Manfaat Baik dari Memilah Sampah

Dengan memilah sampah akan mengetahui sampah-sampah yang memiliki nilai jual.

Republika/Wihdan Hidayat
Pekerja memilah sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terintegrasi (TPST) Sindu Mandiri, Desa Sinduadi, Sleman, Yogyakarta, Senin (11/9/2023). TPST Sindu Mandiri yang belum genap berusia satu bulan ini dibuat untuk mengatasi persoalan sampah di tingkat Desa Sinduadi yang bersamaan dengan ditutupnya TPST Piyungan. Saat ini pengolahan sampah tingkat kelurahan ini sudah menerima sampah sebanyak dua ton setiap harinya. Di sini juga tersedia pengolahan sampah organik dengan maggot serta alat pengepres sampah plastik menjadi kubus. Untuk sementara TPST ini hanya menerima sampah dari warga Sinduadi, dan tidak menutup kemungkinan akan menerima sampah dari warga desa lain nanti.
Rep: Havid Al Vizki Red: Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Director of Product and Partnership Greeneration Foundation, Erdy Suryadarma kesadaran akan pengelolaan sampah akan bermanfaat bagi diri sendiri. Menurutnya dengan memilah sampah akan mengetahui sampah-sampah yang memiliki nilai jual.

Namun, ia menuturkan di sisi lain dengan aktivitas memilih sampah tersebut langkah nyata untuk berkontribusi terhadap lingkungan.

Chief Operating Officer Yayasan Karya Salemba Empat, Hengky Poerwowidagdo menyatakan pengelolaan sampah yang dilakukan oleh kalangan akademisi bukan hanya berdampak kepada lingkungan. Namun, menurutnya juga bisa mempelajari nilai-nilai kepemimpinan ketika terjun langsung ke masyarakat.

 

 

 

 

Videografer | Havid Al Vizki

Video Editor | Fian Firatmaja

 
Berita Terpopuler