Pengguna Threads Kini Bisa Bagikan Kiriman ke DM Instagram

Threads meluncurkan berbagai fitur baru untuk mempertahankan pengguna.

EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Threads meluncurkan fitur berbagi posting ke direct message (DM) Instagram.
Rep: Meiliza Laveda Red: Natalia Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Saingan platform X bernama Threads milik Meta mengumumkan platform sudah mendukung fitur berbagi posting ke direct message (DM) Instagram, teks alternatif khusus untuk foto dan video, dan tombol penyebutan baru. 

Baca Juga

Opsi Kirim (Send) di Instagram memungkinkan pengguna menerbitkan postingan Threads mereka langsung ke DM Instagram melalui tombol Kirim. Fitur yang dibuat Meta itu berguna untuk memastikan orang-orang yang menggunakan aplikasi Instagram dapat melihat Threads, seperti yang dilaporkan oleh Chief Product Officer Chris Cox dalam rapat perusahaan belum lama ini.

Strategi tersebut diduga terkait dengan laporan penurunan keterlibatan setelah Threads sebagai platform yang masih baru mampu meraih lebih dari 100 juta pengguna dalam waktu kurang dari sepekan. Meski sempat mengalami penurunan, Zuckerberg menilai hal itu wajar dan langkah untuk mempertahankan pengguna (retensi) diharapkan tumbuh karena Meta terus menyempurnakan saluran sosial yang diluncurkan pada awal Juli.

Sementara itu, opsi teks alternatif khusus adalah fitur aksesibilitas yang memungkinkan pengguna Threads menambahkan atau mengedit teks alternatif yang dibuat secara otomatis untuk foto dan video sebelum mengunggah. Tombol sebutan yang baru memudahkan untuk menandai profil di postingan Threads.

Dikutip dari Engadget, Kamis (10/8/2023), terakhir, platform ini mempermudah verifikasi identitas Anda di berbagai platform fediverse seperti Mastodon. "Sekarang Anda dapat menambahkan tautan profil Threads Anda pada platform yang didukung untuk memverifikasi identitas Anda," kata kepala Instagram Adam Mosseri. 

Ini hanya tambahan terbaru yang diluncurkan Meta dalam beberapa pekan terakhir. Awal bulan ini disebutkan bahwa versi web sangat dibutuhkan dalam menawarkan penggunaan desktop. Penambahan pascapeluncuran lainnya termasuk umpan kronologis dan kemampuan untuk mengurutkan daftar yang diikuti dan melihat kiriman yang disukai. 

 
Berita Terpopuler