Banjir Dukungan Negara-Negara Arab untuk Perjuangan Palestina

Serangan Hamas memicu gelombang solidaritas bagi Palestina.

Darryl Dyck/The Canadian Press via AP
Seorang pendukung Palestina memegang poster saat demonstrasi di Vancouver, Selasa, (10/10/2023)WIB.
Rep: Mabruroh Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Di masjid, di stadion sepak bola, dan kota-kota di seluruh dunia Arab menyatakan dukungannya kepada rakyat Palestina. Sentimen pro-Palestina semakin melonjak setelah serangan Hamas yang mengejutkan terhadap Israel, memicu gelombang solidaritas bagi Palestina.

Dari Ramallah hingga Beirut, Damaskus, Baghdad, dan Kairo, orang-orang telah membagikan permen, menari, dan meneriakkan doa untuk mendukung perlawanan terhadap pendudukan Israel atas tanah Palestina yang telah terjadi puluhan tahun lamanya.

"Sepanjang hidup saya, saya telah melihat Israel membunuh kami, menyita tanah kami dan menangkap anak-anak kami," kata Farah Al-Saadi (52 tahun), seorang penjual kopi dari Ramallah di Tepi Barat yang diduduki Israel.

"Saya senang dengan apa yang dilakukan Hamas," kata pria itu, dilansir dari Arab News, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga

Al-Saadi mengaku putranya pun berada di tahanan Israel, serta saat ini diliputi rasa takut akan skala kejahatan Israel di Gaza akan semakin meningkat sebagai pembalasan. Serangan mendadak multi-cabang di Israel yang diluncurkan Sabtu oleh kelompok militan Palestina Hamas telah menewaskan ratusan orang di kedua belah pihak.

Israel telah menemukan dedikasi baru untuk tujuan nasional mereka, sementara Palestina dan pendukung Arab mereka juga telah bersatu dalam pertunjukan massal persatuan populer yang langka di wilayah tersebut.

"Saya tidak berpikir ada satu pun orang Palestina yang tidak mendukung apa yang terjadi," kata Issam Abu Bakr, seorang pejabat Palestina di Tepi Barat.

“Serangan Hamas adalah reaksi alami terhadap kejahatan yang dilakukan oleh Israel, yang telah berbalik pada proses negosiasi politik," tambahnya.

Selanjutnya...

Pemerintah Israel mengatakan serangan Hamas telah menewaskan sedikitnya 900 orang Israel dan melukai ratusan lainnya. Sementara, pejuang Palestina telah mengambil sekitar 150 sandera.

Serangan pembalasan Israel terhadap target Jalur Gaza berimbas pada gugurnya 765 warga  dan juga melukai ratusan orang, menurut kementerian kesehatan yang dikendalikan Hamas di kantong yang diblokade. Beberapa jam setelah operasi kejut dimulai pada Sabtu, pendukung Palestina membagikan permen di Lebanon selatan dan ibu kota Beirut.

Israel dan Lebanon secara teknis masih berperang. Pasukan Israel menduduki selatan negara itu selama 22 tahun.

Penduduk kota pelabuhan selatan Sidon menyalakan kembang api dan berkumpul di alun-alun publik saat masjid menyanyikan nyanyian memuji pejuang perlawanan Palestina yang sedang menulis epik heroik yang paling indah dan heroik.

Sebuah rapat umum diadakan di Universitas Amerika Beirut, di mana mahasiswa Palestina berusia 18 tahun Reem Sobh mengatakan: "Kami tidak dapat membawa senjata tetapi setidaknya, kami dapat mendukung mereka."

Di Instagram, komedian Lebanon Shaden Fakih menjelaskan gelombang dukungan yang banyak dikutuk di Barat.

"Apa yang kamu harapkan dari orang Palestina? Untuk terbunuh setiap hari dan tidak melakukan apa-apa tentang itu... untuk mati diam-diam?” dia berkata dalam sebuah video

Mereka akan membawa senjata dan melawan. Ini adalah hak mereka," tambahnya, mencatat bahwa dia bisa melawan Hamas dan masih mendukung perlawanan bersenjata apa pun terhadap penindas, melawan apartheid (Israel).

Selanjutnya...

Di ibu kota Tunisia, sekolah-sekolah mengibarkan bendera Palestina dan koalisi organisasi dan partai politik telah menyerukan unjuk rasa solidaritas besar-besaran. Kepresidenan menyatakan "dukungan penuh dan tanpa syarat dari rakyat Palestina" dan hak mereka untuk melawan pendudukan. Di Damaskus, bendera Palestina menerangi gedung opera kota.

Karyawan universitas Suriah Marah Suleiman (42) mengatakan serangan Hamas memasuki perasaan dalam diri kita yang tidak tergerak selama bertahun-tahun, dan menghidupkan kembali semangat perlawanan. “Orang-orang Palestina tidak akan rugi setelah semua pembunuhan, kehancuran, dan pemindahan yang telah mereka alami," katanya.

Di Mesir, yang melarang protes yang tidak sah, penggemar sepak bola mengubah pertandingan menjadi pertunjukan solidaritas, dengan nyanyian pro-Palestina. Di ibu kota Irak yang dikerokatkan perang Baghdad, paramiliter yang didukung Iran menginjak-injak dan membakar bendera Israel selama unjuk rasa di Lapangan Tahrir.

Bahkan negara-negara Teluk Arab bergabung dengan gelombang solidaritas meskipun Perjanjian Abraham yang ditengahi AS, yang melihat Israel menormalkan hubungan dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain pada tahun 2020. Kedua negara merilis pernyataan yang relatif simpatik kepada Israel, tetapi suasana populer menceritakan kisah yang berbeda.

Ekspresi solidaritas dengan Palestina memenuhi media sosial di UEA, dan analis Emirat terkemuka Abdulkhaleq Abdulla mengutuk serangan Israel di Gaza sebagai "kampanye genosida" di X, sebelumnya Twitter.

Di Bahrain, pengunjuk rasa telah menutupi wajah mereka, beberapa dengan keffiyehs Palestina, selama rapat umum yang hampir setiap hari dan tidak sah. "Kami akan selalu mendukung saudara-saudara kami di Palestina," kata seorang demonstran berusia 29 tahun, berbicara dengan syarat anonim karena takut akan pembalasan dari pihak berwenang.

"Jika kami bisa menjangkau mereka, kami akan bertarung bersama mereka," tambahnya.

Tiga Front Perlawanan Palestina - (Republika)

 
Berita Terpopuler