UAS Anjurkan Amalan Ini Bagi yang tak Bisa Puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharram

Dalam kalender Masehi, puasa Tasua dan Asyura jatuh pada 27 dan 28 Juli 2023.

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Ustadz Abdul Somad (UAS). UAS Anjurkan Amalan Ini Bagi yang tak Bisa Puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharram
Rep: Mabruroh Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muharram adalah bulan pertama dalam kalender hijriyah. Muharram juga bulan di mana Allah telah mengharamkan terjadinya peperangan dan pertumpahan darah, atau bisa juga ditafsirkan sebagai bulan dilarang untuk berbuat dosa.

Pada bulan ini, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk melakukan puasa Tasu'a atau puasa asyura, yaitu pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Dalam kalender Masehi, puasa asyura akan jatuh pada 27 dan 28 Juli 2023.

Namun, tidak semua umat muslim dapat melaksanakan puasa Asyura ini. Misalnya, wanita yang sedang haid pada tanggal 9 dan 10 Muharram, maka tidak bisa melakukan puasa asyura, sehingga agar tetap mendapatkan keutamaan bulan ini, bisa menggantinya dengan amalan yang lain.

Begitu juga dengan lansia yang sakit-sakitan atau kuli bangunan atau pekerja berat lainnya, yang mungkin tidak sanggup bila melaksanakan puasa sunnah ini. Sehingga dapat mengerjakan amalan lainnya agar tetap bisa mendapatkan keutamaan bulan Muharram.

Ustadz Abdul Samad (UAS) dalam ceramahnya yang diunggah oleh akun Youtube Taman Surga Net, menyampaikan ada lima keutamaan yang bisa dilakukan Muslim di bulan Muharram, yakni puasa sunnah, sholat sunnah, membaca Alquran, berdzikir, dan shadaqah.

Baca Juga

Menurut UAS, puasa sunnah yang bisa dikerjakan...

Menurut UAS, sapaan akrab ustadz Abdul Somad, puasa sunnah yang bisa dikerjakan pada bulan ini antara lain puasa Asyura, puasa Nabi Daud, puasa senin-kamis, atau puasa ayyamul bidh.

“Tapi jika tidak kuat puasa, maka memperbanyak sembahyang (sholat) sunnah,” kata UAS.

Menurut UAS, banyak sekali sholat sunnah yang bisa dikerjakan, di antaranya sholat sunnah tahiyatul masjid, sholat sunnah qobliyah dan ba'diyah, sholat dhuha, sholat isyraq, sholat awwabin, sholat tasbih, sholat hajat, sholat tahajud, sholat witir, sholat sunnah wudhu, dan sholat sunnah mutlak.

Jika puasa dan sholat pun seorang Muslim tersebut masih tidak sanggup, ujar UAS, maka bisa dengan membaca Alquran. Paling utama adalah mengkhatamkan Alquran.Jika tidak sanggup, maka membaca Surat Yasin saja, jika masih tidak sanggup maka membaca surat Al Ikhlas tiga kali, Al Falaq satu kali, An Naas satu kali, dan Al Fatihah satu kali.

“Kenapa membacanya (Al Ikhlas) tiga kali? Ada sahabat qatadah bin Nu'man yang tiap malam dia sembahyang ayatnya (yang dibaca) qul huwallah-qul huwallah-qul huwallah, sahabat lapor ke Nabi lalu kata Nabi, satu qul sama dengan 1/3 alquran maka kita baca qul huwallah 3 kali macam kita mengkhatamkan Alquran,” kata UAS.

“Saya baca qul huwallah pun juga tak kuat ustadz? Baca Al Fatihah, ummul quran, Al Fatihah (adalah) membuka, membuka segala yang tertutup dibuka, rezeki tertutup dibuka, jodoh tertutup dibuka dengan baca Al Fatihah,” ujar UAS.

Jika masih tidak sanggup juga...

Jika masih tidak sanggup juga, lanjut UAS, maka paling terakhir dengan berdzikir yakni membaca subhanallah wabihamdihi subhanallah hil adzim atau beristighfar dengan membaca astaghfirullah hal ‘adzim laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum waatubu ilaik.

“Siapa yang membanyakkan istighfar, segala kesempitan hidupnya dibagi Allah kelapangan, segala kesusahannya diberikan Allah kebahagiaan, diberi Allah dari jalan yang tak disangka-sangka,” kata UAS.

Kemudian, dilanjutkan dengan bershalawat untuk Nabi Muhammad. “Siapa yang bershalawat 1 kali, Allah balas 10 kebaikan, ditutupi 10 kesalahan, dinaikkan 10 derajat tingkatan dan tempat duduk dia paling dekat dengan Nabi Muhammad,” kata UAS.

“Jadi bulan Muharram ini amal paling afdhal puasa, tak kuat ganti memperbanyak sembahyang sunnah, tak sanggup, baca quran, tak sanggup, berdzikir. Nah semua ini amal badan, puasa amal badan, zikir amal badan. Tapi ada amal harta, bersedekah,” kata UAS.

Infografis Dalil Puasa Muharram - (Infografis Dalil Puasa Muharram)

 
Berita Terpopuler