Teknik Grounding Bantu Redakan Stres dan Cemas, Seperti Apa Caranya?

Teknik grounding membuat pelakunya lebih mudah atasi stres dan kecemasan.

Pixabay
Perempuan stres (Ilustrasi). Lakukan teknik grounding untuk mengatasi stres dan kecemasan.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang, hidup membuat seseorang stres, cemas, panik, bingung, atau kewalahan. Kapan pun hal ini terjadi, coba lakukan teknik grounding untuk terhubung kembali dengan diri sendiri dan kembali ke momen saat ini.

Dikutip dari laman Psychology Today, Rabu (24/1/2024), teknik grounding tidak hanya merujuk pada kaki yang memijak ke Bumi secara harfiah. Akan tetapi, juga melibatkan pikiran yang 'membumi' sehingga seseorang dapat kembali fokus.

Saat seseorang mengalami emosi negatif, naluri alami otak adalah memulai perubahan fisiologis yang dikenal sebagai respons "lawan atau lari". Jika Anda berada pada momen seperti itu, teknik grounding dapat membantu tubuh menenangkan diri.

Teknik "5-4-3-2-1" adalah salah satu cara grounding yang paling umum, melibatkan kelima indra. Caranya, lihat lima hal di sekeliling dan sebutkan, kemudian sentuh empat hal yang ada di sekeliling, dan dengarkan tiga hal yang ada di sekitar dan ucapkan.

Berikutnya, cium aroma dua hal di sekeliling dan cecaplah satu hal dan sebutkan bagaimana rasanya. Setiap kali merasa cemas atau berlebihan memikirkan suatu masalah, cobalah teknik 5-4-3-2-1 untuk lebih fokus pada kesadaran sini-kini.

Baca Juga

Teknik dasar grounding lainnya adalah melakukan latihan meditasi. Meditasi telah terbukti mengurangi stres, membuat seseorang lebih tenang, meningkatkan kebahagiaan, bahkan mengurangi gejala gangguan stres pascatrauma.

Banyak profesional klinis juga menggunakan latihan pernapasan untuk membantu pasien hadir pada momen saat ini. Berfokus pada pernapasan adalah alat yang hebat untuk mengurangi stres dan kecemasan, juga membantu melepaskan diri dari pikiran-pikiran yang mengganggu. Lakukan sebelum tidur, saat terjaga di pagi hari, atau sebelum rapat penting.

Pertama, carilah tempat yang nyaman dan tenang untuk duduk atau berbaring. Tarik napas perlahan melalui hidung, dan perhatikan bagaimana dada dan perut mengembang saat mengisi paru-paru. Lalu, embuskan napas perlahan melalui mulut. Lakukan beberapa kali hingga pikiran mulai tenang.

Secara umum, teknik grounding adalah strategi yang dapat menghubungkan kembali diri dengan masa kini. Itu juga dapat membantu mengatasi perasaan cemas, pikiran atau ingatan yang tidak diinginkan, kilas balik, emosi yang menyusahkan, atau disosiasi.

 
Berita Terpopuler