MasterChef Indonesia Nobatkan Belinda Sebagai Juara Musim Ke-11

Kedua kontestan mendapatkan nilai yang berselisih tipis.

Dok. Instagram/@masterchefina
Kiki (kiri) dan Belinda (kanan) yang masing-masing menjadi Runner Up dan Juara 1 Masterchef Indonesia.
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MasterChef Indonesia (season 11) baru saja menyelesaikan episode finalnya pada 26 November 2023. Audisi terbuka untuk musim ini dimulai pada April 2023 dan berlangsung secara daring dan luring di berbagai kota di Indonesia.

Baca Juga

Dari audisi yang ketat, terpilihlah 24 kontestan yang bertarung dengan skill memasak mereka. Selama perjalanan MasterChef Indonesia season 11, beberapa bintang tamu terkenal turut memeriahkan acara tersebut. 

Mereka di antaranya Sung Y Kim, Chris R Calkins, Cinta Laura, Choi Siwon, HE Fabien Penone, Camille Benedetto-Flosse, alumni MasterChef Indonesia, serta sejumlah figur ternama lainnya.

Di final, kompetisi mencapai puncaknya dengan Belinda Christina Sianto atau Belinda asal Malang, dan Rizkisyah Putra Singarimbun atau Kiki asal Medan, bersaing ketat. Akhirnya, gelar juara diraih oleh Belinda, yang meraih hadiah uang tunai senilai Rp 100 juta (dipotong pajak) serta sebuah mobil.

“Seneng banget rasanya bisa dapat apresiasi, aku bakal gunain uang ini sebaik-baiknya. Aku bakal pakai, mungkin buat modal restoranku nantinya, ataupun aku bakal tabung,” kata Belinda, dikutip dari kanal YouTube MasterChef Indonesia, Senin (27/11/2023)

Sementara Kiki, juara kedua, menerima hadiah uang tunai senilai Rp 50 juta (dipotong pajak) dan juga sebuah mobil. “Aku akan menggunakan hadiah ini untuk terus mengembangkan skill-ku, terus bekerja di dapur, dan terus menciptakan kreasi baru untuk makanan nusantara di Indonesia,” ujar Kiki.

Setelah mengangkat piala juara, Belinda berbagi kebahagiaannya dan mengungkapkan betapa bangganya dirinya sendiri atas pencapaian ini. “Ini suatu kebanggaan banget. Dan, aku bangga sama diriku sendiri,” kata Belinda.

Para juri memberikan....

 

Para juri MasterChef Indonesia season 11, chef Arnold Poernomo dan chef Juna Rorimpandey, memberikan apresiasi tinggi terhadap perjalanan serta dedikasi keduanya selama kompetisi. Chef Arnold memberikan pujian kepada Belinda karena mampu membuktikan kemampuannya dengan menunjukkan tekad dan semangat yang membawanya ke tahap finalis.

“Untuk Belinda, you prove yourself, you pick your self up (kamu membuktikan dirimu, kamu meningkatkan kemampuanmu sendiri) untuk kamu berada di sini,” ujar dia.

Sedangkan Kiki, chef Arnold menyebutnya sebagai kontestan yang konsisten dan memiliki kepribadian yang positif, yang memengaruhi seluruh peserta di dalam kompetisi. 

“Kiki, very consistent, your personality, your positive vibes affect all of us di sini, very good. That’s why you are here (sangat konsisten, kepribadianmu, getaran positifmu mempengaruhi kita semua di sini, sangat bagus. Itu sebabnya kamu ada di sini),” kata dia.

Cher Arnold memuji kedua finalis telah berhasil melewati sejumlah tantangan dan rintangan dalam perjalanan mereka di MasterChef Indonesia. Sementara itu, chef Juna juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kiki atas pencapaiannya. Dia menyatakan bahwa Kiki telah menjadi pemenang terbanyak dalam kompetisi, dengan lima kemenangan secara individu dan empat kemenangan dalam tim.

Namun, Belinda juga tidak luput dari perhatian. Meskipun statistiknya lebih sedikit dalam hal kemenangan individual, perjalanan panjang Belinda yang menghadapi enam pressure test menunjukkan ketangguhannya dalam menghadapi tantangan. 

 

Belinda dan Kiki telah melewati berbagai ujian dan tantangan dalam persaingan ketat MasterChef Indonesia season 11. Prestasi mereka menjadi saksi betapa gigihnya mereka dalam menghadapi setiap ujian yang dihadirkan di ajang memasak ternama ini. 

 
Berita Terpopuler