Berapa Usia Setiap Profesor Saat Harry Potter Cs Bersekolah di Hogwarts?

Orang-orang di Dunia Sihir jauh lebih tua daripada kelihatannya.

Warner Bros Pictures
Film Harry Potter
Rep: Rahma Sulistya   Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seri film Harry Potter memiliki sejumlah besar karakter, dan beberapa di antaranya yang paling penting adalah para profesor Hogwarts. Karakter-karakter ini tidak hanya mengajari Harry sebagian besar pengetahuannya tentang sihir, tetapi mereka juga menjadi mentor, figur orang tua, dan pada akhirnya, sekutu melawan kekuasaan gelap Lord Voldemort.

Baca Juga

Namun, banyak orang mungkin bertanya-tanya berapa usia sebenarnya karakter-karakter tersebut karena di buku jarang dibicarakan. Orang-orang di Dunia Sihir jauh lebih tua daripada kelihatannya, karena orang-orang ajaib itu hidup lebih lama.

Albus Dumbledore, misalnya, meninggal ketika dia berusia 115 tahun, usia yang relatif muda untuk seorang penyihir. Lalu Nicholas Flamel dan istrinya hidup lebih dari 600 tahun berkat Batu Bertuah, tapi penyihir biasa bisa hidup antara 150 hingga 200 tahun.

Trolley Lady, misalnya, berusia sekitar 190 tahun. Namun salah satu alasan mengapa staf Hogwarts begitu terampil adalah karena mereka memiliki pengalaman puluhan tahun yang mendukung mereka dan masih banyak lagi yang akan datang.

1. Cuthbert Binns 

Profesor Cuthbert Binns bisa dibilang adalah guru Harry yang paling membosankan di Hogwarts. Binns adalah hantu dengan suara monoton dan penjelasan panjang lebar tentang sejarah sihir, sehingga mata pelajarannya menjadi salah satu yang paling tidak disukai di sekolah.

Profesor Binns meninggal karena usia tua setelah mengajar selama beberapa tahun. Namun, alih-alih pindah ke akhirat, dia terus mengajar di kelasnya seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Hanya ada sedikit detail tentang kehidupan Binn, sehingga usianya tidak jelas. Tetap saja, dia sudah sangat tua ketika meninggal, dan penyihir memiliki harapan hidup lebih lama daripada Muggle. Dalam kasus Binns, usianya bisa mencapai 150 tahun saat meninggal. 

Beberapa penggemar percaya bahwa dia hidup pada abad ke-19 karena buku yang dia gunakan untuk mengajar di kelas, A History of Magic, ditulis oleh Bathilda Bagshot, yang lahir pada 1873. Dia tidak mungkin lebih tua dari Bathilda, namun tidak ada keraguan bahwa Binns adalah profesor tertua di Hogwarts.

2. Albus Dumbledore

Meskipun Albus Dumbledore adalah salah satu penyihir paling cerdas, berbakat, dan bijaksana di generasinya, dia memutuskan untuk mengabdikan hidupnya untuk pendidikan daripada mengejar kejayaan dan ketenaran. Dumbledore adalah profesor Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam selama bertahun-tahun.

Aktor Michael Gambon ketika berperan sebagai Dumbledore di film Harry Potter. - (Dok. Warner Bros)
 

Ia juga menjadi Kepala Departemen Transfigurasi dan, akhirnya, menjadi Kepala Sekolah Hogwarts. Albus Dumbledore lahir pada Agustus 1881 dan dibunuh oleh Severus Snape pada 30 Juni 1997, ketika dia hampir berusia 116 tahun, yang tidak terlalu tua untuk seorang penyihir.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

 

3. Minerva McGonagall

Seperti kebanyakan profesor Hogwarts, pengetahuan Harry Potter tidak menyebutkan tahun lahir Minerva McGonagall. Namun, McGonagall bekerja selama dua tahun di Kementerian Sihir setelah lulus dari Hogwarts. Ketika dia berusia sekitar 20 tahun, dia mulai bekerja di sekolah sihir bersama Albus Dumbledore, yang saat itu menjabat sebagai Kepala Departemen Transfigurasi.

