Pakai iPhone Baru? Aktifkan Tiga Pengaturan iOS Ini untuk Pemakaian Optimal

Sistem operasi iOS 17 menawarkan banyak hal dibanding konfigurasi.

Republika/ Yogi Ardhi
Telkomsel menghadirkan paket bundling untuk seluruh lineup iPhone 15 dan 15 Pro bagi pelanggannya
Rep: Shelbi Asrianti Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang menyambut pergantian tahun dengan membeli ponsel baru atau memperbarui seri yang paling canggih. Bagi yang baru membeli ponsel iPhone, sangat disarankan mengaktifkan pengaturan tertentu di iOs supaya pemakaian ponsel optimal.

Baca Juga

Dikutip dari laman Tech Radar, Selasa (26/12/2023), sistem operasi iOS 17 menawarkan banyak hal dibanding konfigurasi sistem operasi standar lainnya. Karena itu, pengguna dianjurkan segera mengaktifkan tiga fitur berikut agar fungsi iPhone lebih efisien. 

1. Mempercepat Haptic Touch

Versi terbaru iOS 17 menghadirkan opsi aksesibilitas yang bisa membuat iPhone jauh lebih responsif. Fitur itu bernama Haptic Touch, sistem di balik getaran ponsel saat pengguna menekan lama ikon aplikasi, gambar, obrolan pesan, email, dan sebagainya. 

Haptic Touch sebenarnya sudah ada sejak iPhone XR, tetapi di iOS 17, fitur ini dapat disesuaikan untuk memberikan umpan balik yang lebih cepat dari sebelumnya. Caranya, buka menu "Accesibility" di "Setting", pilih "Touch", "Haptic Touch", lalu "Fast".

Pengaturan ini diperlukan sebab durasi sentuhan akan otomatis disetel ke mode bawaan atau default setelah iOS 17 diunduh. Apple juga menyertakan ikon pengujian praktis di bawah opsi ini, sehingga pengguna dapat mengetahui perbedaan waktu respons.

2. Tutup tab Safari yang terbuka secara otomatis

Pengguna iPhone telah lama memperdebatkan apakah perlu menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk meningkatkan kinerja dan menghemat masa pakai baterai. Apple mengatakan bahwa itu tidak perlu, kecuali aplikasi benar-benar tidak responsif.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

Namun, ada pengguna yang yakin bahwa kondisinya sedikit berbeda ketika membuka tab browser. Banyak pengguna iPhone membiarkan terlalu banyak tab terbuka dalam satu waktu di aplikasi Safari, membuat browser menjadi lamban dan pemakaian ponsel tak optimal.

Untuk membantu menghindari ini, atur ponsel agar mengizinkan menutup tab Safari yang terbuka secara otomatis setelah jangka waktu yang dipilih. Caranya, masuk ke "Setting", pilih halaman opsi "Safari", gulir ke bawah, dan pilih menu "Close Tab".  

Secara default, opsi ini diatur ke manual. Artinya, bawaan iPhone mengharuskan pengguna menghapus tab Safari yang terbuka secara manual. Namun, dengan memilih menu tadi, pengguna dapat menutup tab yang terbuka secara otomatis setelah beberapa waktu.

3. Aktifkan Express Mode 

Secara teknis, fitur ini seharusnya sudah diaktifkan secara default di iPhone baru. Namun, ada laporan dari cukup banyak orang yang kerepotan mengaktifkan dan menyetujui pembayaran nirsentuh secara manual setiap pagi, yang artinya Express Mode tak berjalan.

Express Mode merupakan fitur pintasan yang memungkinkan pengguna mengakses kartu, kunci, dan pass tertentu di Apple Wallet tanpa perlu membuka lock screen iPhone dengan Face ID, Touch ID, atau kode sandi. Karena sangat memudahkan, pastikan fitur ini diaktifkan. 

Caranya, buka aplikasi "Wallet", lalu pilih kartu yang ingin digunakan untuk pembayaran sehari-hari. Ketuk tombol tiga titik di sudut kanan atas, lalu pilih "Detail Kartu". Dari sana, cukup masuk ke "Express Travel Setting" dan sesuaikan dengan kartu yang tadi dipilih.

Setelah fitur itu aktif, transaksi apa pun akan lebih mudah dilakukan di iPhone. Keunggulan lain, Express Mode tetap bisa berfungsi saat iPhone kehabisan daya. Hingga lima jam setelah ponsel mati, pengguna masih dapat masuk dan keluar dari sistem tersebut.

 

 

 
Berita Terpopuler