Sumpah Pemuda, Alquran Abadikan Kisah Para Pemuda Hebat dalam Sejarah Manusia

Usia muda merupakan masa yang penting menurut Islam

republika
Ilustrasi Alquran. Usia muda merupakan masa yang penting menurut Islam
Rep: Andrian Saputra Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober setiap tahunnya. Masa muda, dalam Islam sendiri adalah sangat krusial.  

Baca Juga

Dalam Alquran al-Karim  ada banyak kisah tentang orang-orang terdahulu. Dan di antara kisah itu adalah tentang anak muda yang tangguh, memiliki keimanan kuat, dan menjadi pemimpin di masanya. 

Siapa saja mereka? Republika.co.id, merangkum para pemuda berkarakter dan berintegritas yang diabadikan Alquan, yaitu sebagai berikut:  

1. Nabi Ibrahim 

Nabi Ibrahim sejak muda sudah dikenal sebagai pemuda yang tangguh dan disegani kaumnya. Dia pun memiliki keimanan yang kuat. 

Nabi Ibrahim bahkan berani menentang Raja Namrud yang zalim dan menyembah berhala. Nabi Ibrahim bahkan sejak muda sangat disegani kawan dan lawannya karena kemahirannya dalam berdebat. 

أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِي حَاجَّ إِبْرَاهِيمَ فِي رَبِّهِ أَنْ آتَاهُ اللَّهُ الْمُلْكَ إِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّيَ الَّذِي يُحْيِي وَيُمِيتُ قَالَ أَنَا أُحْيِي وَأُمِيتُ ۖ قَالَ إِبْرَاهِيمُ فَإِنَّ اللَّهَ يَأْتِي بِالشَّمْسِ مِنَ الْمَشْرِقِ فَأْتِ بِهَا مِنَ الْمَغْرِبِ فَبُهِتَ الَّذِي كَفَرَ ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

“sApakah kamu tidak memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim tentang Tuhannya (Allah) karena Allah telah memberikan kepada orang itu pemerintahan (kekuasaan). Ketika Ibrahim mengatakan: "Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan," orang itu berkata: "Saya dapat menghidupkan dan mematikan". Ibrahim berkata: "Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat," lalu terdiamlah orang kafir itu; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (QS al-Baqarah ayat 258). 

2.  Nabi Ismail

Pemuda yang diceritakan kisahnya dalam Alquran salah satunya adalah nabi Ismail. Alquran menggambarkan tentang pribadi nabi Ismail sejak muda sebagai orang yang memiliki keimanan kokoh dan kesabaran. Ketiak nabi Ibrahim mendapatkan perintah Allah SWT untuk berkurban dengan menyembelih putranya yakni Ismail, justru Ismail dengan mantap meyakinkan ayahnya itu untuk melaksanakannya.   

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَىٰ فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ 

Artinya: “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar." (QS as-Saffat ayat 102). 

3. Nabi Yusuf

Nabi Yusuf adalah pemuda yang memiliki keteguhan iman. Dia pun dikarunia fisik yang bagus dan paras yang tampan. Hingga menarik hati Zulaikha, yang menjadi majikan nabi Yusuf yang juga istri Gubernur Mesir, Qithfir bin Rawhib. 

Zulaikha tergila-gila jatuh cinta pada nabi Yusuf, tetapi nabi Yusuf tak mempedulikannya. Segala cara dilakukan Zulaikha untuk memikat Nabi Yusuf, hingga ia pun memfitnah Nabi Yusuf. Tetapi Nabi Yusuf tak sedikit pun gentar dengan fitnah yang menimpanya. 

قَالَتْ فَذَٰلِكُنَّ الَّذِي لُمْتُنَّنِي فِيهِ ۖ وَلَقَدْ رَاوَدْتُهُ عَنْ نَفْسِهِ فَاسْتَعْصَمَ ۖ وَلَئِنْ لَمْ يَفْعَلْ مَا آمُرُهُ لَيُسْجَنَنَّ وَلَيَكُونًا مِنَ الصَّاغِرِينَ . قَالَ رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ  

Artinya: “Wanita itu berkata: "Itulah dia orang yang kamu cela aku karena (tertarik) kepadanya, dan sesungguhnya aku telah menggoda dia untuk menundukkan dirinya (kepadaku) akan tetapi dia menolak. Dan sesungguhnya jika dia tidak mentaati apa yang aku perintahkan kepadanya, niscaya dia akan dipenjarakan dan dia akan termasuk golongan orang-orang yang hina". (32) Yusuf berkata: "Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh." (33) (QS Yusuf ayat 32-33).  

 

4,5. Nabi Musa dan Nabi Harun

Kisah Nabi Musa paling banyak diceritakan dalam Alquran. Dia adalah nabi yang gagah, kuat, dan berani menentang Firaun. Bersama saudaranya yakni Nabi Harun, Nabi Musa membebaskan Bani Israil dari perbudakan Firaun.  

فَأْتِيَاهُ فَقُولَا إِنَّا رَسُولَا رَبِّكَ فَأَرْسِلْ مَعَنَا بَنِي إِسْرَائِيلَ وَلَا تُعَذِّبْهُمْ ۖ قَدْ جِئْنَاكَ بِآيَةٍ مِنْ رَبِّكَ ۖ وَالسَّلَامُ عَلَىٰ مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَىٰ . إِنَّا قَدْ أُوحِيَ إِلَيْنَا أَنَّ الْعَذَابَ عَلَىٰ مَنْ كَذَّبَ وَتَوَلَّىٰ .

