Presiden Jokowi Ajak Negara G20 Gelar Aksi Nyata Lindungi Bumi

Kita semua harus walk the talk, because we only have one earth

AP Photo/Evan Vucci
Perdana Menteri India Narendra Modi menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, Sabtu (9/9/2023).
Rep: Dessy Suciati Saputri Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin negara G20 untuk melakukan aksi nyata melindungi kelestarian bumi. Hal tersebut disampaikan Presiden dalam pertemuan sesi pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India yang mengangkat tema 'One Earth' di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, Sabtu (9/9/2023).

"Kita semua harus walk the talk, because we only have one earth," ajak Jokowi, dikutip dari siaran pers Istana di Jakarta. Jokowi menyebut, menjaga bumi harus dilakukan bersama.

Hal itukarena bumi merupakan milik semua pihak dan juga generasi masa depan. "One earth, for everybody. One earth, for us and for our future generation," jelas Jokowi.

Dia menyampaikan, Indonesia telah melakukan sejumlah aksi nyata untuk melindungi bumi. Di antaranya, melalui upaya menekan deforestasi hingga restorasi mangrove.

"Indonesia di tahun 2022, telah turunkan emisi 91,5 juta ton. Laju deforestasi ditekan hingga 104 ribu hektare. Hutan dan lahan direhabilitasi seluas 77 ribu hektare dan mangrove direstorasi seluas 34 ribu hektare," jelas Jokowi.

Di hadapan para pemimpin negara G20, ia mengajak semua pihak untuk bertanggung jawab dan berkomitemen dalam menjaga kelestarian bumi. "Mari penuhi tanggung jawab dan komitmen bersama untuk menjaga planet bumi tetap lestari," kata Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana dalam kunjungannya di New Delhi yakni Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Marve Luhut Binsar Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Menlu Retno LP Marsudi, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Mendag Zulkifli Hasan, dan Duta Besar Indonesia di New Delhi Ina Krisnamurthi.

 
Berita Terpopuler