Ketegangan perang Gaza meningkat setelah pembunuhan pemimpin Hamas dan ledakan mematikan di Iran

Perluasan konflik tidak dapat dikesampingkan, ketakutan pun menyebar.

network /Muhammad Subarkah
.
Rep: Muhammad Subarkah Red: Partner

Demonstrasi anti Israel di Iran.

Kekhawatiran bahwa perang Israel di Gaza dapat meluas ke seluruh Timur Tengah meningkat pada Rabu (03/12/2024) setelah dua ledakan menghancurkan kerumunan warga Iran, yang merenggut sedikitnya 103 nyawa menyusul serangan di Lebanon yang menewaskan wakil pemimpin Hamas.

Lebih dari 200 orang lainnya terluka ketika ledakan yang terjadi sekitar 15 menit itu menimpa para pelayat yang memperingati terbunuhnya jenderal Garda Revolusi Qasem Soleimani pada ulang tahun keempat pembunuhannya dalam serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat, media pemerintah Iran melaporkan.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan yang, menurut arsip AFP, merupakan serangan paling mematikan di negara itu sejak pembakaran tahun 1978 yang menewaskan sedikitnya 377 orang.

TV milik pemerintah menyebut ledakan itu sebagai “serangan teroris”. Hal ini terjadi ketika ketegangan regional sudah meningkat sehari setelah serangan di Beirut yang menewaskan orang nomor dua Hamas, Saleh al-Aruri.

Seorang pejabat AS pada hari Rabu mengatakan kepada AFP bahwa "serangan Israel" merenggut nyawa Aruri, tokoh paling terkenal yang terbunuh selama hampir tiga bulan Israel berperang dengan Hamas di Jalur Gaza.

Menyusul serangan Beirut yang tidak diklaim pada hari Selasa, juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan militer "sangat siap menghadapi skenario apa pun". Dia tidak mengomentari secara langsung pembunuhan Aruri, yang menurut Hamas akan dimakamkan pada hari Kamis di kamp pengungsi Palestina Shatila di Beirut.


Israel dan Iran telah lama menjadi musuh bebuyutan. Kekerasan yang melibatkan kelompok-kelompok yang didukung Iran di Lebanon, Irak, Suriah dan Yaman telah meningkat selama perang Gaza yang dipicu oleh serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tanggal 7 Oktober oleh kelompok militan Palestina Hamas di Israel selatan.

Telah terjadi berulang kali baku tembak mematikan di perbatasan Lebanon-Israel, serangan terhadap kapal di wilayah Laut Merah yang penting bagi perdagangan global, dan serangan terhadap pasukan koalisi pimpinan AS di Irak dan Suriah.

Peperangan yang lebih intens dan lebih luas sejauh ini dapat dihindari, namun ledakan di Iran mengguncang pasar global, menyebabkan harga minyak naik lebih dari tiga persen.

Menyusul pembunuhan Aruri, Jerman memperingatkan warganya untuk segera meninggalkan Lebanon dan mengatakan, "situasi yang semakin memburuk dan perluasan konflik tidak dapat dikesampingkan".


Kebakaran lintas batas

Perang Gaza paling berdarah yang pernah terjadi dimulai setelah serangan Hamas terhadap Israel yang mengakibatkan kematian sekitar 1.140 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Militan menyandera sekitar 250 orang kembali ke Gaza yang dikuasai Hamas, 129 di antaranya masih disandera, menurut Israel.

Menanggapi serangan paling mematikan dalam sejarahnya, Israel bersumpah untuk menghancurkan Hamas, melancarkan pemboman tanpa henti dan invasi darat yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza dan merenggut sedikitnya 22.313 nyawa, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut.

Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan 1,9 juta warga Gaza mengungsi, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan risiko kelaparan dan penyakit, dengan jumlah bantuan yang masuk hanya sedikit.

Setelah pembunuhan Aruri pada hari Selasa, kelompok bersenjata Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon menyalahkan musuhnya Israel atas serangan di kubu Muslim Syiah di Beirut selatan.

Meskipun Israel tidak mengklaim pembunuhan tersebut, sumber-sumber keamanan Hamas dan Lebanon menuduh Israel membunuh Aruri, 57, seorang pendiri sayap militer Hamas.

