Tujuh Kiat Mengatasi Persoalan Freezing pada Mac dan MacBook

Freezing merupakan kondisi ketika komputer atau laptop menjadi tidak responsif.

Dok Apple
Ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemunculan masalah freezing pada produk Mac dan Macbook.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produk desktop Mac dan laptop MacBook dari Apple terkenal dengan kestabilan dan kelancarannya saat dioperasikan. Namun, bukan berarti Mac dan MacBook benar-benar terbebas dari masalah. Salah satu contohnya adalah masalah freezing.

Baca Juga

Secara umum, freezing merupakan kondisi ketika komputer atau laptop menjadi tidak responsif. Masalah ini bisa sangat mengganggu kinerja para pengguna laptop atau komputer.

Pada produk Mac dan MacBook, ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya freezing. Sebagian di antaranya adalah usia perangkat keras atau hardware yang semakin bertambah tua, prosesor yang overload, hingga membuka terlalu banyak aplikasi. Dalam skenario terburuk, malware juga bisa menjadi pemicu masalah freezing.

Kabar baiknya, ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemunculan masalah freezing pada produk Mac dan Macbook. Ketujuh kiat ini bisa dilakukan untuk beragam variasi MacBook, Mac Mini, iMac, hingga Mac Studio. Berikut ini adalah tujuh solusi tersebut, seperti dilansir GizChina pada Jumat (2/2/2024).

1. Force Quit

Ketika freezing terjadi, coba cek ada atau tidaknya aplikasi yang menjadi tidak responsif. Bila freezing disebabkan oleh aplikasi yang tidak responsif, solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan force quit.

Untuk melakukannya, gunakan shortcut Ctrl+Click pada ikon aplikasi di Dock. Selanjutnya, arahkan pointer ke tombol Quit dan tahan Option hingga Quit berubah menjadi Force Quite. Setelah itu, klik opsi Force Quit.

Alternatif lainnya adalah dengan menekan Opt+Cmd+Esc untuk membuka jendela Force Quit. Setelah itu, pilih aplikasi yang tidak responsif dan klik Force Quit.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

2. System Management Controller

Ada kalanya, Mac dan MacBook mengalami freezing karena System Management Controller (SMC) perlu direset. Untuk pengguna MacBook yang tidak memiliki chip keamanan T2, hal yang bisa dilakukan adalah mematikan laptop dengan cara menekan Shift+Ctrl+Opt bersamaan dengan tombol Power selama sekitar 10 detik. Setelah itu, nyalakan laptop kembali dengan menekan tombol Power.

Untuk pengguna komputer Mac tanpa chip T2, langkah yang dapat dilakukan adalah mematikan komputer dengan mencabut sumber listrik. Tunggu sekitar 15 menit sebelum kembali memasang sambungan listrik dan nyalakan kembali komputer.

Proses yang berbeda perlu dilakukan pada produk Mac dengan chip T2. Pada produk ini, tekan tombol Power dan tahan selama 10 detik. Setelah itu, angkat jari dari tombol dan tunggu selama beberapa detik. Selanjutnya, tekan kembali tombol Power untuk menyalakan Mac.

3. PRAM/NVRAM

PRAM dan NVRAM adalah bagian kecil dari memori pada Mac yang berfungsi menyimpan pengaturan tertentu pada komputer. Freezing pada Mac bisa disebabkan oleh adanya error pada PRAM atau NVRAM.

Untuk melakukan reset terhadap PRAM atau NVRAM, matikan Mac terlebih dahulu. Setelah itu, nyalakan kembali Mac lalu segera tekan tombol Opt+Cmd+P+R selama sekitar 20 detik. Mac akan secara otomatis melakukan restart tapi tetap tahan semua tombol tersebut selama 20 detik.

Angkat tekanan dari tombol setelah Mac mulai mengeluarkan suara startup. Pada Mac dengan chip T2, tombol-tombol tersebut bisa diangkat setelah logo Apple muncul dan menghilang pada layar.

4. Safe Mode

Melakukan boot pada komputer Mac hingga masuk ke safe mode juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi freezing. Untuk memulai safe mode, matikan Mac terlebih dahulu, nyalakan kembali, lalu segera tekan dan tahan tombol Shift. Lepaskan tombol Shift setelah muncul jendela login.

Selanjutnya, reboot Mac dengan menggunakan prosedur normal. Bila setelah itu Mac bisa digunakan, maka safe mode sudah berhasil mengatasi masalah. Bila freezing tetap berlanjut, kemungkinan ada masalah lain yang perlu diatasi.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

5. Tes Diagnostik

Terkadang, freezing disebabkan oleh masalah perangkat keras. Untuk mengetahuinya, pengguna Mac bisa menggunakan Apple Diagnostic Test.

Untuk melakukan ini, cabut semua perangkat eksternal yang terhubung ke komputer kecuali keyboard, mouse, layar, koneksi Ethernet, dan kabel power. Pastikan Mac berada di permukaan yang datar, solit, dan berventilasi baik, lalu matikan Mac.

Setelah itu, Nyalakan Mac dan segera tekan dan tahan tombol D. Tahan tombol tersebut sampai muncul pilihan opsi bahasa. Pilih bahasa yang diinginkan dan tunggu sampai tes diagnostik dilakukan selama beberapa menit. Bila tes ini menemukan adanya masalah, sistem juga akan memberikan beberapa opsi solusi potensial.

6. Kosongkan Baterai dan Lakukan Pemeriksaan

Bila semua cara sudah dilakukan namun tak memberikan hasil, biarkan laptop MacBook terus menyala sampai kehabisan daya. Setelah itu, sambungkan kabel pengisi daya, tunggu beberapa menit, dan nyalakan laptop kembali.

Selain itu, coba periksa fisik laptop. Kerusakan seperti ini juga bisa membuat laptop tak bekerja secara baik.

7. Layanan Perbaikan

 

Bila semua cara tak memberikan hasil, langkah yang bisa dilakukan adalah membawa Mac atau MacBook ke layanan perbaikan resmi atau Authorized Repair Service. Opsi lainnya adalah membawa produk yang bermasalah dengan freezing ke Apple Store. Di sana, akan ada teknisi profesional dengan kualifikasi mumpuni yang bisa membantu mengatasi masalah tersebut. 

 
Berita Terpopuler