga Desember 2023, perusahaan hanya bisa mencapai 0,7 persen. Penjualan yang paling anjlok terjadi di Timur Tengah. Penjualan global McDonald’s pada periode yang sama tumbuh 3,4 persen. Sebelumnya 8,8 persen. 

Gerai McDonald’s di Arab Saudi, Oman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Yordania, Bahrain, dan Turki menegaskan tak berkaitan dengan aksi McDonald’s Israel yang membagikan makanan gratis ke tentara. Mereka juga menghimpun bantuan 3 juta dolar AS untuk Gaza. 

CEO McDonald’s Chris Kempczinski menyatakan pihaknya tak bisa berharap perubahan besar dalam penjualan sepanjang perang di Gaza masih berlangsung. ‘’Ini tragedi kemanusiaan dan saya pikir akan berpengaruh pada seperti merek milik kami.’’

Coca Cola diboikot Liga Arab ....

Starbucks

Pekan lalu, jaringan gerai kopi Starbucks menurunkan target penjualan tahunan mereka setelah ada penurunan tajam. Perusahaan ini kini berharap penjualan setahun penuh secara global maupun di AS tumbuh dari 4 hingga 6 persen. Target sebelumnya, 5-7 persen. 

CEO Starbucks Laxman Narasimhan menyampaikan, pihaknya melihat perubahan drastis kunjungan pelanggan dan penjualan di Timur Tengah terkait perang Gaza. Demikian pula di AS. Pengunjuk rasa mendesak perusahaan berbasis di Seatlle ini untuk menentang Israel. 

Secara terpisah, konsumen di Indonesia memboikot Starbucks dan McDonald’s sejak perang Gaza meletus.  

Persoalan juga muncul setelah serikat pekerja, Starbucks Workers United,  menghimpun ribuan barista di seantero AS dari 360 kafe di AS menunjukkan dukungan pada Palestina melalui akun X, beberapa hari setelah perang Gaza meletus. Postingan itu dihapus sejam kemudian.  

Starbucks menggugat serikat pekerjanya sendiri di pengadilan Iowa karena penyalahgunaan logo. Mereka diminta tak menggunakan nama dan logo Starbucks. Manajemen Starbucks menyatakan postingan dukungan pada Hamas merusak reputasi mereka. 

Mereka juga mengeklaim menerima lebih dari 1.000 telepon yang mengeluhkan aksi serikat pekerja itu. Selain itu, sejumlah gerak kopi Starbucks menjadi sasaran vandalisme. Serikat pekerja kemudian menggugat balik. 

Mereka meminta pengadilan federal di Pennsylvania memutuskan agar logo Starbucks tetap bisa digunak dalam aktivitasnya. Mereka menuding Starbucks mencemarkan nama baik. 

 

Coca-Cola

Pabrik minuman berkarbonasi ini sudah lama terjebak dalam konflik di Timur Tengah. Dari 1967 hingga 1991, mereka diboikot oleh Liga Arab karena membangun pabrik botol minumannya di Israel. Saat ini, Coca Cola juga masuk dalam daftar boikot yang beredar luas di media sosial. 

Meski tak tampak jelas saat ini, afiliasi masa lalu Coca Cola dengan Israel serta reputasinya sebagai perusahaan Amerika cukup untuk melihat hubungannya dengan Israel. Amerika selama ini merupakan sekutu dekat Israel. 

Pada November 2023, parlemen Turki sepakat untuk mengenyahkan minuman ringan itu dari rak-rak toko dan restoran. Distributor Coa Cola di Turki melaporkan, penjualan pada kuartal terakhir 2023 mengalami penurunan 22 persen. 

Sedangkan di Mesir, boikot terhadap Coca Cola dan produk minuman ringan Amerika lainnya menjadi berkah bagi merek minuman soda yang telah berumur seratus tahun, Spiro Spathis. Alhasil, penjualan mereka naik tajam. 

 
Berita Terpopuler