Jangan Terkecoh Media Pro Israel, Ikuti 10 Akun Media Sosial Milik Warga Palestina Ini

Ada ketimpangan pemberitaan media asing yang tak mengungkap situasi di Palestina.

Republika/Prayogi
Untuk mengetahui situasi sesungguhnya di Palestina, ada baiknya memilih akun media sosial dari warga asli Palestina ketimbang media asing yang sering kali mengungkap fakta berbeda/ilustrasi
Rep: Rahma Sulistya Red: Natalia Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Genosida yang dilakukan Israel terhadap Gaza, Palestina, masih terus dilakukan sampai sekarang. Dan sampai sekarang pula, semua manusia di dunia hanya bisa menyaksikan darah mengalir dari orang-orang tak berdosa.

Baca Juga

Namun, ada ketimpangan dalam pemberitaan media, yang tidak memperlihatkan kondisi semengerikan apa yang dihadapi warga Gaza. Untuk itu, ada 10 akun media sosial yang bisa diandalkan untuk mengungkap derita warga Palestina yang sesungguhnya dan masih terjadi di sana.

 

1. Motaz Azaiza

Saat serangan pertama terjadi, sebuah video yang diunggahnya viral. Video tersebut memperlihatkan seorang lelaki yang duduk di atas reruntuhan rumahnya dengan dua boneka milik anaknya, dengan ratapan wajahnya yang lesu.

Motaz @motaz_azaiza dengan pengikut Instagram mencapai 16,4 juta, merupakan jurnalis fotografi, yang sampai sekarang terus menyuguhkan potret kondisi Gaza. Potret-potret tersebut sangat jarang terlihat muncul di akun Instagram media internasional.

 

2. Saleh Aljafarawi

Dengan akun @saleh_aljafarawi sudah memiliki 4 juta pengikut Instagram. Saleh yang juga merupakan jurnalis fotografi, pertama kali viral ketika membagikan video kakak beradik, Omar Ashour dan Soso Ashour, dengan wajah kosong terduduk karena orang tuanya meninggal.

 

3. Hani Alshaer

Hani merupakan seorang jurnalis dengan Instagram @hani.alshaer yang kini memiliki 89,9 ribu pengikut. Fotonya yang memotret seorang anak perempuan selamat sembari menggendong kucing dan foto boneka-boneka dalam reruntuhan, juga menjadi viral.

 Nomor 4...

 

4. Belal Khaled

Belal juga seorang jurnalis dengan akun Instagram @belalkh memiliki pengikut 923 ribu. Video yang diunggahnya ketika seorang pria mengumandangkan adzan di atas reruntuhan, menjadi viral. Sampai sekarang, ia terus aktif mengunggah video-video pilu tentang kondisi Gaza.

5. Ali Jadallah

Seorang fotografer dan videografer @alijadallah66 memiliki pengikut 1,4 juta, menjadi viral juga karena memperlihatkan ironi foto kostum Spiderman milik anaknya yang tergantung di antara reruntuhan. Anaknya penggemar Marvel yang kini berafiliasi dengan Disney, tetapi Disney justru menyumbang untuk Israel, mendukung genosida kepada anak-anak di Gaza.

 

6. Ahmed Hijazi

Akun Instagram @ahmedhijazee dengan pengikut 2,7 juta, telah menjadi akun terpercaya yang memberitakan kondisi terkini di Gaza. Ahmed merupakan seorang jurnalis, yang hingga hari ini, Ahmed terus memperlihatkan foto dan video bagaimana warga Gaza meratapi orang terkasih mereka meninggal akibat kekejaman yang tak terelakkan.

 

7. Shaun King

Akun Instagram @shaunking dengan 5,5 juta pengikut, jadi menjadi akun terpercaya yang memperlihatkan kondisi Gaza sampai detik ini. Tidak hanya itu, Shaun juga membagikan cuplikan-cuplikan video tentang tanggapan dunia pada kondisi Gaza.

 

Nomor 8...

 

 

 

8. Ahmad Ghanaim

Ahmad Ghanaim dengan akun @gahnaim memiliki pengikut 682 ribu. Ia menjadi viral lantaran sering mengunggah momen ketika dirinya berbicara di depan kamera, diiringi pula oleh suara bom di belakangnya. Videonya selalu menunjukkan, betapa mengerikan dan tidak tenangnya kehidupan di Gaza.

 

9. Doaa Albaz

Seorang fotografer perempuan, Doaa Albaz dengan akun Instagram @_doaa_mohammad memiliki 446 ribu pengikut. Ia juga selalu mengabadikan saat-saat bom Israel menghantam bangunan-bangunan di Gaza.

 

10. Nooh Al-Shaghnobi

Akun Instagram @nooh.xp dengan pengikut 72,6 ribu merupakan seorang fotografer yang sering mengunggah foto dan video kondisi terkini Gaza. Ia menjadi viral ketika menangkap video runtuhnya sebuah bangunan besar akibat serangan bom Israel.

 
Berita Terpopuler