Mahfud MD Yakin Undecided Voters Putuskan Dukung Ganjar

Ketum PPP yakin, 99 persen pemilih Jokowi akan balik mendukung capres Ganjar.

REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 sekaligus Menko Polhukam, Mahfud MD.
Rep: Nawir Arsyad Akbar Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD, mengaku yakin pemilih yang belum menentukan pilihannya atau undecided voters akan mendukung Ganjar Pranowo. Khususnya, setelah mendengarkan pandangan Ganjar dalam forum debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Insya Allah (yakin)," ujar Mahfud di depan Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam WIB. Dia menilai, Ganjar sudah menjalankan debat hari ini dengan sangat baik.

Seluruh pernyataan dan jawaban mantan gubernur Jawa Tengah itu sesuai dengan situasi politik Indonesia saat ini. "95 persen dari seluruh persoalan yang ditanyakan kepada paslon 3 saya kira terjawab dengan baik dan persis dengan ketentuan perundang-undangan dan situasi sosial politik," ujar Mahfud.

Sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meyakini tingginya suara untuk pasangan Ganjar-Mahfud jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Namun, penurunan terjadi karena adanya intimidasi terhadap pemilih pasangan nomor urut 3 itu.

"Sebenarnya kalau kita lihat dukungan rakyat sangat kan kuat, hanya memang kita akui banyak intimidasi. Sehingga menyebabkan undecided, bahkan unspoken voters itu juga cukup banyak," ujar Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

Hal tersebut juga berkaca pada banyaknya hasil survei yang berbeda dalam mencerminkan elektabilitas tiga pasangan calon. Namun hasil tersebut tak diambil pusing oleh PDIP, sebab Ganjar-Mahfud tetap akan turun ke masyarakat untuk mendengarkan aspirasinya.

Pemilih Jokowi dukung Ganjar...

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Mardiono mengatakan, Ganjar Pranowo tampil sangat baik dalam debat capres perdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia optimistis, forum tersebut akan menjadi momentum titik balik untuk pasangan nomor urut 3 itu.

Termasuk meraih suara dari kelompok yang belum menentukan pilihannya atau undecided voters. Sebanyak 99 persen pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2014 dan 2019, juga diyakininya berlabuh ke Ganjar-Mahfud MD.

"Yakin, saya yakin, (pemilih Jokowi) bakal balik ke Pak Ganjar. 99 persen, yang 1 persen adalah takdir Allah," ujar Mardiono usai debat di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa malam WIB.

Forum debat capres, jelas Mardiono, telah menunjukkan komitmen Ganjar-Mahfud di bidang hukum, pemerintahan, pemberantasan korupsi, hingga peningkatan pelayanan publik. Pasangan nomor urut 3 itu juga mumpuni, karena rekam jejak keduanya yang lengkap di tingkat eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

"Secara original Pak Ganjar Pranowo telah tampil ya, tanpa dikamuflase dengan apapun. Secara original, itulah Pak Ganjar Pranowo," ujar Mardiono.

Sebelumnya, Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengamini besarnya pemilih loyal Jokowi. Hal tersebut juga akan menjadi bagian dari strategi pihaknya, yang akan menguatkan asosiasi antara Ganjar dengan Jokowi.

"Tentang strategi terutama asosiasi Pak Jokowi ke Mas Ganjar kami pikir itu sesuatu yang perlu kami perkuat ya. Jadi kalau teman-teman melihat visi-misi yang ada di delapan gerak cepat Mas Ganjar," ujar Andi di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Dia menjelaskan, visi dari Ganjar-Mahfud utamanya adalah melanjutkan program dari pemerintahan Jokowi selama 10 tahun. Termasuk, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan menjadi komitmen Ganjar.

Ganjar juga akan dipastikan melanjutkan hilirisasi yang menjadi program unggulan dari pemerintahan Jokowi. Mantan gubernur Jawa Tengah itu juga memastikan melakukan konektivitas maritim yang akan terkait dengan rantai pasok global hilirisasi.

"Sehingga nyambung dengan standar industri 5.0 yang ada di dunia itu yang kami sampaikan di visi-misi, sehingga kami sebetulnya yakin bahwa nanti publik menilai tentang sosok Mas Ganjar ini adalah blusukan plus," ujar Andi.

 
Berita Terpopuler