Serangan Udara Israel, Ribuan Warga Gaza Berlindung di Sekolah-sekolah PBB

PBB mengelola 64 sekolah di wilayah Jalur Gaza.

AP/Khalil Hamra
Warga Palestina yang terdiri dari perempuan dan anak-anak mengungsi untuk berlindung dari serangan udara Israel ke bangunan sekolah milik PBB di Gaza.
Rep: Amri Amrullah Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA CITY -- Sedikitnya 73.000 warga Palestina meninggalkan rumah mereka di dekat perbatasan Israel di bagian timur Gaza dan berlindung di 64 sekolah PBB. Sejak serangan Israel ke Jalur Gaza dimulai pada hari Sabtu, (7/10/2023) lalu, lebih dari 73.000 penduduk Palestina yang tinggal di sepanjang wilayah timur dekat perbatasan Israel telah meninggalkan rumah mereka untuk berlindung di sekolah-sekolah milik badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca Juga

Menurut Adnan Abu Hasna, juru bicara media untuk Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), orang-orang berdatangan dari semua bagian Jalur Gaza, karena daerah tersebut menghadapi pengeboman udara yang intens.

"Warga telah berlindung di 64 sekolah, dan akan terus bertambah, karena mereka percaya sekolah-sekolah itu adalah tempat paling aman di Jalur Gaza karena berafiliasi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa," ujar Abu Hasna.

Di sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga PBB lainnya di Gaza, Abu Hasna menjelaskan, warga Palestina bisa mendapatkan layanan kesehatan, gizi, dan psikologis.

"Beberapa lansia memiliki kasus medis yang perlu ditindaklanjuti mengingat ketegangan yang terjadi saat ini, dan anak-anak membutuhkan konselor psikologis dan sosial untuk mengatasi tahap sulit yang mereka alami," katanya.

Keluarga-keluarga di Gaza mengungsi ke sekolah-sekolah UNRWA setelah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh pejuang Hamas mengejutkan pasukan militer Israel.

Menurut otoritas Israel, 100.000 tentara cadangan telah berkumpul di dekat Gaza, di mana para pejuang Palestina mengatakan bahwa mereka menahan 130 orang. Serangan Israel ke Gaza telah menewaskan lebih dari 500 warga Palestina, termasuk 91 anak-anak.

Arifa Abu Laila, dari kota utara Beit Hanoun, mengatakan ia meninggalkan rumahnya dan sekarang berlindung di sekolah UNRWA di pusat Kota Gaza. "Kami keluar rumah dan melihat ledakan dari segala penjuru," ujar wanita berusia 51 tahun itu. 

"Saya adalah seorang wanita sakit yang membutuhkan perawatan, dan suami saya juga menderita diabetes. Dalam setiap perang, kami datang ke sekolah UNRWA karena mereka mengatakan bahwa sekolah itu aman." "Perang adalah kejutan bagi semua orang, tambahnya.

"Jika kami tahu apa yang akan terjadi, kami akan membeli persediaan yang kami butuhkan, seperti makanan, pengobatan dan perlengkapan. Kami harus berjalan kaki ke sekolah tanpa alas kaki, tanpa perbekalan seperti susu dan popok untuk anak-anak kami."

Mencoba melarikan diri dari kematian. Ini bukan pertama kalinya warga Palestina berlindung di sekolah-sekolah UNRWA selama serangan Israel. Dalam beberapa tahun terakhir, penduduk Gaza telah mencari perlindungan di fasilitas-fasilitas tersebut di tengah-tengah pengeboman udara dan serangan-serangan lainnya.

Namun, meskipun sekolah-sekolah tersebut merupakan bagian dari program tanggap darurat UNRWA, mereka tidak kebal dari kekerasan selama masa perang.

Dalam sebuah pernyataan, UNRWA mengatakan dua sekolahnya - satu di kamp pengungsi Jabalia di utara dan satu lagi di pusat Kota Gaza - telah mengalami kerusakan akibat serangan udara pasukan Israel.

"Dua sekolah UNRWA dibom," kata juru bicara UNRWA, Abu Hasna, seraya menambahkan bahwa secara keseluruhan ada 14 fasilitas PBB yang rusak akibat serangan udara Israel.

"Kami memiliki 200 fasilitas UNRWA yang terletak di antara daerah pemukiman dan dikelilingi oleh berbagai institusi. Selama pengeboman, 14 fasilitas mengalami berbagai kerusakan."

Dengan banyaknya sekolah yang dihantam bom, Abu Hasna mengatakan bahwa ia khawatir keamanan akan tetap sulit dipahami, bahkan di lokasi-lokasi PBB.

"Kami pernah menghadapi kejadian ini pada perang tahun 2014," tambahnya, merujuk pada kejadian di masa lalu ketika sekolah-sekolah PBB dihantam tembakan rudal. "Salah satu sekolah dibom, mengakibatkan banyak korban luka-luka, dan ini berarti tidak ada tempat yang aman di Gaza."

 

 
Berita Terpopuler