Artinya: “Maka datanglah kamu berdua kepadanya (Fir'aun) dan katakanlah: "Sesungguhnya kami berdua adalah utusan Tuhanmu, maka lepaskanlah Bani Israil bersama kami dan janganlah kamu menyiksa mereka. Sesungguhnya kami telah datang kepadamu dengan membawa bukti (atas kerasulan kami) dari Tuhanmu. Dan keselamatan itu dilimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk. (47) Sesungguhnya telah diwahyukan kepada kami bahwa siksa itu (ditimpakan) atas orang-orang yang mendustakan dan berpaling. (QS Taha: 47-48). 

6. Maryam binti Imran 

Sayyidah Maryam adalah pemudi yang sangat taat dan beriman kepada Allah SWT. Sejak kecil, ia terjaga dari perkara-perkara haram. Saat mudanya, Sayyidah Maryam menyendiri untuk beribadah kepada Allah di Baitul Maqdis. Dari situlah Allah SWT melalui malaikat Jibril mengabarkan pada Maryam tentang nabi Isa yang akan lahir dari rahimnya. 

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ مَرْيَمَ إِذِ انْتَبَذَتْ مِنْ أَهْلِهَا مَكَانًا شَرْقِيًّا . فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا

“Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur, (16) maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna. (17). (QS Maryam 16-17).   

Infografis Mudah Khatam ALquran - (Dok Republika)

7. Para Pemuda Ashabul Kahfi 

Mereka adalah para pemuda yang memiliki tauhid yang kokoh dan berani melawan tirani kaisar Romawi, Gaius Messius Quintus Decius yang memerintah dalam rentang tahun 249-251 M. Mereka adalah Maximianus, Malchus, Martinianus, Constantinus, Dionysius, Johannes, dan Serapion. 

Sumber lain, Ensiklopedia Britannica, mengungkapkan bahwa tradisi Kristen Barat menamakan mereka sebagai Maximian, Malchus, Marcian, John, Denis, Serapion, dan Constantine. Sedangkan penamaan yang populer di lingkungan tradisi lisan masyarakat Syam, yakni berturut-turut mereka adalah Maximilian, Jamblichus, Martin, John, Dionysius, Antonius, dan Constantine.

Baca juga: Alquran Bolehkan Nepotisme dari Kisah Nabi Musa Tunjuk Nabi Harun Asisten? Ini Kata Pakar

Bahkan selain Antonius, keenam orang tersebut merupakan pejabat penting di lingkungan istana Gubernur Daqyanus. Bahkan dalam Alquran terdapat satu surat yang khusus membahas tentang merekam yakni surat Al Kahf.  

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُمْ بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى . وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا فَقَالُوا رَبُّنَا رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَنْ نَدْعُوَ مِنْ دُونِهِ إِلَٰهًا ۖ لَقَدْ قُلْنَا إِذًا شَطَطًا . 

Artinya: Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk (13). Dan Kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri, lalu mereka pun berkata, "Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran" (14)." (QS Al-Kahfi ayat 13-14).

 

8. Nabi Isa

Nabi Isa juga sering disebut namanya dalam Alquran. Pada masa mudanya, ia memimpin orang-orang muda yang disebut kaum hawariyun. Nabi Isa mengajarkan agama tauhid sebagaimana yang dibawa oleh nabi Ibrahim serta mengabarkan tentang akan kelahiran Rasulullah SAW.

إِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِي عَلَيْكَ وَعَلَىٰ وَالِدَتِكَ إِذْ أَيَّدْتُكَ بِرُوحِ الْقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِي الْمَهْدِ وَكَهْلًا ۖ وَإِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرَاةَ وَالْإِنْجِيلَ ۖ وَإِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّينِ كَهَيْئَةِ الطَّيْرِ بِإِذْنِي فَتَنْفُخُ فِيهَا فَتَكُونُ طَيْرًا بِإِذْنِي ۖ وَتُبْرِئُ الْأَكْمَهَ وَالْأَبْرَصَ بِإِذْنِي ۖ وَإِذْ تُخْرِجُ الْمَوْتَىٰ بِإِذْنِي ۖ وَإِذْ كَفَفْتُ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَنْكَ إِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ فَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْهُمْ إِنْ هَٰذَا إِلَّا سِحْرٌ مُبِينٌ . وَإِذْ أَوْحَيْتُ إِلَى الْحَوَارِيِّينَ أَنْ آمِنُوا بِي وَبِرَسُولِي قَالُوا آمَنَّا وَاشْهَدْ بِأَنَّنَا مُسْلِمُونَ

Artinya : Ingatlah), ketika Allah mengatakan: "Hai Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan ijin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir diantara mereka berkata: "Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata". (110). Dan (ingatlah), ketika Aku ilhamkan kepada pengikut Isa yang setia: "Berimanlah kamu kepada-Ku dan kepada rasul-Ku". Mereka menjawab: Kami telah beriman dan saksikanlah (wahai rasul) bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang patuh (kepada seruanmu)". (111). (QS Al Maidah ayat 110-111).

Baca juga: Perbedaan Mencolok Antara Miskin dan Kaya dalam Jalani Hisab Amal Kelak di Akhirat

9. Nabi Muhammad SAW  

Nabi Muhammad pada masa mudanya dikenal penduduk Arab sebagai pemuda yang tangguh, dapat dipercaya dan memiliki akhlak yang luhur. Nabi Muhammad mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi oleh kabilah-kabilah yang ada di Makkah. Selain itu, ia juga menjadi inspirasi dan penggerak para pemuda kala itu. 

 

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ "Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung." (QS Al Qalam ayat 4). 

 
Berita Terpopuler