Minerva mengajar Newt Scamander, yang lahir pada 1897 dan mulai bersekolah di Hogwarts pada 1908. McGonagall adalah guru Scamander, yang berarti McGonagall sudah mengajar pada 1910.

Profesor Minerva McGonagall di film Harry Potter - (Harry Potter Wiki)
 

Terlebih lagi, Dumbledore lulus dari Hogwarts pada 1899 dan kemudian menghabiskan beberapa tahun bepergian dan melakukan penelitian sebelum menjadi profesor. Jadi, kemungkinan besar McGonagall mulai mengajar di Hogwarts antara tahun 1905 dan 1910.

Ini berarti McGonagall mungkin lahir antara tahun 1880 dan 1890. Oleh karena itu, McGonagall berusia sekitar 100 tahun ketika Harry pertama kali bertemu dengannya, dan dia pasti berusia sekitar 130 tahun saat ini.

4. Pomona Sprout

Pomona Sprout adalah guru Herbologi Hogwarts dan Kepala asrama Hufflepuff. Meskipun tidak ada informasi apa pun tentang tahun lahir Sprout, di dalam buku, dia digambarkan memiliki rambut beruban, fitur yang juga digambarkan di film. Terlebih lagi, pada 2020, dia pensiun dari mengajar, kemungkinan besar karena usia tua. Ini berarti ketika dia mengajar Harry dan teman-temannya, dia sudah menjadi wanita yang lebih tua.

Lebih penting lagi, McGonagall dan Sprout memiliki perbedaan dua tahun, dan mereka bahkan bersekolah di Hogwarts pada waktu yang sama. Artinya Pomona kira-kira seumuran dengan Minerva. Karena Minerva mungkin berusia sekitar 100 tahun pada tahun 1991, Pomona mungkin berusia hampir sama, yang berarti dia berusia sekitar 130 tahun saat ini.

5. Rolanda Hooch 

Rolanda Hooch lebih dikenal sebagai Madam Hooch, adalah instruktur terbang di Hogwarts. Dia juga bertugas menjadi wasit pertandingan Quidditch, memelihara peralatan, dan memastikan bahwa semua Tim Asrama Quidditch berlatih dengan aman. Tidak ada informasi tentang ulang tahun Madam Hooch, tetapi penggemar berspekulasi bahwa dia lahir sekitar tahun 1900.

Madam Hooch terlihat oleh seorang Muggle yang sedang menerbangkan sapunya selama Perang Besar, yang terjadi antara tahun 1914 dan 1918. Hooch setidaknya sudah remaja pada saat itu, yang menegaskan bahwa dia mungkin lahir sekitar tahun 1900. Ini berarti bahwa Hooch adalah seorang Muggle berusia sekitar 90 tahun ketika Harry pertama kali bertemu dengannya, dan pasti berusia sekitar 120 tahun saat ini.

6. Rubeus Hagrid adalah salah satu guru termuda

Hagrid adalah salah satu profesor yang paling dicintai di Hogwarts, meskipun hasratnya adalah memperkenalkan makhluk paling berbahaya ke dalam kelasnya. Raksasa ramah ini lahir pada 1928, jadi ketika Harry bertemu dengannya, dia sudah berusia 63 tahun. Saat ini, Hagrid akan berusia 95 tahun. 

Meski begitu, dia tidak setua profesor Hogwarts lainnya karena kebanyakan dari mereka berusia sekitar 100 tahun ketika Harry pertama kali tiba di Hogwarts. Oleh karena itu, ia mungkin menjadi salah satu guru termuda yang pernah mengajar di sekolah tersebut.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

 

7. Filius Flitwick

Profesor Mantra, Filius Flitwick, sama menawannya dengan subjek pelajarannya. Dia adalah seorang profesor ramah yang tidak pernah meninggalkan terlalu banyak pekerjaan rumah tetapi selalu bersedia membantu. Meski Flitwick diketahui lahir pada 17 Oktober, namun buku dan film tidak merinci usia pastinya.

