Berapa Lama Ban Mobil Bisa Dipakai Sebelum Harus Diganti?

Mengemudi di jalur darurat jalan tol bisa mempercepat keuasan ban.

Republika/Thoudy Badai
Rata-rata, sebuah ban layak digunakan dengan jarak antara 40.000 km hingga 80.000 km (angka terakhir pada hatchback ringan) sebelum ban tersebut aus. Foto ilustrasi.
Red: Firkah fansuri

REPUBLIKA.CO.ID,Ini sebenarnya bukan pertanyaan sederhana, karena ada beberapa metrik yang dapat digunakan untuk menilai ban siap diganti. Artinya banyak juga faktor yang menentukan berapa lama ban bertahan.

Baca Juga

Bagaimana mobil itu dikemudikan, bagaimana perawatannya, seberapa jauh perjalanannya, ke mana perginya dan berapa umur bannya, adalah faktor-faktor dalam menjawab pertanyaan ini.

Tidak ada aturan yang baku tentang berapa lama ban bertahan, dan seberapa sering kita harus mengganti ban.

Juga tidak ada aturan yang mengikat pada merek. Apakah harapan hidup ban Bridgestone lebih besar dari Pirelli atau Dunlop, atau Goodyear atau merek lain, tergantung pada ban itu sendiri dan seperti apa ban itu dirancang oleh produsen.

Pemakaian

Mengenai berapa lama ban mobil bertahan, negara seperti  Australia, misalnya berbeda dengan negara lain. Kondisi Australia jauh lebih sulit daripada banyak tempat dengan suhu ekstrim dan permukaan jalan yang bisa jadi tidak akan dipercaya oleh pengemudi di negara lain. Jadi keausan ban adalah masalah besar.

Saat ban hanya memiliki sedikit kedalaman tapak yang tersisa, ban tidak akan seaman yang seharusnya – terutama dalam kondisi basah – jadi sudah waktunya untuk menggantinya.

Ban memiliki tonjolan kecil di dalam alur tapak yang disebut indikator keausan tapak. Saat tapak sudah aus di bagian mana pun dari ban hingga hampir sejajar dengan tonjolan kecil, ban sudah selesai atau tidak layak lagi digunakan.

Jika tapaknya sejajar dengan indikator keausan tapak, ban tersebut sudah melewati masa pakainya dan secara teknis dan hukum tidak laik jalan.

Tidak ada aturan keras dan cepat tentang berapa lama ban bertahan dalam beberapa kilometer.

.Jadi, periksalah indikator ini secara teratur dan pastikan Anda memeriksa seluruh lebar ban, bukan hanya satu titik.

Rata-rata, sebuah ban layak digunakan dengan jarak antara 40.000 km hingga 80.000 km (angka terakhir pada hatchback ringan) sebelum ban tersebut aus.

Jarak ini sebagian besar akan tergantung pada gaya mengemudi Anda. Akselerasikan dengan keras dan rem dengan keras dan Anda akan menghabiskan ribuan kilometer dari ban. Berkendaralah dengan lembut dan lancar dan Anda pasti akan memperpanjang umur ban.

Permukaan jalan yang kasar juga dapat mempersingkat masa pakai ban, begitu juga dengan menderek trailer atau bahkan membawa truk bermuatan berat. Mobil dengan suspensi yang lebih rendah juga dapat mengalami keausan  dini karena sudut suspensi yang aneh yang dibuat oleh pegas yang lebih pendek.

Kerusakan

Ban kempes - atau bahkan setengah kempes - dapat merusak ban jika Anda terus mengendarainya dengan tekanan udara yang tidak mencukupi.

Ban mobil tidak boleh kempes karena akan merusak ban kalau terus dikendarai. - (Firkah Fansuri)

 

Saat bangkai ban menjadi semakin panas berkat deformasi yang disebabkan oleh tekanan pemompaan yang rendah, kompon karet menjadi semakin panas hingga mulai rusak secara fisik. Pada titik mana ban akan terpanggang.

Beberapa tusukan dapat diperbaiki sementara dengan sumbat, dan lebih permanen dengan tambalan jika kerusakan terjadi pada bagian tapak ban (bukan dinding samping) dan merupakan lubang yang lebih kecil dan seragam, bukan robekan atau robekan yang besar.

Kerusakan apa pun pada dinding samping seperti gouge dari kerbing atau kerusakan apa pun pada struktur bagian dalam ban juga berarti tirai untuk ban tersebut.

Sayangnya, jalan kita penuh dengan potongan-potongan kecil logam dan paku dan sekrup yang terlepas dari kendaraan roda dua, dan ban kempes cukup umum terjadi.

Mengemudi di jalur darurat jalan tol (di mana semua sampah berkumpul) juga merupakan cara yang bagus untuk merusak ban. Ban yang bagus, bahkan ban yang sangat bagus, rentan terhadap jenis kerusakan ini seperti ban murah.

