Jimin dan Jungkook BTS Daftar 'Companion Soldier' Saat Wamil, Apa Artinya?

Jimin dan Jungkook BTS akan wamil pada waktu dan tempat yang bersamaan.

Dok. BigHit/Weverse
Jimin (kiri) dan Jungkook (kanan) akan mendaftar sebagai Companion Soldier selama wajib militer (wamil).
Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jungkook dan Jimin BTS akan mendaftar wajib militer (wamil) bersama atau Companion Soldier atau Rekan Tentara. Apa sebenarnya maksud Companion Soldier dan apa bedanya dengan tentara lainnya?

Baca Juga

Dalam pemberitahuan yang dirilis agensi BTS, BigHit Music, Army (sebutan untuk penggemar BTS) mengetahui bahwa Jimin dan Jungkook tidak hanya menjalani wamil pada tanggal yang sama, tetapi juga mendaftar di bagian yang sama. Dilansir laman Koreaboo pada Selasa (5/12/2023), konsep Companion Soldier artinya Jungkook dan Jimin akan dikirim ke pusat pelatihan dasar yang sama (yang kabarnya sama dengan Jin). Setelah pelatihan dasar, mereka akan dikirim ke unit tempat tinggal yang sama di pangkalan dan akan dipulangkan pada waktu yang sama.

Menurut situs webnya, meskipun sebagian besar kriterianya sama dengan pendaftaran wajib militer pada umumnya, ada beberapa kriteria khusus untuk layanan semacam ini. Salah satu aturan besarnya adalah mereka yang melamar tidak dapat melamar ke cabang militer lain, termasuk cabang seperti Angkatan Laut, Angkatan Udara, atau dinas alternatif.

Ada aturan tegas...lanjutkan membaca>> 

Ada juga aturan tegas tentang bagaimana mereka menentukan hubungan dekat. Meskipun hal-hal seperti keluarga, teman sekolah, dan lain-lain diterima, permohonan dapat ditolak jika ternyata hal tersebut dilakukan karena alasan lain, seperti pendaftaran awal.

Khususnya, tidak seperti cabang militer lainnya, pengajuan pendaftaran Companion Soldier tidak memerlukan wawancara apa pun. Namun, hal ini memerlukan permohonan lain. Hasilnya dipilih melalui sistem undian, dan setiap pemohon harus mengajukan permohonan secara terpisah.

Ketika informasi tersebut dibagikan, Army tidak bisa menyembunyikan betapa leganya mereka mengetahui bahwa Jungkook dan Jimin akan bersama selama menjalani wajib militer. Terkadang, ini bisa menjadi saat yang sepi, namun saat mereka bersama, hal itu akan menghilangkan sebagian dari kecemasan tersebut.

Sepertinya mereka bukan satu-satunya idola yang melalui sistem ini. Secara khusus, anggota ONF Wyatt dan J-US membuat video selama wajib militer mereka berbicara tentang konsep Companion Soldier, termasuk persyaratan dan perekrutan.

 

 
Berita Terpopuler