Hizbullah bersumpah pembunuhan Aruri dan enam anggota Hamas lainnya tidak akan dibiarkan begitu saja, dan menyebutnya sebagai “serangan serius terhadap Lebanon dan perkembangan yang berbahaya”.

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah memperingatkan Israel agar tidak melakukan perang habis-habisan terhadap negara di utaranya. Namun dalam pidatonya di televisi ia juga mengatakan Israel telah mengirimkan "pesan" bahwa mereka "menyelesaikan masalah" dengan para pemimpin Hamas dan tidak bermaksud menargetkan Lebanon atau Hizbullah.

Selama perang Israel-Hamas, termasuk pada hari Rabu, Israel sering melancarkan serangan lintas perbatasan dengan militan, terutama sekutu Hamas, Hizbullah.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan serangan di Beirut membuktikan Israel “belum mencapai tujuan apa pun”.

Beberapa jam setelah pernyataan tersebut, ledakan di kampung halaman Soleimani di Kerman, Iran, mengoyak kerumunan orang yang berkumpul untuk menghormati Soleimani, komandan yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak di Baghdad pada tahun 2020 oleh sekutu utama Israel, AS.

Soleimani memimpin Pasukan Quds, cabang operasi luar negeri Korps Garda Revolusi Islam Iran, dan menetapkan agenda politik dan militer Iran di seluruh wilayah.

Iran menyatakan Kamis sebagai hari berkabung. Pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei menyalahkan "musuh jahat dan kriminal bangsa Iran" dan berkata: "Bencana ini akan mendapat tanggapan yang keras, Insya Allah."

Menyusul ledakan tersebut, Presiden Ebrahim Raisi membatalkan kunjungannya ke Turki pada Kamis.

Arab Saudi, yang tahun lalu berdamai dengan Iran setelah perpecahan diplomatik selama tujuh tahun, menyatakan “belasungkawa yang tulus, simpati dan solidaritas dengan Iran atas peristiwa yang menyakitkan ini”.

Washington juga menyatakan simpatinya “kepada para korban dan orang-orang yang mereka cintai,” sambil menyebut “konyol” setiap dugaan keterlibatan AS.

“Kami tidak punya alasan untuk percaya bahwa Israel terlibat dalam ledakan ini,” tambah juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller.

Juru bicara militer Israel Hagari tidak berkomentar ketika ditanya tentang ledakan di Iran. “Kami siap di semua lini,” katanya.


Menyelesaikan skor

Israel telah bersumpah untuk membunuh para komandan gerakan Islam Hamas, yang dianggap sebagai kelompok “teroris” oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Pimpinan Mossad, David Barnea, mengatakan agen mata-mata Israel "berkomitmen untuk menyelesaikan masalah dengan para pembunuh" yang melakukan serangan 7 Oktober, dan dengan kepemimpinan Hamas.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell memperingatkan serangan yang menewaskan Aruri adalah “faktor tambahan yang dapat menyebabkan eskalasi konflik”.

Di Tepi Barat yang diduduki Israel, wilayah Palestina tempat Aruri dilahirkan, Otoritas Palestina menyerukan pemogokan umum untuk berduka atas kematiannya.

Selama perang Israel-Hamas, kekerasan di Tepi Barat telah melonjak ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hampir dua dekade, dengan setidaknya 321 warga Palestina dibunuh oleh pasukan atau pemukim Israel, kata Kementerian Kesehatan Palestina.

Pada sebuah protes di Ramallah pada hari Rabu menentang pembunuhan Aruri, seorang warga, Hala Abu Gharbiyeh, mengatakan kematiannya tidak akan mempengaruhi “perlawanan.”

“Orang-orang ini membawa pesan kebebasan abadi sampai pendudukan dikalahkan. Pesan tersebut tidak bisa berhenti jika pemimpinnya mati syahid,” katanya sambil memegang bendera Palestina.

Di kota Nahariya, pesisir utara Israel, dekat perbatasan dengan Lebanon, banyak orang membawa senjata. Warga mengaku khawatir pembunuhan Aruri dapat memicu perang di wilayah mereka.

“Kami takut,” kata pemilik toko pakaian Lee Zorviv.

 
Berita Terpopuler