59 Masjid di Gaza Hancur Akibat Serangan Udara Israel

136 masjid, 3 gereja rusak sebagian akibat serangan udara Israel.

AP Photo/Mohammed Dahman
Warga Palestina memeriksa kerusakan masjid yang hancur akibat serangan udara Israel di kamp pengungsi Khan Younis, Jalur Gaza selatan, Rabu, (8/11/2023).
Rep: Muhyiddin Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.IDGAZA -- Kementerian Dalam Negeri Gaza mengungkapkan bahwa sejak 7 Oktober 2023, serangan udara Israel telah menghancurkan 59 masjid di Gaza dan 136 masjid mengalami kerusakan sebagian. Selain menghancurkan masjid, Israel juga menargetkan gereja di Gaza.

Baca Juga

Pada Rabu (8/11/2023) kemarin, serangan udara Israel kembali merusak dua masjid di kota Khan Yunis di Jalur Gaza selatan.

“Pesawat pendudukan Israel membom dan menghancurkan masjid Khalid bin al-Walid dan Al-Ikhlas di Khan Yunis,” kata pernyataan kementerian seperti dilansir dari Anadolu Agency, Kamis (9/11/2023).

Juru bicara Kementerian Wakaf di Jalur Gaza, Ikrami al-Mudallal menambahkan bahwa Israel juga menargetkan masjid ketiga di Gaza, Masjid Al-Sahwa. Sehingga, jumlah total masjid yang hancur total menjadi 59.

Pe al-Mudallal mengatakan, pesawat Israel menghancurkan Masjid Al-Sahwa di Khan Yunis, dan juga menghancurkan masjid Khalid bin al-Walid dan Al-Ikhlas.

“Jumlah masjid yang dihancurkan total telah meningkat menjadi 59, ditambah dengan tingkat kerusakan yang berbeda-beda pada 136 masjid dan tiga gereja, sejak dimulainya perang Israel di Gaza pada 7 Oktober,” ujar al-Mudallal.

Menargetkan fasilitas sipil seperti rumah ibadah merupakan pelanggaran aturan perang.Namun, Israel mengklaim pejuang Hamas bersembunyi di dalam dan sekitar situs-situs tersebut.

Israel telah melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti di Jalur Gaza sejak serangan lintas perbatasan oleh Hamas pada 7 Oktober 2023.

Setidaknya 10.569 warga Palestina, termasuk 4.324 anak-anak dan 2.823 wanita, telah terbunuh sejak saat itu. Sementara itu, , menurut angka resmi, jumlah korban tewas di Israel hampir 1.600 orang.

 

 
Berita Terpopuler