Waktu

Tidak ada yang bertahan selamanya dan ban tidak terkecuali aturan itu. Sebagian besar spesialis akan memberi tahu Anda bahwa tujuh atau delapan tahun adalah jarak tempuh yang cukup bagus untuk satu set ban. Sementara usia ban 10 tahun sebagai maksimum absolut yang harus Anda ambil risiko, bahkan jika mobil hanya menempuh jarak beberapa ratus kilometer dalam waktu itu.

 

Waktu dan paparan sinar UV akan membunuh ban sama efektifnya dengan memakainya. Periksa ban yang lebih tua untuk tanda-tanda retak pada kompon karet dan, jika ada, jangan pernah berpikir untuk mengendarai mobil dengan ban seperti itu. Sebuah ledakan bisa terjadi di sekitar sudut. Secara harfiah.

Jika Anda ingin akan menyimpan ban

Jika Anda akan menyimpan ban untuk waktu yang lama sebelum menggunakannya, tempat yang sejuk dan gelap adalah tempat terbaik untuk menyimpan ban.

Tapi bagaimana dengan mobil bekas yang baru saja Anda beli? Salah satu hal pertama yang harus Anda tanyakan adalah berapa umur ban saya?

Jika diperhatikan dengan seksama, setiap ban pasti memiliki kode tanggal. Kode ini akan dicetak dengan baik di dinding samping dan akan menjadi angka empat digit. Dua digit pertama menunjukkan minggu pembuatan ban dan dua digit terakhir menunjukkan tahun pembuatannya. Jadi, ban dengan kode tanggal 1622 diproduksi pada minggu ke-16 tahun 2022.

Pemeliharaan

Ban seperti hal lainnya pada mobil; merawat mereka dan mereka akan bertahan lebih lama dan bekerja lebih baik.

Mempertahankan tekanan ban yang benar mungkin adalah hal terbesar yang diabaikan oleh kebanyakan pemilik mobil, dan ini benar-benar perlu diperiksa setiap bulan karena ban akan kehilangan tekanan hanya dengan diam saja.

Dengan membiarkan tekanan pemompaan turun, ban akan menjadi lebih panas (melalui lebih banyak distorsi) dan tapak serta konstruksi ban akan terganggu.

Memutar ban tidak selalu memungkinkan pada beberapa mobil, karena memiliki roda dan ban yang lebih besar di poros belakang, dibandingkan dengan ban depan, atau ban arah yang dirancang untuk bekerja paling baik dalam satu arah.

Namun jika memungkinkan, ban dapat dirotasi dari sisi ke sisi bahkan dari belakang ke depan untuk meratakan keausan dan memperpanjang umur ban.

Menjaga keseimbangan roda juga akan membantu mencegah terjadinya pola keausan yang aneh, belum lagi membuat mobil jauh lebih enak dikendarai.

Masa pakai ban lebih erat kaitannya dengan perawatan daripada yang dipikirkan banyak orang, dan pertanyaan tentang berapa lama ban harus bertahan terkait langsung dengan seberapa baik Anda merawatnya.

Kualitas

Ban mobil adalah salah satu benteng terakhir dari pernyataan bahwa Anda hanya mendapatkan apa yang Anda bayar. Ban murah hanya itu; murah. Mereka tidak akan menawarkan cengkeraman atau keamanan sebanyak itu dan mereka akan lebih cepat aus.

Namun terkadang, kebalikannya juga belum tentu benar, dan semakin baik kualitas ban, semakin sedikit masa pakai yang ditawarkannya.

Itu karena ban berperforma sangat tinggi sering dibuat dengan senyawa tapak yang sangat lembut (yang membuatnya menempel di jalan dan meningkatkan penanganan dan kemudi) yang lebih cepat aus.

Pengemudi yang antusias mengetahui hal ini dan akan lebih cepat memakai ban yang lebih mahal atas nama cengkeraman dan performa, belum lagi keselamatan. Pedang bermata dua, kualitas ban.

Ban yang tahan lama, sering kali tidak menawarkan daya cengkeram yang sama, tetapi umur ban rata-rata dari produk kompon yang lebih keras harus lebih besar, semua hal lain dianggap sama.

Jadi pastikan mereka tepat untuk kondisi lokal. Outlet spesialis retail ban adalah teman Anda di sini. Pengecer semacam itu juga tempat untuk menanyakan berapa harga ban, peringkat keausan ban apa saja yang berlaku dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengganti ban, karena sering kali toko-toko ini akan mengganti keempat ban mobil Anda saat Anda menunggu.

Bahkan pertanyaan paling mendasar seperti ban apa yang saya butuhkan dapat dijawab dengan keahlian yang tidak akan Anda dapatkan dari toko ban online.

Dan inilah tips lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa Anda membeli ban yang legal di Indonesia, misalnya, dan sesuai dengan kondisi alamnya.

 
Berita Terpopuler