Jelang Final Piala AFF U-23, Pelatih Vietnam Ngeri dengan Lemparan Maut Indonesia

Pada semifinal SEA Games 2023, Mei lalu, dua gol Indonesia berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Pratama Arhan.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Pesepak bola Timnas U-23 IndonesiaJeam Kelly Sroyer (kedua kanan) bersama rekannya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas U-23 Thailand dalam Semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023). Timnas U-23 Indonesia berhak melaju ke babak final usai menang dengan skor 3-1. Foto: Foto: ANTARA FOTO/HO-Humas PSSI

MAGENTA -- Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Timnas U-23 Vietnam di partai final Piala AFF U-23 2023 yang akan dimainkan di Stadion Rayong, Thailand, Sabtu (26/8/2023). Laga akan ditayangkan langsung oleh stasiun televisi SCTV pukul 20.00 WIB.

Timnas U-23 Indonesia lolos ke final setelah meraih kemenangan 3-1 atas Thailand di kandangnya pada Kamis (24/08/2023). Kemenangan telak Garuda Muda ini mematahkan kutukan tidak pernah menang melawan tim Gajah Putih di kandangnya sendiri selama 38 tahun lamanya sejak 1985.

BACA JUGA: Piala AFF U-23, Timnas Indonesia Tumbang dari Malaysia 1-2 di Laga Perdana

.

Melawan Vietnam nanti malam, Timnas U-23 Indonesia punya senjata andalan untuk bisa membobol gawang Vietnam. Yaitu lemparan maut bola ke dalam area penalti lawan. Thailand telah menjadi korban lemparan maut yang dilakukan Robi Darwis di semifinal. Bola hasil lemparan Robi dimanfaatkan Muhammad Ferarri untuk mencetak gol.

Vietnam juga pernah merasakan ancaman lemparan maut Timnas Indonesia U-23. Pada Mei lalu di ajang SEA Games 2023, dua gol Indonesia berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Pratama Arhan.

Dari pengalaman tersebut, pelatih Vietnam U-23 Hoang Anh Tuan tidak memungkiri lemparan ke dalam Timnas U-23 Indonesia benar-benar menjadi ancaman bagi pertahanan Vietnam.

"Saya tidak bisa menjelaskan rencana tim untuk menghadapi lemparan jauh Indonesia. Di pertandingan terakhir [SEA Games] kami tidak bisa mengatasinya. Ini bukan hanya soal taktik, tapi juga ditentukan oleh banyak faktor," kata Anh Tuan dikutip dari The Thao 247, Jumat (25/8/2023).

Hoang Anh Tuan mengatakan setiap pertandingan, setiap turnamen berbeda. Mustahil untuk membandingkan pertandingan besok dengan yang terjadi di SEA Games.

"Tim Vietnam U-23 akan bersatu dan berjuang bersama. Para pemain semakin dewasa jelang kualifikasi Piala Asia U-23 2024," kata Anh Tuan.

Dalam sejarahnya Indonesia dan Vietnam sama-sama mengincar gelar Piala AFF U-23 keduanya. Indonesia pernah menjuarai event dua tahunan tersebut pada 2019 ketika dilatih Indra Sjafri. Sementara Vietnam menjadi juara pada 2022.

BACA JUGA:

(VIDEO) SEA Games 2023: Respek! Momen Pelari Singapura Berbagi Air pada Atlet Lari Indonesia

Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari

Makna 10 Peribahasa Orang Betawi, dari 'Ente Jual Ane Beli' Hingga 'Anget-Anget Tai Ayam'

Kisah Nabi Musa AS Menampar Malaikat yang Ingin Mencabut Nyawanya

Tinggi Antioksidan, Ini Segudang Khasiat Buah Manggis dan Kulitnya

 
Berita Terpopuler