Satu-satunya petunjuk yang dimiliki penggemar Potter adalah bahwa Flitwick mengawasi salah satu ujian yang diambil para Perampok di tahun kelima mereka di Hogwarts, yang berarti Flitwick sudah menjadi Profesor pada 1975.

Dengan mempertimbangkan hal itu, Flitwick kemungkinan besar lahir pada 1958 atau sebelumnya. Karena dia menjadi juara duelist setelah lulus dari Hogwarts dan usia penyihir sangat lambat, kemungkinan besar dia lahir jauh sebelum 1958. Flitwick setidaknya berusia 33 tahun ketika Harry bertemu dengannya, tapi dia mungkin sudah berusia 50-an sekarang.

8. Severus Snape

Sementara Severus Snape selalu ingin mengajar Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam, Dumbledore berpikir itu terlalu dekat dengan hasrat rahasia Snape dalam mempelajari ilmu hitam daripada membela diri dari ilmu hitam. Karena itu, Snape menghabiskan sebagian besar hidupnya mengajar Ramuan sambil menjadi Kepala Asrama Slytherin.

Alan Rickman saat berperan sebagai Profesor Snape di film Harry Potter - (bbcamerica.com)
 

Namun, pada tahun keenam Harry di Hogwarts, Snape akhirnya mengajar pelajaran itu, dan di bawah pemerintahan Voldemort, Snape juga menjadi Kepala Sekolah Hogwarts.

Severus Snape bersekolah di Hogwarts pada waktu yang sama dengan para Perampok, dan sama seperti mereka, dia lahir pada 1960, jadi dia relatif muda dibandingkan dengan rekan-rekannya. Snape meninggal ketika dia baru berusia 38 tahun, ketika Voldemort memutuskan untuk membunuhnya, yang secara keliru mempercayai Snape sebagai penguasa Tongkat Elder.

9. Sybill Trelawney

Meskipun keterampilan ramalan Sybill Trelawney tidak terkendali, dia mengalami dua peristiwa penting dalam serial Harry Potter. Dia bertanggung jawab atas ramalan yang mengikat nasib Harry dan Lord Voldemort, serta meramalkan bahwa Peter Pettigrew akan melarikan diri selama Harry Potter and The Prisoner of Azkaban.

Karena tidak ada gambaran fisik Trelawney yang memberikan usianya atau informasi apa pun tentang tahun kelahirannya, sulit untuk mengetahui secara pasti berapa usianya. Namun, ia memberikan kesan sebagai wanita paruh baya karena pengalamannya dalam mengajar. 

Sekitar tahun 1979 atau 1980, Sybill Trelawney bertemu Albus Dumbledore untuk wawancara kerja. Ini berarti Trelawney setidaknya berusia 18 tahun pada saat itu, tapi kecil kemungkinannya Dumbledore akan mempekerjakan seseorang semuda itu. Ini berarti Trelawney pasti lahir pada paruh pertama abad ke-20.

10. Remus Lupin

Lupin adalah profesor termuda yang pernah mengajar Harry di Hogwarts. Remus Lupin juga salah satu pengajar Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam terbaik yang pernah dimiliki Harry selama berada di sekolah, bahkan ketika berhadapan dengan manusia serigala secara rahasia.

Terlebih lagi, Lupin juga merupakan teman dekat ayah Harry, dan dia terus tampil dalam seri film ini sebagai salah satu anggota Order of the Phoenix. Sayangnya, Remus dibunuh oleh Antonin Dolohov selama Pertempuran Hogwarts. Ketika dia meninggal pada 2 Mei 1998, dia berusia 38 tahun pada saat kematiannya.

 

 

 

 
Berita Terpopuler