Menengok Sejarah Pembangunan Masjid Ar Rahma, Masjid Satu-satunya di Kyiv

Umat Muslim di Ukraina telah menunggu masjid selama lebih dari 100 tahun.

Kyiv Post
Masjid Ar Rahma di Kyiv, Ukraina.
Rep: Imas Damayanti Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Ar Rahma bukan hanya yang pertama dan satu-satunya di Kyiv, masjid itu juga salah satu yang terbesar di Eropa.

Dilansir di Kyiv Post, Senin (8/5/2023), benar dianggap sebagai permata mahkota nyata dari arsitektur Islam modern, Masjid Ar Rahma adalah bagian dari kompleks Islam yang lebih besar di Gunung Shchekavytsia. Dibangun antara tahun 1996 dan 2012, kompleks ini berada di tempat ikonik di sebelah sisa-sisa pemakaman Muslim kuno di daerah yang dihuni oleh umat Islam sejak zaman paling awal.

Umat Muslim di Ukraina telah menunggu masjid selama lebih dari 100 tahun, maka tidak mengherankan jika pembukaan Ar Rahma menjadi peristiwa penting bagi mereka. Upaya untuk membangun masjid dimulai pada tahun 1897, ketika menurut data resmi, ada 1.759 Muslim dari total populasi sekitar 100 ribu yang tinggal di ibu kota Ukraina pada waktu itu.

Pada 1913, rencana pembangunan telah siap dan batu fondasi pertama telah diletakkan. Namun, pecahnya Perang Dunia I, Revolusi Bolshevik, dan Perang Dunia II menunda impian memiliki masjid di ibu kota Ukraina untuk waktu yang lama.

Konstruksi baru dilanjutkan setelah Ukraina merdeka. Setelah mendapatkan tanah untuk konstruksi, persiapan hukum yang ekstensif dan mengerjakan dokumentasi proyek, yang sudah lama diinginkan konstruksi akhirnya dimulai pada 1996 dan berlangsung selama 16 tahun.

Masjid Ar Rahma dibangun secara bertahap. Pembangunannya didanai oleh umat Muslim dari segala usia dan kelompok sosial serta kontribusi keuangan yang substansial dari duta besar negara-negara Islam. Oleksandr Komarovsky, salah satu arsitek terkenal kota itu yang juga merancang Alun-alun Kemerdekaan, menyiapkan proyek teknik tersebut.

Baca Juga

Setelah kematian Komarovsky, pekerjaan itu dilakukan oleh rekannya, arsitek Serhiy Babushkin. Arsitek Muslim terkenal Riduan dan Khoja Ahmad juga bertindak sebagai penasihat selama persiapan proyek.

Masjid ini meliputi area seluas 3.200 meter persegi. Bahan dekorasinya didatangkan dari Azerbaijan dan karpet untuk mushala yang luasnya lebih dari 1.000 meter persegi dikirim dari Turki. Masjid ini memiliki tiga aula yang berisi 24 kolom melingkar.

Aula pertama diatapi kubah dengan diameter 6 meter dan tinggi 6 meter yang di atasnya berdiri bulan sabit. Aula kedua memiliki kubah yang lebih rendah, dengan diameter 22 meter dan tinggi sekitar 3 meter. Selain keduanya, kompleks ini memiliki 7 kubah lagi dengan ketinggian mulai dari 1 hingga 2,5 meter yang semuanya dilapisi tembaga. Jendela di bawah kubah utama terbuat dari kaca patri.

Masjid ini memiliki dua mihrab, ceruk khusus di dinding yang menunjukkan arah kiblat untuk shalat dan dua mimbar. Di halaman ada menara-menara yang tingginya mencapai 27 meter yang puncaknya dicapai dengan tangga spiral internal yang terdiri dari 118 anak tangga. Masjid ini menyelenggarakan acara yang didedikasikan untuk hari raya keagamaan Islam, secara teratur.

Rumah penerbitan "Aya Group", studio radio Muslim "Mplus", pusat media "Media Islam", sekolah membaca Quaran, Pusat Sertifikasi Halal, taman bermain, taman kanak-kanak, sekolah "Al-Ishrad" dan Universitas Islam semuanya beroperasi di wilayah kompleks Islam Ar-Rahma. Ada juga perpustakaan Islam yang besar, berisi literatur Islam yang diterjemahkan ke dalam banyak bahasa.

Masjid ini bisa menjadi lokasi melakukan ritual pernikahan (nikah), serta penyembuhan Islam (ruqyah) dan ritual penguburan (pemulasaran). Setiap Jumat ada khutbah dan Jumu'ah Namaz. Salah satu yang berharga dan terbesar dari Ar-Rahma adalah rambut dari Nabi Muhammad yang merupakan peninggalan suci. Oleh karena itu, umat Islam di Ukraina memiliki kesempatan unik untuk mencari berkah dari peninggalan Orang Adil (tabbaruk) di negara asalnya.

Masjid ini dapat menampung sekitar 3.000 orang sekaligus dan terbuka untuk semua orang. Ada tur dan ceramah gratis tentang Islam. Pada Jumat, ada pembagian makanan bagi mereka yang membutuhkan. Pada malam hari, kompleks ini diterangi dengan warna hijau dan terlihat sangat indah.

Cara menuju lokasi: rute paling nyaman ke Masjid Ar-Rahma adalah dari stasiun metro Kontraktova Ploshcha dengan bus #417, #432 (atau dengan trem #14, #18) ke halte "Solyana Street", lalu naik Lukyanivska jalan menuju Gunung Shchekavytsia.

 
Berita Terpopuler