Apa Itu Blog? Ini Pengertian dan Struktur Halaman Blog

Berselancar di dunia maya untuk mencari informasi tidak terlepas dari peran blog.

dok istimewa
Mamfaat membuat blog.
Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID,  Apa itu blog? Pada zaman sekarang ini, istilah blog mungkin tidak seasing zaman dahulu. Hampir semua pengguna smartphone tentu pernah mengakses sebuah blog untuk mendapatkan informasi. 

Seorang pemilik blog atau blogger biasa membagikan konten secara rutin sekaligus memberikan pandangannya kepada penikmat konten tersebut. Selain untuk tujuan pribadi, blog juga bisa digunakan oleh pebisnis untuk mempromosikan produk.

Apa Itu Blog?

Pengertian blog. - (dok istimewa)

Blog adalah situs web yang digunakan untuk menyimpan konten dari berbagai tema mulai dari ekonomi, teknologi, wisata, bisnis, kuliner, fashion, pendidikan, dan masih banyak lagi. Di halaman blog biasanya tersusun urutan konten tersebut dibuat dari yang terbaru.

Jorn Barger adalah orang yang pertama kali menggunakan istilah blog pada Desember 1997. Jorn Barger menggunakan kata blog untuk menggambarkan kelompok website yang dimiliki atas nama pribadi dan selalu diperbarui secara rutin.

Di dalam blog biasanya berisi link menuju website lain yang memudahkan audiens untuk mendapatkan konten yang dibutuhkan. Jadi, berdasarkan penjelasan di atas bahwa apa itu blog adalah kumpulan konten pribadi yang membuat seorang blogger menjadi mudah dikenali.

Struktur halaman pada blog

Struktur halaman blog. - (dok istimewa)

Tampilan blog setiap individu berbeda-beda, tergantung dari keinginan blogger akan menggunakan tema seperti apa. Namun secara umum, di bawah ini ada struktur halaman yang biasa terdapat dalam blog.

1. Header

Header adalah struktur halaman paling atas dari sebuah blog yang berfungsi untuk menampilkan logo, menu, dan fitur pencarian. Melalui header ini dapat menggambarkan identitas seorang blogger dan konten apa saja yang disediakan oleh blogger.

2. Content 

Content blog. - (dok istimewa)

Struktur berikutnya adalah konten yang termasuk bagian utama dari blog. Posisi fitur konten ada di bagian tengah blog. Penempatan konten sangat mempengaruhi fokus audiens.

Karena itu, seorang blogger perlu memerhatikan pemilihan tema agar konten mudah dibaca. Pemilihan warna tema sangat memengaruhi konten yang ditampilkan apakah jelas terlihat atau tidak.

Dalam satu halaman, terdapat 5 sampai 7 konten terbaru yang ditampilkan. Postingan tersebut diurutkan ke postingan terbaru dan terlama. Bahkan pada fitur konten juga menampilkan sedikit isi tulisan yang dibuat.

3. Sidebar

Sesuai penjelasan di atas bahwa apa itu blog adalah media yang menampilkan konten milik blogger termasuk postingan terbaru atau postingan terakhir. Bagian tersebut terletak di fitur sidebar yang juga menampilkan komentar terakhir dari pembaca.

Pada sidebar, seorang blogger juga jadi tahu mana postingan yang seringkali dilihat. Anda sebagai pemilik blog bisa menyesuaikan bagian sidebar dengan keinginan. Misalnya dengan menambahkan fitur lainnya.

4. Footer

Kalau ada header berarti juga ada bagian footer yang berada di paling bawah halaman sebuah blog. Berbeda dengan header yang memuat identitas blog, pada footer tidak terlalu banyak informasi yang ditampilkan.

Biasanya hanya memuat informasi berupa tahun pembuatan blog, sitemap, dan halaman untuk berlangganan. Bahkan beberapa pemilik blog juga menambahkan fitur terjemahan untuk memudahkan para pembaca asing.

Manfaat membuat blog

 

Mamfaat membuat blog. - (dok istimewa)

Bukan tanpa alasan seseorang memutuskan untuk membuat blog karena memang memiliki banyak manfaat. Seseorang yang menulis blog bisa menambah produktivitas karena akan menghasilkan konten yang berkualitas. Berikut ini beberapa manfaat dari membuat blog.

1. Mencoba Hal Baru

Mengembangkan blog bukanlah hal mudah karena ada banyak hal baru yang harus dipelajari oleh seorang blogger.

2. Menunjukkan Bakat

Mamfaat membuat blog. - (dok istimewa)

Kalau Anda adalah orang yang gemar membaca dan menulis, tidak ada salahnya untuk mengembangkan bakat dari membuat blog. Blog pribadi adalah ruang untuk menuangkan berbagai isi pikiran dalam bentuk konten.

3. Menambah Pendapatan

Mamfaat membuat blog. - (dok istimewa)

Bukan tidak mungkin Anda bisa menghasilkan uang dari menulis blog seperti yang dilakukan oleh blogger lainnya. Anda bisa meraup banyak keuntungan dari iklan, bekerja sama dengan membuat konten, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa bekerja sama dengan jasa kelola website untuk membantu mengurus blog agar bisa cepat menghasilkan.

4. Menambah Jaringan

Terakhir adalah untuk menambah jaringan karena Anda bisa berkenalan dengan para blogger di luar sana. Anda juga bisa mendapatkan ilmu baru dari para blogger yang sudah senior.

Apa itu blog? Blog adalah media yang bisa menghasilkan pendapatan kalau Anda rutin membuat konten berkualitas. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola blog agar tampak profesional bisa klik di sini.

 

Mamfaat membuat blog. - (dok istimewa)
Mamfaat membuat blog. - (dok istimewa)

 
Berita Terpopuler